3 Fakta Tentang Jenis Ikan Guppy yang Perlu Diketahui

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang paling terkenal di dunia. Mereka mudah menyesuaikan diri dengan habitat baru dan mudah dikembangbiakkan. Di Indonesia ikan ini juga dikenal dengan sebutan ikan seribu, ikan cere, atau suwadakar. Sedangkan diluar negeri nama lain dari ikan guppy adalah ikan pelangi (rainbow fish) dan ikan sejuta (million fish).

Mereka merupakan jenis ikan air tawar yang tersebar luas di perairan daerah tropis. Paling banyak ditemukan di daerah Amerika bagian Selatan. Ikan ini telah banyak diperdagangkan ke luar negeri sebagai ikan hias.

Guppy jantan memiliki tubuh yang lebih kecil dari betinanya serta ekor dan cirip yang bercorak. Pejantannya memiliki panjang tubuh antara 1,5 – 3,5 cm dan betinanya sekitar 3 – 6 cm. Ikan guppy suka sekali memakan alga dan larva serangga air.

Jenis Ikan Guppy

Ikan guppy terkenal karena warnanya yang cantik sehingga dijadikan ikan akuarium. Berikut ini beberapa spesies ikan guppy yang ada di dunia berdasarkan bentuk ekor, warna,dan coraknya.

1. Warna Ikan Guppy

Warna guppy berbeda-beda tiap spesiesnya bahkan ada spesies yang antara badan, sirip, dan ekor memiliki warna yang berbeda pula. Ikan ini memiliki banyak varian warna bahkan ada yang berwarna metalik. Warna metalik pada ikan ini akibat sel-sel pada tubuh mereka yang disebut iridofor.

Selain memiliki perbedaan warna pada bagian badan dnegan sirip-siripnya, jenis guppy juga ada yang memiliki perbedaan warna antara tubuh bagian atas dan bawah. Kebanyakan bagian atas guppy termasuk kepala berwarna lebih cerah. Mereka juga memiliki warna keemasan dan platinum.

2. Corak Ikan Guppy

Corak pada ikan guppy berbeda antara bagian ekor dengan bagian badannya. Beberapa spesies ikan guppy memang ada yang memiliki warna solid, tapi guppy yang menjadi favorit adalah mereka yang bercorak unik.

Corak pada bagian badan guppy meliputi corak tuksedo, kobra, dan kulit ular. Sedangkan corak pada bagian sirip dan ekor diantaranya ada corak macan tutul atau leopard, mosaik, rumput, dan renda.

Corak-corak pada guppy benar-benar mirip dengan nama yang disematkan. Contohnya tuksedo, ikan guppy bercorak ini biasanya memiliki warna hitam putih seperti tuksedo dan kemejanya. Begitu juga dengan motif cobra atau kulit ular, guppy ini memiliki corak yang mirip dnegan kulit ular.

Bagian ekor yang bercorak juga mempunyai motif yang sesuai dengan namanya, misalnya saja motif macan tutul dimana ada corak totol-totol diatas warna dasar pada ekor guppy.

3. Betuk Ekor dan Sirip Guppy

youtube.com

Pengembangbiakan ikan guppy oleh para peternak banyak menghasilkan spesies guppy dengan bentuk yang unik termasuk ekor mereka. Ada berbagai macam tipe ekor ikan guppy, setidaknya 12 bentuk ekor ikan guppy yang eksis.

Bentuk-bentuk ekor ikan guppy tersebut, diantaranya ada bentuk kipas, segitiga, bentuk bendera, dua pedang, pedang atas, dan pedang bawah. Adapula ekor jarum, sekop, membulat, bentuk tudung, letter U, dan bentuk tombak.

Ikan guppy di Indonesia di jual mulai dari harga 25 ribu rupiah hingga satu juta rupiah, tergantung warna, corak dan bentuk sirip. Yang termahal dari kalangan guppy adalah spesies guppy ribbon yang dihargai satu juta rupiah karena pengembangbiakkannya yang sulit.

Bagi yang masih awal dengan jenis ikan hias mungkin akan mengira guppy sebagai jenis ikan cupang. Cupang dan guppy adalah jenis yang berbeda karena guppy berasal dari perairan air tawar di daerah Amerika sedangkan ikan cupang banyak ditemukan di Asia. Warna, corak, serta bentuk ekor guppy juga lebih beragam dari cupang. Guppy juga bukan ikan laga atau petarung.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.