7 Macam Jenis Ikan Komet Paling Populer Dikalangan Pecinta Ikan Hias

Ikan Komet adalah salah satu jenis ikan hias paling populer di Indonesia. Ikan yang memiliki nama ilmiah Carrasius auratus ini merupakan jenis ikan air tawar. Corak dan warna ikan komet mirip dengan jenis ikan mas.

Ikan komet memang masih kerabat dekat ikan mas bahkan masih satu keluarga (famili) ikan mas. Ukuran mereka sama dengan ikan mas lain yang berukuran kecil. Ikan ini bahkan digolongkan dalam jenis ikan mas koki karena kesamaan fisik.

Biasanya ikan komet dipelihara dalam akuarium. Habiatat aslinya adalah perairan air tawar, seperti sungai, danau hingga kolam alami. Biasa hidup di dalam air dengan kedalaman hingga 20 meter dengan pH 6-8.

Jenis Ikan Komet

Kepribadian ikan komet sangatlah tenang sehingga cocok dipelihara oleh pemula. Ikan yang rata-rata berukuran 4 inci ini memerluka akuarium berukuran 57 liter. Berikut ini beberapa jenis ikan komet yang paling populer.

1. Komet Sara

majalahikan.com

Jenis sara atau ikan komet sara termasuk dalam tipe ikan mas komet dengan ekor bercabang. Kebanyakan dari jenis ini berwarna dominan putih baik pada tubuh maupun pada bagian sirip dan ekornya. Ciri khusus yang dapat terlihat pada jenis ini adalah pola berwarna merah pada bagian atas kepalanya.
Ikan ini sangat cantik mengingatkan kita akan ikan cupang dan ikan koi. Tampilannya yang cantik cocok untuk dipelihara di dalam akuarium.

2. Komet Hitam Putih

majalahikan.com

Termasuk dalam jenis ikan komet dengan tipe double tail atau ekor bercabang. Seperti namanya ikan ini memiliki warna hitam putih. Entah berwarna dasat hitam dengan corak warna putih atau sebaliknya berwarna putih dengan corak hitam.
Mereka terlihat sangat cantik apalagi bila dilihat dari bagian atas. Ekor dan warna mereka benar-benar akan terlihat indah.

3. Komet Harimau

youtube.com

Komet harimau adalah jenis ikan komet yang paling mahal diatara jenis komet lainnya. Jenis ini masih jarang dijual di pasar-pasar ikan hias. Mereka biasanya didapat dari peternak langsung atau sesama pecinta ikan hias.

Dinamakan komet harimau karena mereka memiliki corak belang-belang seperti corak harimau. Ikan ini semakin cantik dengan ekornya yang panjang dan mengembang. Corak dan ekor lebarnya inilah yang menjadi ciri khas komet harimau.

4. Komet Rain Garden

infoikan.com

Mendengar nama Rain Garden mungkin kita akan berpikir dengan taman yang hijau, tapi jika berhubungan dengan ikan komet maka tidak ada kata hijau. Varietas rain garden berwarna putih solid seperti albino, tapi mereka bukan jenis albino. Warna matanya tetap hitam seperti komet lainnya. Warna putih pada komet rain garden membuat ikan ini terlihat cantik ditambah double tailnya.

5. Komet Tancho

akvarium.biz

Jenis komet tanco memiliki pola yang sama dengan jenis ikan koi tancho. Mereka termasuk dalam klasifikasi komer berekor tunggal. Warna ikan ini putih seutuhnya dengan pola bulat berwarna merah pada bagian kepalanya.

6. Komet Sarasa

cometgoldfisher.com

Jika sebelumnya ada jenis komet yang mirip dengan koi tancho, maka yang satu ini memiliki warna dan pola yang mirip dengan koi termahal kohaku. Mereka termasuk dalam jenis komet double tail atau ekor ganda.

Warnanya benar-benar mirip dengan kohaku apalagi yang berwarna merah dan putih. Jika tidak mampu membeli kohaku setidaknya kita bisa memuaskan diri dengan membeli sarasa.

7. Komet Shubukin

hobinatang.com

Masih dari jenis komet yang menjadi versi mini dari koi, yaitu komet shubukin. Warna komet ini sama dengan jenis koi shubukin, yaitu bercak-bercak hitam diatas tubuh berwarna putih dengan pola merah.

Itulah beberapa jenis komet yang populer dikalangan para pecinta ikan hias. Mereka cocok dipelihara oleh para pemula karena sifatnya yang tenang.

1 thought on “7 Macam Jenis Ikan Komet Paling Populer Dikalangan Pecinta Ikan Hias”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.