6 Jenis Ikan Air Payau yang Bagus Dikonsumsi dan Dipelihara

Posted on

Jenis ikan air payau bisa kita temukan di perairan payau dimana kondisi seperti ini banyak ditemukan di daerah muara. Air payau merupakan campuran antara air laut (asin) dengan air tawar. Pada daerah berair payau air akan terasa lebih asin dari pada air tawar, tapi tidak seasin air laut. Kadar garam yang terkandung dalam 1 liter air sekitar 0,5 – 30 gram, jika lebih asin dari itu maka termasuk air laut.

Banyak varietas ikan yang hidup di perairan payau. Mulai dari ikan yang biasa kita konsumsi hingga ikan-ikan cantik yang bisa menghiasi akuarium pecinta ikan. Perlu diperhatikan saat akan memelihara jenis ikan air payau dalam akuarium atau kolam adalah salinitas atau kadar garam.

Jenis Ikan Air Payau

Ada beberapa spesies ikan air tawar yang biasa dikonsumsi maupun dipelihara sebagai ikan hias. Berikut ini jenis ikan air payau yang diminati entah untuk dimakan ataupun sebagai ikan akuarium.

1. Ikan Air Payau yang Dikonsumsi

• Ikan Patin

bibitikan.net

Daging ikan patin cukup banyak untuk dibudidayakan sebagai ikan konsumsi. Mereka berasal dari perairan air payau. Mereka termasuk jenis ikan berkumis meskipun tidak sepanjang ikan lele.

• Ikan Bandeng

ramesia.com

Salah satu jenis ikan air payau yang paling banyak dikonsumsi. Meskipun berduri banyak tapi kandungan gizi ikan bandeng juga bagus. Ikan ini kaya akan lemak baik dan protein. Tidak memiliki gigi, bermulut kecil dnegan sisik berwarna perak. Daging ikan bandeng berwarna putih dengan serat yang halus. Sangat cocok untuk dihidangkan dalam bentuk presto karena durinya yang banyak.

• Ikan Belanak

klinikita.co.id

Di Indonesia budidaya ikan air payau yang satu ini baru populer di pulau Jawa dan Kalimantan. Dalam bahasa inggris ikan ini sering disebut dengan mullet. Beberapa spesies mullet juga ada yang hidup di perairan laut. Mereka banyak tersebar di perairan daerah tropis dan subtropis.

2. Ikan Air Payau Hias

• Ikan Puff

leisurepro.com

Ikan puff atau ikan fugu atau ikan buntal merupakan salah satu jenis ikan air payau yang hidup di muara sungai dekat pesisir. Beberapa spesies dari jenis ikan ini juga ada yang hidup di perairan laut. Ikan yang satu ini biasa dijadikan ikan hias karena dagingnya beracun sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Ukurannya cukup besar dibanding ikan hias akuarium pada umumnya. Meskipun cukup besar untuk akuarium ikan jenis ini tetap cocok ditempatkan di tempat yang bisa terlihat. Ikan ini cukup unik mereka akan bereaksi dengan menggembungkan tubuhnya saat merasa terancam.

Itulah mengapa ikan ini menjadi lucu ketika kita lihat dari luar akuarium saat tubuhnya mengembang. Pada kartun Spongebob Squarepants ikan ini digambarkan sebagai tokoh Mrs. Puff, guru menyetir Spongebob.

• Ikan Kiper

infoikan.com

Memiliki nama ilmiah Scatophagus argus, sering disebut juga ikan berbintik karena coraknya. Mereka kebanyakan memiliki warna dasar hijau atau rubu, hingga merah dengan corak bintik-bintik.

Sering dipelihara didalam akuarium untuk memakan sisa-sisa alga atau lumut. Banyak tersebar di perairan Indo-Pasifik hingga Jepang, Papua, dan Australia.

• Ikan Terapon Jarbua

alchetron.com

Sering disebut juga dengan ikan kerong-kerong atau ikan target karena corak mereka yang seperti papan target. Corak tersebut akan lebih jelas terlihat jika dilihat dari atas, karena corak ini juga yang menjadikan ikan target sebagai salah satu ikan hias.

Di habitat aslinya di perairan air payau mereka bisa memiliki ukuran hingga 36 cm. cukup besar memang untuk ditaruh didalam akuarium. Jenis ikan target yang kini banyak dipelihara sudah banyak direkayasa agar memiliki setengah ukuran dari yang hidup di alam liar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.