5 Macam Jenis Ikan Pari yang Ada Di Seluruh Dunia

Jenis ikan pari adalah jenis ikan laut yang berbentuk unik karena pipih dan hampir datar. Tubuh mereka terlihat seperti layang-layang di tengah lautan. Ikan pari merupakan jenis ikan yang banyak ditemukan di lauta, tapi beberapa spesies berasil beradaptasi dengan habitat air tawar.

Selain memiliki tubuh yang unik seperti layangan ikan pari juga memiliki ekor layaknya cambuk. Pari terdiri dari 530 spesies yang tebagi dalam 13 keluarga. Mereka masih kerabat dengan ikan jerung, tapi bukan jenis ikan predator yang mengancam seperti jerung.

Jenis Ikan Pari

Ekor unik pari mungkin terlihat tidak berbahaya, tapi saat melindungi diri ekor tersebut bisa menjadi ancaman bahkan untuk manusia. Ekor yang tadinya lentur bisa berubah menjadi seperti pisau yang tajam dan keras. Berikut ini beberapa jenis ikan pari yang ada di dunia.

1. Ikan Pari Elang

teara.govt.nz

Bernama ilmiah Myliobatis aquila, atau yang bahasa inggrisnya disebut common eagle ray. Mereka adalah jenis pari yang hidup di Samudra Atlantik bagian timur, laut mediterania, dan Samudra Hindia.
Panjang dari pari ini mencapai 183 cm dan lebar sekitar 80 cm.

Jenis elang mempunyai cakram romboid dengan sepasang sirip dibagian dada berbentuk segitiga di kedua sisinya. Mempunyai sirip tunggal dibagian punggung dan tidak ada di bagian ekor.

Bagian moncongnya membulat , ekor ramping, dan tulang belakang yang besar. Bagian punggung pari berwarna hitam atau coklat dengan warna putih pada bagian bawahnya.

2. Pari Ekor Lembu

elasmodiver.com

Memiliki nama ilmiah Pastinachus sephen adalah spesies ikan pari yang tersebar di perairan Indo-Pasifik hingga habitat air tawar di Asia Tenggara. Ciri khas dari ikan pari ini adalah lipatan ventral yang besar menyerupai bendera di bagian ekornya.

Keunikan itu semakin terlihat jelas ketika mereka sedang berenang. Spesies ini terancam punah akibat eksploitasi besar-besaran yang mengincar kulit mereka. Pari ini hadir dengan warna coklat keabuan hingga hitam dibagian atasnya dan putih pada bagian bawah. Bendera atau ujung ekornya berwarna hitam. Panjang spesies ini mencapai 3 meter dengan lebar 1,8 meter dan berat hingga 250 kg.

3. Pari Totol Biru

calacacademy.org

Jenis totol biru tidak suka menutupi dirinya di pasir seperti halnya spesies ikan pari lainnya. Mereka bahkan terkesan memamerkan totol-totol birunya yang unik. Biasanya mereka senang dihinggapi ikan yang suka membersihkan bagian tubuh mereka. Contohnya ikan remora yang juga sering menempeli tubuh ikan paus.

Remora menenpel di tubuh mereka untuk membantu membersihkan parasit-parasit yang menempel pada tubuh mereka. Pari ini bisa mendeteksi ikan yang memancarkan sengatan listrik karena mereka juga memilikinya. Mereka juga dapat menangkap mangsanya dengan mudah dan menghancurkannya dengan mulut mereka.

4. Pari Ekor Pendek

aquarium.co.za

Mereka adalah jenis pari yang berenang dengan lambat karena tubuh mereka yang besar. Banyak tersebar di lepas pantai Afrika Selatan di kedalaman 180 – 480 m dan juga di selatan Australia dan Selandia Baru hingga kedalaman 156 m.

Ukuran mereka sangat besar dibanding jenis pari lainnya, yaitu 2,1 meter dengan berat hingga 350 kg. Meskipun besar ekor mereka terbilang pendek dengan tulang belakang menyengat dan sirip punggung dan perut terlipat.

5. Ikan Pari Harimau

youtube.com

Nama harimau disematkan karena warna dan motif pari ini yang menyerupai harimau. Kebanyakan jenis pari harimau merupakan spesies pari air tawar. Mereka banyak ditemukan di sungai-sungai di daerah Amerika bagian selatan, contohnya di sungai Amazon.

Jenis ini biasanya memiliki lebar hingga 31 inci atau sekitar 80 cm. Mereka berbeda dengan ikan pari pada umumnya karena coraknya yang unik. Warna dan coraknya mencolok dengan ekor yang lebih pendek dari pari jenis lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.