5 Macam Jenis Ikan Koki Unik yang Ada Di Dunia

Ikan koki atau lebih dikenal dengan sebutan ikan mas koki merupakan jenis ikan mas hias berukuran kecil. Ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang pertama kali didomestikkan sebagai ikan peliharaan. Mereka memiliki penampilan yang lucu atau menggemaskan.

Tubuh ikan mas sangat unik karena ukurannya yang kecil dan bagian perutnya menggembung. Ekor mereka menjuntai sehingga membuat ikan ini terlihat cantik meskipun butal atau bantet. Corak sisik ikan mas koki mirip dengan ikan jenis ikan mas lainnya.

Jenis Ikan Koki

Mereka banyak dipelihara di dalam akuarium karena ukuran tubuhnya yang kecil. Ikan ini bahkan bisa hidup sendiri didalam akuarium mangkok. Berikut ini beberapa jenis ikan koki yang banyak digemari penggemar ikan hias.

1. Ikan Koki Hitam

simplyfishy.co.uk

Warna dari ikan mas koki yang satu ini seperti namanya, yaitu hitam solid. Cocok dipelihara oleh pemula karena kepribadian mereka yang ramah. Rata-rata jenis ini memiliki ukuran sekitar 10 cm. jika ingin memelihara jenis ini upayakan untuk menyediakan akuarium berukuran 38 liter dengan temperatur 18 – 22 ˚C.

Bentuk tubuhnya membulat seperti telur dengan mata bulat besar yang menonjol keluar. Sisik mereka hitam pekat. Mereka sebenarnya adalah jenis koki teleskop versi hitam meskipun matanya tidak semenonjol jenis teleskop. Nama lain dari ikan koki ini adalah si mata naga atau ikan mas koki peony. Warna hitamnya akan semakin memudar seiring bertambahnya usia.

2. Mas Koki Kepala Singa

goldfisho.com

Memelihara jenis ini agak lebih sulit dan tidak dianjurkan untuk para pemula. Mereka berukuran sekitar 5 inci atau 12, 7 cm. Sangat tenang meskipun sebenarnya tidak suka dipelihara dalam akuarium.

Siapkan akuarium berukuran 38 liter dengan suhu 18 – 22 ˚C jika ingin memelihara ikan ini. Beri mereka pelet atau cacing sekali sehari baik makanan beku atau yang segar.

Jenis ini banyak dikembangbiakkan di Tiongkok dan penampilan mereka mirip dengan hewan mistis Tiongkok, yaitu barongsai atau anjing singa. Gundukan pada kepalanya yang seperti tumor membuat jenis ini dinamakan dengan kepala singa.

3. Ikan Koki Ekor Kipas

pixels.com

Tubuh koki jenis ini juga berbentuk bundar seperti telur. Ikan ini dikambangbiakkan sebagai ikan hias show. Fitur utama koki ini ada pada sirip serta ekornya yang panjang. Ekor mereka juga harus bercabang seperti terbelah untuk memenangkan kontes. Ikan ini semakin mahal dan cantik bila ekornya panjang dan bercabang.

Mereka banyak ditemukan di perairan Asia, tepatnya Siberia. Jenis ini cocok dipelihara oleh pemula karena sifatnya yang tenang. Ukurannya sekitar 6 inci atau 15, 24 cm yang umumnya berwarna metalik, orange kemerahan, dan putih. Bisa hidup hingga 10 – 15 tahun tergantung dengan perawatannya.

4. Mas Koki Ranchu

nextdaykoi.com

Varietas ranchu sering disebut juga ikan koki kepala kerbau. Ranchu sangat populer diantara para pecinta koki. Mereka berasal dari Cina dan dikembangkan di Jepang. Di Asia ikan ini sangat diminati sebagai ikan kontes sekaligus ikan hias akuarium.

Biasanya jenis ini memiliki dua warna, tetapi banyak pula yang berwarna-warni ataupun solid. Ada yang berwarna calico bahkan hitam atau putih seutuhnya dengan mata yang juga putih. Ikan berukuran 5 inci ini tidak cocok bagi pemula meskipun kepribadiannya tenang.

5. Ikan Koki Mata Gelembung

goldfisho.com

Fitur matanya yang unik adalah hal yang paling menarik dari koki ini. Gelembung pada matanya mulai tumbuh di umur 6 – 9 bulan. Mereka akan tumbuh semakin besar seiring bertambahnya usia dan mungkin menganggu penglihatan ikan ini.

Gelembung tersebut berisi air dan mudah pecah, tetapi bisa tumbuh kembali. Meskipun bisa tumbuh kembali ukuran mereka tidak akan sama dengan yang sebelumnya atau dengan yang lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.