13 Varietas Jenis Ikan Koi yang Banyak Dibidudayakan Di Jepang

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang banyak digemari pecinta ikan. Dikalangan penggemar ikan hias ikan koi selalu laris manis dan tak pernah ditinggalkan penggemarnya. Jenis ikan koi bisa dipelihara di kolam maupun akuarium, tapi mereka lebih banyak dipelihara di kolam ikan.

Dalam tradisi Jepang ikan koi dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Itulah mengapa pada hari anak di Jepang ada festival yang dinamakan Koinobori. Koinobori adalah bendera berbentuk ikan koi banyak digantung di rumah-rumah penduduk saat hari anak.

Ikan Koi dipercaya sebagai ikan yang kuat dan berani melawan arus sungai. Mereka juga mempunyai umur yang panjang. Diharapkan dengan menggantung bendera ikan koi anak-anak bisa tumbuh menjadi anak yang kuat.

Jenis Ikan Koi

Selain dipercaya sebagai hewan keberuntungan, nyatata corak dan ukuran koi menentukan harga yang tinggi. Di Jepang banhkan ada jenis ikan koi yang harganya bisa mencapai puluhan milyar rupiah. Berikut ini beberpa jenis koi termahal yang dibudidayakan di Jepang.

1. Asagi

allpondsolution.co.uk

Koi varietas asagi terdiri dari dua warna, yaitu biru atau indigo pada bagian tubuhnya dan warna merah di dasar sirip insangnya. Sirip merah tersebut disebut motoaka oleh orang Jepang.

2. Bekko

bacaterus.com

Bekko adalah tipe koi dengan corak dan warna yang simpel. Warna bekko adalah putih dengan corak berwarna hitam yang coraknya terlihat seperti batu pijakan. Mereka dikembang biakkan dari jenis koi taisho sanke, tapi tidak ada corak merah sama sekali pada tubuhnya. Padahal taisho sanke merupakan tipe koi dengan tiga warna, yakni putih dengan corak merah dan hitam.

3. Ginrin

koiphen.com

Sisik ginrin sangat unik karena berkilau seperti berlian. Ukuran kilaunya berbeda dengan sisik pada ikan koi jenis platinum. Mereka akan semakin berkilau bila tertimpa cahaya.

4. Goshiki

youtube.com

Goshiki dikembangbiakkan dari persilangan antara varietas asagi dengan kohaku. Hasil persilangan tersebut menghasilkan warna yang lebih beragam, seperti putih dengan corak hitam, biru, dan abu-abu.

5. Hirenaga

jpninfo.com

Sering disebut sebagai kupu-kupu air karena gaya renangnya yang indah akibat gerakan sirip-siripnya. Sirip dan ekor mereka lebih panjang dan solid daripada jenis koi lainnya.

6. Kikokuryu

faunadanflora.com

Kikokuryu mungking hanya memiliki warna hitam putih saja, tapi mereka sangat indah. Tipe ini sebenarnya merupakan kumonryu metalik dengan kulit atau sisik seperti jenis koi platinum yang mengkilap.

7. Kohaku

marugenfishfarm.com

Jika membicarakan tentang koi pasti tak jauh-jauh dari varietas kohaku. Jenis ini pasti mempunyai corak warna merah di tubuhnya.
Koi kohaku adalah tipe koi yang paling istimewa karena pernah terjual puluhan milyar rupiah. S legend adalah salah satu ikan koi dari varietas kohaku yang paling terkenal di dunia. S legend berhasil dilelang dengan harga ¥ 203.000.000.

8. Koromo

pinterest.com

Varietas koromo adalah tipe koi yang bagus dan salah satu yang banyak diminati pecinta koi selain jenis kohaku. Koromo berarti baju atau jubah dalam bahasa Jepang. Warna dasar koromo adalah putih dengan corak merah seperti kohaku juga corak biru indigo.

9. Ogon

splendorkoi.com

Ogon berarti emas dalam bahasa Jepang. Mereka merupakan jenis yang dikembangbiakkan oleh Hikari Muji Group di Jepang. Warna mereka solid tanpa corak entah itu emas atau perak yang berkilau didalam kolam.

10. Showa

bradjustusblog.com

Koi ini termasuk koi yang cantik dengan warna putih, merah, dan hitam diseluruh tubuhnya. Showa termasuk salah satu dari tiga jenis koi berukuran besar selain kohaku dan taisho sanke.

11. Shusui

youtube.com

Shusui termasuk jenis koi Jerman yang memiliki corak warna biru. Ada dua jenis koi yang memiliki warna biru dan salah satunya adalah shusui. Mereka jenis koi jerman yang berukuran lebih kecil dari asagi.

12. Utsurimono

ikankoi.org

Warna dasar dari koi ini sebenarnya adalah hitam dengan corak merah, putih, atau kuning. Koi yang bercorak putih akan terlihat seperti sapi dan warna hitamnya tidak seperti warna dasar.

13. Tancho

youtube.com

Tancho sangat populer dan banyak disukai oleh warga Jepang karena corak mereka mengingatkan akan bendera negara Jepang. Warna mereka putih dengan corak bullat berwarna merah dibagian atas kepala.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.