7 Jenis Ikan Nila yang Banyak Dibudidayakan DI Indonesia

Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang disukai banyak orang. Pembudidayaan ikan nila terbilang mudah, itulah mengapa harga jual nila bisa dibilang rendah. Saat sudah disajikan dalam bentuk makanan matang harga nila tentu menjadi lebih mahal.

Jenis ikan nila masih berkerabat dekat dengan ikan mujaer. Seperti halnya ikan mujaer nila juga mengandung banyak gizi. Nilai minus dari ikan nila adalah kandungan asam lemak omega 6 yang lebih tinggi dari omega 3. Sehingga ikan nila kurang baik dikonsumsi bagi yang memiliki penyakit berkaitan dengan peredaran darah.

Selain itu jika dipelihara dalam jumlah banyak dalam satu kolam ikan nila mungkin akan memakan kotorannya sendiri. Nila merupakan jenis ikan air tawar konsumsi yang berasal dari Afrika. Kini ikan ini menjadi ikan yang populer tidak hanya di Negara Afrika, tetapi juga negara-negara lainnya di Amerika Latin dan Asia termasuk Indonesia.

Jenis Ikan Nila

Nama ilmiah dari ikan nila adalah Oreochromis niloticus yang dalam bahasa Inggris disebut Nile Tilapia. Dinamakan nila atau nile atau niloticus karena mereka pertama kali ditemukan di perairan Sungai Nil. Berikut ini beberapa jenis ikan nila air tawar yang umum dikonsumsi dan dibudidayakan.

1. Ikan Nila Srikandi

bppisikamandi.kkp.go.id

Nama srikandi merupakan singkatan dari salinity resistant improvement tilapia from Sukamandi. Jenis ini merupakan hasil persilangan dari nila nirwana hitam yang betina dan jantan berwarna biru. Sesuai namanya ikan ini bisa bertahan di air payau. Mereka bisa beradaptasi dengan tingkat salinitas yang lebih tingggi daripada habitat aslinya di air tawar. Lama pembiakan nila ini sekitar 3 – 4 bulan sebelum akhirnya dipanen. Bobot dari nila jenis ini sekitar 250 gram satu ekornya.

2. Nila Larasati

adisucipto.com

Nama yang cantik untuk seekor ikan, dinamakan larasati bukan karena mereka cantik atau betinanya memiliki keunggulan tertentu. Jenis ini merupakan nila lokal yang dikembangkan oleh Balai Benih Ikan Janti, di Klaten.

Larasati bisa dikembangbiakkan di berbagai media air, seperti kolam air tenang, deras, atau payau. Mereka tumbuh dengan cepat dan daya tahan tubuhnya juga kuat.

3. Ikan Nila Best

bibitikan.net

Best merupakan singkatan dari Bogor Enhanced Strain Tilapia. Nila ini dikembangkan dari jenis GIFT dan merupakan generasi keenam dari hasil persilangan 3 nila dengan jenis gift. Fisik mereka menyerupai jenis gift.

Betina jenis best bisa menghasilkan telur hingga 1500 – 2800 butir per ekor. Berat indukannya bisa mencapai 400 gram sehingga ukuran telurnya pun tergolong besar.

4. Nila Nirwana 3

youtube.com

Jenis ini merupakan hasil persilangan antara nila GFT dan GESIT. Mereka dikembangkan oleh Balai Pengembangan Benih Ikan Wanayasa, Purwakarta. Nila ini juga sering disebut sebagai nila wanayasa. Ikan ini diklaim sebagai jenis yang paling menguntungkan untuk dibudidayakan.

5. Ikan Nila Citralada

khasiat.co.id

Jenis citralada pertama kali dikembangkan oleh negara Thailand. Secara fisik jenis ini cukup menarik karena tubuhnya berwarna terang dengan sirip yang panjang.
Mereka lebih banyak menghasilkan anakan yang jenis kelaminnya jantan. Bobot citralada di umur 4 bulan bisa mencapai 200 gram. Daging mereka kenyal dan daya tahan tubuhnya kuat, serta telur yang dihasilkan banyak.

6. Nila Gesit

khasiat.co.id

Genetically Supermale Indonesia Tilapia atau yang disingkat GESIT merupakan nila yang dikembangkan oleh IPB, BPPT, dan BBPBAT. Jenis ini merupakan hasil rekayasa dari jenis GIFT atau Genetic Improvement of Farmed Tilapias, Filipina.
Jenis gesit bisa mneghasilkan pejantan dengan daya tahan hingga 98%. Bobotnya pun bisa mencapai 500 – 600 gram per ekornya.

7. Ikan Nila Merah

tokopedia.co.m

Jenis nila yang paling banyak dibudidayakan adalah nila merah. Ikan ini memiliki rasa yang enak saat sudah diolah selain itu warnanya juga cantik. Pertumbuhan mereka juga terbilang cepat sehingga bisa menguntungkan bagi pelaku budidaya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.