5 Jenis Ikan Air Tawar yang Baik Dikonsumsi Oleh Manusia

Jenis ikan air tawar adalah ikan yang biasa hidup di air tawar atau dengan kadar garam sangat rendah. Mereka biasanya berasal atau mendiami daerah perairan di darat, seperti sungai, danau, atau mungkin rawa-rawa.

Selain hidup di perairan alami jenis ikan air tawar juga banyak di ternak di pertambakan. Mereka bisa menghabiskan hidup mereka di dalam air dengan kadar salinitas kurang dari 0,05%. Ikan air tawar bisa mati bila mereka dipindahkan ke air laut.

Jenis Ikan Air Tawar

Secara fisik ikan air tawar dengan ikan air laut memiliki perbedaan, misalnya saja dari segi insang, sisik dan ginjal. Jenis ikan air tawar memiliki ginjal yang besar karena banyak air yang melewatinya. Berikut ini beberapa jenis ikan air tawar yang biasa atau banyak dikonsumsi manusia.

1. Mujair

ikan-mujaer.blogspot.com

Diantara kalian pasti pernah memakan hidangan dari ikan mujair atau mujaer atau paling tidak sekedar tau tentang ikan ini. Ikan air tawar yang satu ini bahkan menjadi sebuah single lagu dari penyenyi dangdut Ayu Ting Ting.

Ikan mujair atau mujaer bersisik hitam ke abu-abuan dengan bagian ujung ekor sedikit berwarna merah muda. Badannya pipih dengan panjang maksimum sekitar 40 cm. daging ikan ini sangat gurih apalagi setelah dimasak dan durinya tidak terlalu banyak.

Mujaer termasuk ikan yang bergizi karena kaya akan kandungan fosfor. Menu ikan mujaer termasuk yang pupuler di saung-saung ikan dengan konsep pemancingan. Mujair juga nikmat digoreng kering dan dimakan bersama sambal terasi.

2. Bawal

mencari.info

Tahukah kalian kalau ikan bawal masih berkerabat dengan ikan piranha. Bawal memiliki gigi-gigi yang tajam dan mereka suka memangsa ikan lainnya ataupun binatang kecil lainnya di air tawar. Warna bawal campuran antara hitam dan oranye dengan bentuk pipih dan lebar.

Daging bawal cukup tebal dengan banyak duri meskipun tak sebanyak bandeng. Ikan pipih dengan daging tebal ini harganya cukup terjangkau. Bawal juga mudah di temukan di sungai sungai besar yang berair jernih maupun agak keruh.

3. Gabus

suara.com

Gabus adalah ikan air tawar yang unik karena mampu bernapas langsung di udara atau diluar air. Mereka bahkan masih bertahan hidup didaratan setelah dipancing ataupu saat sungai mengering. Gabus banyak ditemukan di area sungai, rawa, maupun danau.

Kepalanyanya berbentuk antara gabungan ular dan lele karena mulutnya yang cukup lebar sekaligus panjang membulat seperti ular. Tubuhnya juga memiliki motif seperti ular dengan warna hitam keabuan berbercak putih.

4. Ikan Kepala Batu

alibaba.com

Ikan kepala batu atau yang bahasa Inggrisnya dikenal dengan smelt termasuk jenis ikan berukuran kecil untuk dikonsumsi. Smelt dapat ditemukan diperairan darat maupun laut. Beberapa spesies yang hidup di air tawat dapat ditemukan di sungai-sungai di daerah Eropa, Amerika Utara, dan Timur laut Asia.

Ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran 20 cm beberapa spesies yang hidup di laut bahkan mencapai 70 cm. mereka dapat hidup di air sungai dengan suhu hingga 4˚C. Mereka bisa hidup di air yang keruh sekalipun.

5. Tilapia

indiamart.com

Tilapian merupakan jenis ikan air tawar dari keluarga ikan lemon (chichlid). Jika dibandingkan dengan ikan lemon tubuh mereka lebih besar dengan warna yang tidak terlalu menarik. Habitatnya berada pada sungai dangkal, kolam alami, hingga danau.

Beberapa spesies dari tilapia juga hidup di air payau. Banyak ditemukan di perairan Afrika dan Australia. Panjang dari tilapia bisa mencapai 60 cm dengan bibir yang tebal.

Itulah beberapa jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi manusia, baik di Indonesia maupun luar negeri. Perlu diketahui kalau ikan-ikan air tawar tak kalah bergizi dari jenis ikan air laut.

Leave a Reply