5 Macam Jenis Ikan Kakap yang Banyak Dibudidayakan Di Indonesia

Ikan kakap adalah jenis ikan laut tropis yang biasa dikonsumsi manusia. Harga ikan kakap di pasaran cukup mahal, meskipun tidak terlalu mahal. Itulah mengapa badan dan kepala ikan kakap sering dijual terpisah. Ikan yang bernilai ekonomi tinggi ini senang memangsa udang kecil untuk makanan mereka.

Selain ukuran ikan kakap yang cukup besar, menjual menu kepala kakap secara terpisah akan lebih menguntungkan. Di lautan luas ikan ini hidup di dekat terumbu karang secara berkelompok. Tubuh mereka membulat dan pipih dengan sirip disepanjang atas punggungnya.

Jenis Ikan Kakap

Jenis ikan kakap yang banyak ditemukan di laut Indonesia adalah kakap merah. Berat ikan kakap beragam mulai dari 4 kg hingga 13 kg.
Dalam bahasa Inggris kakap disebut juga snapper, setidaknya ada 105 spesies snapper yang tersebar di seluruh dunia. Selain bisa dimakan ternyata ada juga spesies kakap yang beracun, contohnya dog snapper (Lutjanus jocu) di perairan Atlantik. Berikut ini beberapa spesies ikan kakap yang umum dikonsumsi di Indonesia.

1. Kakap Indonesia

seafoodsorce.com

Jenis kakap yangbanyak ditemukan di perairan indonesia terutama di daerah Sumatra dan Sulawesi. Ikan kakap yang umumnya ditemukan di Indonesia ini ternyata juga ditemukan di perairan teluk Kuri, Australia bagian barat.

Mereka hidup di dalam air pada kedalaman 40 – 80 meter. Secara fisi kakap ini memiliki moncong yang agak runcing dengan profil dorsal kepalanya sangat miring. Tulang preorbitalnya relatif sempit dengan lebar kurang dari diameter mata.

Sisik pada punggung naik agak miring. Umumnya mereka berwarna merah atau merah muda dengan sirip yang juga berwarna merah atau oranye. Ikan ini sering lebih dikenal dengan sebutan kakap merah oleh orang Indonesia. Dibagian ujung siri dan ekor terkadang ada bercak berwarna hitam.

2. Kakap Putih

isw.co.id

Di indonesia jenis ini sering disebut dengan kakap putih sedangkan di luar negeri kakap ini lebih dikenal dengan sebutan seabass. Ada dua jenis kakap putih yang dikembangbiakkan di Indonesia, yaitu kakap pelak dan kakap batu.

Kakap pelak atau yang nama ilmiahnya Lates calcarifer disebut juga ikan barramundi secara internasional. Spesies ini memiliki warna perak atau abu-abu kehijauan atau biru ke abu-abuan. Kepala mereka agak cekung dnegan moncong yang meruncing. Sirip mereka berwarna coklat keabuan dan mata coklat keemasan yang bisa terlihat saat malam hari.

Sedangkan kakap batu memiliki mata yang besar dengan garis rahang hanya sampai garis tengah mata. Tubuh bagian atas berwarna coklat kemerahan dengan warna perak pada bagian kepala dan perut. Ukurannya sekitar 32 cm dan mereka tidak hanya ditemukan di lautan, tapi juga air payau dan sungai.

3. Jenahan atau Kakap Emas

dictio.id

Warna dari kakap ini terlihat keemasan terutama pada bagian sirip dan ekornya. Mereka juga dikenal dengan sebutan ikan jenahan. Bentuk tubuhnya mirip dnegan kakap bakau dengan panjang badan bisa mencapai 90 cm. perut kakap ini berwarna kemerahan.

4. Kakap Bakau

nakamaaquatics.id

Tubuh dari kakap bakau berukuran besar dengan panjang mencapai 90 cm. warnanya coklat tua kemerahan dan perak pada bagian bawahnya. Ikan muda memiliki panjang tubuh sekitar 13 cm dengan 8 – 11 garis melintang berwarna perak dan coklat. Garis-gari tersebut tidak terlihat pada kakap bakau dewasa.

5. Kakap Merah Sejati

isw.co.id

Kakap yang satu ini memiliki warna yang lebih merah daripada jenis kakap Indonesia yang juga berwarna merah. Warnanya yang merah secara keseluruhan inilah yang membuat jenis ini dinamakan kakap merah sejati.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.