5 Jenis Ikan Louhan Hias Akuarium yang Paling Populer

Ikan louhan sempat menjadi booming dikalangan pecinta ikan hias di Indonesia. Tepatnya di tahun 2002 ikan dengan bentuk dahi yang unik ini bisa di jual dengan harga yang sangat mahal. Apalagi ikan louhan dengan jenis yang langka.

Lou han atau ikan louhan menjadi booming kala itu karena secara fisik ikan ini memiliki keunikan. Dahinya jenong dan menonjol keluaar dengan sisik yang berkilau. Tidak hanya itu ikan yang biasa dipelihara di akuarium ini memiliki corak seperti tullisan Cina pada tubuhnya.

Sisik dan corak di tubuh ikan louhan memang sangat unik dan berbeda dari ikan lainnya. Mungkin bagi yang belum tahu akan merasa kalau louhan dengan warna sisik yang bagus dan bercorak karakter cina akan semakin mahal. Padahal yang membuat ikan ini mahal adalah dahi menonjol mereka.

Jenis Ikan Louhan

Semakin jenong atau menonjol keluar dahi jenis ikan louhan maka harganya menjadi semakin mahal. Mungkin bila orang awam melihatnya akan merasa aneh bila ikan dengan dahi seperti terkena penyakit tumor ditaksir dengan harga yang tinggi. Berikut ini beberapa jenis ikan louhan yang populer di dunia.

1. Ikan Louhan Bonsai

majalahikan.com

Lohan jenis bonsai sama seperti tanaman bonsai bukan sama dari segi bentuk, tapi dari segi ukuran yang sama-sama kecil. Ukuran louhan dewasa pada jenis ini hanya berukuran setengah dari jenis louhan lainnya.

Meskipun badan mereka berukuran lebig kecil, tapi kepala dan jenongnya cukup besar. Inilah yang membuat louhan bonsai terlihat unik dan langka. Para kolektor ikan louhan bahkan banyak yang memfavoritkan jenis ini.

Selain keunikan fisiknya jenis ini juga banyak dicari karena sifatnya yang tenang. Ikan ini tidak agresif saat ditonton orang-orang di akuarium, sehingga banyak pemula yang memilih jenis louhan ini. Disamping itu ukurannya yang kecil tidak membutuhkan akuarium sebesar jenis llouhan lainnya.

2. Ikan Louhan Kamfa

bahasikan.com

Kamfa dikembangbiakkan dari hasil persilangan antara ikan louhan dan ikan nuri. Hasil persilangan tersebut membuat jenis ini penuh dengan sirip di sekujur tubuh mereka. Tidak ada celah antara ekor dengan sirip dubur dan sirip punggung.

Jenis kamfa adalah louhan yang paling banyak melahirkan spesies berwarna merah, meskipun banyak juga warna kamfa selain merah. Biasanya bagian jenong dan matanya berwarna putih atau kuning, bahkan oranye kemerahan.

3. Louhan Zhen Zhu atau Louhan Pearl

henriyunianto.blogspot.com

Zhen zhu sering disebut sebagai ikan louhan mutiara. Nama mutiara didapat berkat tubuh mereka yang berkilau seperti mutiara. Tubuhnya berwarna putih keperakan dan berkilau. Mulut mereka besar dengan mata yang berwarna merah.

Ekornya biasanya berbentuk membulat atau berbentuk belah ketupat dan jenong dikepalanya cukup besar. Mereka sangat populer untuk dikawin silangkan dengan jenis louhan lainnya untuk menghasilkan louhan yang lebih indah dan unik.

4. Golden Monkey

rivorma.com

Dinamakan monyet emas karena wajah mereka yang menyerupai monyet jika dilihat dari depan dan mereka berwarna emas. Ikan louhan jenis ini benar benar mewah karena tampilan dan harganya. Harga seekor ikan louhan jenis golden monkey bisa dibanderol $1000 Amerika. Bahkan dalam sebuah pelelangan ikan louhan di Malaysia ada louhan golden monkey yang terjual hingga ratusan ribu dollar.

5. Louhan Kamfamalau

fishworldlover.wordpress.com

Kamfamalau adalah jenis ikan louhan yang dihasilkan dari persilangan antara louhan monyet emas jantan dan kanfa betina. Tampilan mereka sangat unik karena warnanya seperti mutiara buram yang bahkan terlihat juga pada benjolan kepala mereka.

Kondisi ini sangat jarang ada pada jenis louhan lainnya. Mata mereka berwarna kuning atau putih. Jenis ini juga sering disebut sebagai kamfa raja. Mereka salah satu spesies paling populer dikalangan para pecinta ikan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.