7 Jenis Ikan Cichlid ini Berasal dari Habitat Asli Danau Malawi, Afrika!

Sudah kenal dengan jenis ikan cichlid belum? Jangan-jangan selama ini kamu memelihara ikan ini tanpa tahu nama aslinya.

Cichlid merupakan jenis ikan hias yang mempunyai spesies lebih dari 2.000 jenis. Kamu dapat dengan mudah menemukan ikan cichlid di toko-toko ikan hias terdekat.

Macam ikan cichlid pun beragam, memiliki berbagai bentuk tubuh yang berbeda pada setiap spesies. Baik dari segi ukuran, warna, dan pola kombinasi warna yang terdapat pada tubuh.

Keragaman pola warna tersebut menjadikan ikan cichlid diburu oleh banyak pecinta ikan hias. Rupa warna-warni dari ini tentu akan mempercantik warna akuarium di rumah kamu.

Jenis Ikan Cichlid

Bagi yang senang memelihara ikan hias nih, kamu harus kenal dulu dengan tipe-tipe jenis ikan cichlid. Supaya nanti bisa tahu akan mengkombinasikan warna ikan cichlid yang seperti apa di akuarium nanti.

1. Venustus (Nimbochromis venustus)

123rf.com

Jenis ikan cichlid yang pertama ini memili warna kuning dengan bercak coklat pada tubuhnya. Khusus venustus jantan kepalanya berwarna biru. Dapat tumbuh sepanjang 8-12 inci (20-30 cm) di akuarium

Venustus merupakan ikan cichlid jenis predator yang senang memburu ikan cichlid remaja. Jadi jika kamu ingin memelihara venustus ini, ada baiknya jangan dicampur dengan ikan cichlid yang masih kecil maupun remaja.

2. Trewavas Red-Finned Cichlid (Labeotropheus trewavasae)

iucnredlist.org

Jenis ikan cichlid yang kedua ini memiliki tubuh berwarna biru dengan corak garis-garis hitam yang terdapat di sirip ekornya. Ikan cichlid ini mampu tumbuh dengan panjang maksimal 4,6 inci (11,7 cm).

3. Red Empress (Protomelas taeniolatus)

segrestfarms.com

Kamu pasti sudah tidak asing dengan jenis ikan cichlid yang satu ini. Banyak ditemukan di toko-toko ikan hias terdekat. Dalam dunia ikan hias biasa disebut dengan nama Haplochromis Red Empress atau Spindle Hap.

Red Empress memiliki warna yang sangat cantik menyerupai pelangi. Makanya ikan ini juga disering disebut sebagai ikan rainbow.

4. Malawi Eye Biter (Dimidiochromis compressiceps)

nippyfish.net

Malawi Eye Biter memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan jenis ikan cichlid lainnya, yaitu memiliki bentuk mulut yang lebar dengan panjang rahang sepertiga dari panjang tubuhnya.

Ikan cichlid dengan panjang tubuh 9,1 inci (23 cm) ini juga termasuk ke dalam golongan predator. Oleh karena itu hanya boleh dicampur dengan ikan cichlid dewasa saja di dalam akuarium.

Ciri tubuh dari Eye Biter ini adalah berwarna putih keperakan serta terdapat garis horizontal kecoklatan di sepanjang sisi tubuhnya mulai dari ujung moncong hingga ekor.

5. Ikan Lemon (Labidochromis caeruleus)

pinterest.com

Dikenal juga dengan nama electric yellow cichlid, lemon yellow lab, blue shark hap, dan yellow prince. Memiliki tubuh berwarna kuning dengan pola warna hitam horizontal di bagian sisi siripnya.

Ikan lemon ini sangat populer di Indonesia, bahkan banyak yang membudidayakannya. Kamu sendiri pasti sangat suka dengan jenis ikan cichlid yang satu ini, karena warna tubuhnya yang memancarkan aura keceriaan.

6. Blue Moorii (Cyrtocara moorii)

pinterest.com

Memiliki tubuh berwarna biru. ikan cichlid keenam ini berkepala jenong menyerupai ikan louhan. Ikan dengan panjang tubuh kurang lebih 20 cm ini hanya dapat tumbuh optimum pada suhu 75-78ºF.

7. Livingstonii Cichlid (Nimbochromis livingstonii)

pictame.com

Livingstonii yang biasa disebut dengan nama ‘kalingono’ oleh warga lokal Malawi ini memiliki kemampuan berkamuflase. Yaitu merubah wujud menyerupai lingkungan sekitar ketika lingkungan memaksanya.

Warnanya coklat dengan bintik-bintik putih di sekujur tubuh. Memiliki sirip berwarna biru dan orange dan terkadang terdapat garis putihnya.

Itulah beberapa jenis ikan cichlid versi pasberita.com. For your information, ketujuh ikan cichlid di atas merupakan jenis ikan cichlid yang berasal dari Danau Malawi, Afrika. Masih banyak lagi jenis ikan cichlid lainnya loh, seperti American Cichlid misalnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.