3 Macam Jenis Ikan Discus yang Ada Di Perairan Air Tawar

Ikan discus merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan. Meskipun berasal dari sungai yang terkenal dengan banyaknya binatang mematikan, nyatanya ikan ini sangat menggemaskan. Warna mereka beraneka ragam sehingga cocok dijadikan ikan hias akuarium.

Ikan diskus banyak di ekspor ke beberapa negara di Asia dimana banyak peminat ikan hias. Warna dan coraknya yang beragam membuat discus berada dalam daftar salah satu jenis ikan hias termahal. Selain warna dan coraknya bertuk tubuh antara satu spesies dengan spesies lainnya pun berbeda dan gaya berenangnya sangat anggun.

Jenis Ikan Discus

Jenis ikan discus termasuk dalam keluarga ikan cichlid ini senang hidup di sungai yang arus airnya tidak terlalu deras atau tenang di habitat aslinya. Mereka senang berdiam di sekitar vegetasi sungai maupun akar-akar pohon untuk bersembunyi dari predator. Berikut ini beberapa jenis ikan discus yang populer di dunia.

1. Discus Biru dan Discus Coklat

youtube.com

Jenis discus biru dan coklat merupakan spesies asli dari sungai Amazon dibagian timur dan tengah. Mereka bisa ditemukan di daerah yang berair gelap, keruh, hingga bersih. Discus ini paling suka menempati kelokan sungai dengan banyak material sedimen yang berarti airnya sedikit lebih keruh.

Ikan discus biru dan coklat memiliki panjang tubuh hingga 15 cm bahkan pernah ada yang menemukan jenis ini dalam ukuran 23 cm. air yang mereka diami setidaknya bersuhu 25 – 32 ˚C dengan pH 5,2 – 7,7. Discus coklat memiliki nama ilmiah Symphysodon haraldi.
Ada beberapa jenis discus biru yang populer, diantaranya discus biru permata, biru turquoise, biru brilliant, dan ikan discus biru albino.

2. Discus merah atau Discus Heckel

fineartamerica.com

Spesies-spesies ini juga merupakan ikan asli dari perairan Amazon. Mereka banyak ditemukan di anak sungai Amazon, seperti sungai Rio Negro, Uatuma, Nhamunda, Trombetas, dan Abacaxis. Mereka suka hidup di air yang keruh tapi bukan kotor. Tujuan mereka hidup di air yang keruh tidak lain untuk menghindari predator termasuk manusia.

Air yang menjadi habitatnya setidaknya harus bersuhu 26 – 32 ˚C dengan pH rendah, yaitu sekitar 4,2 – 5-2. Discus ini bisa tumbuh hingga berukuran 12,3 cm dan sangat cocok dijadikan ikan hias akuarium.

Ada jenis-jenis discus merah yang populer dan tentunya mahal, seperti merah Marlboro, super red melon, merah mawar, merah Alencer, merah Virgin, dan merah melon. Merah Marlboro misalnya, warna mereka jingga kemerahan terang dengan warna putih di bagian kepalanya.

Ada lagi super red melon, yang warna tubuhnya semuanya jingga kemerahan seperti jelly atau agar-agar rasa jeruk. Mereka ini termasuk jenis spesies discus yang mahal dan populer di kalangan pecinta ikan hias.

3. Ikan Discus Hijau

shutterstock.com

Discus hijau bernama illmiah Symphysodon aequifasciatus. Sebagian orang menyebut spesies ikan discus hijau dengan sebutan discus tefe karena juga ditemukan di danau Tefe, Brasil. Ikan ini sama dengan spesies discus lainnya yang juga berasal dari Sungai Amazon.

Mereka senang dengan air yang keruh bersuhu tinggi, yaitu sekitar 27 – 30 ˚C dan pH yang rendah antara 4,8 – 5,9. Mereka bisa tumbuh hingga berukuran 13,2 cm. spesies ini memiliki bercak merah pada bagian sirip dekat pantat sera sirip lainnya. Hal itu yang membuat ikan ini berbeda dengan discus lainnya.

Itulah beberapa spesies ikan dari jenis discus yang populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan asli Amazon ini memang sangat menarik dan lucu. Pastikan jika ingin memelihara ikan ini kalian harus mempunyai akuarium berukuran 100 x 50 x 50 dengan ketinggian air sekitar 25 – 30 cm.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.