5 Macam Jenis Ikan Paus yang Tersebar Di Seluruh Samudra

Ikan paus adalah mamalia terbesar di dunia yang hidup di laut. Meskipun paus merupakan jenis ikan, tetapi mereka bernapas dengan paru-paru dan bukan insang. Itulah salah satu faktor ikan paus digolongkan sebagai hewan mamalia.

Tidak hanya itu paus juga memiliki ciri fisik lainnya yang juga dimiliki kelompok mamalia, seperti kelenjar susu, rambut halus, jantung empat bilik, dan berdarah panas. Ukuran ikan paus beragam tergantung pada spesiesnya.

Paus paling kecil, yaitu paus kerdil mempunyai ukuran panjang sekitar 2,6 meter dengan berat hingga 135 kg. Sedangkan yang terbesar adalah paus biru yang panjangnya bisa mencapai 34 meter dengan berat hingga 190 metrik ton.

Jenis Ikan Paus

Sebagai salah satu hewan mamalia yang bernapas dengan paru-paru ikan paus tidak bisa berlama-lama di dalam air. Mereka akan mengambil napas lewat mulutnya dan menyemburkan air yang masuk lewat lubang udara di atas kepalanya. Berikut ini beberapa jenis paus yang masih eksis di dunia.

1. Paus Bungkuk

abc.net.au

Dinamakan paus bungkuk karena saat mereka bernapas ke atas air dan berenag badan mereka meringkuk seperti udang. Paus ini akan mengambil napas atau berenang keatas permukaan air setiap 20 – 30 detik selama dua atau tiga menit. Setelah itu mereka akan menyelam lagi dengan gaya khas membungkuknya dan berenang di dalam air selama 3 hingga 28 menit.

Mereka makan dengan cara yang unik, yaitu dengan menciptakan gelembung udara untuk mengkap ikan. Seperti halnya sidik jari pada manusia, bentukk, corak warna, sirip di pungung, serta ekor paus bungkuk berbeda-beda.

2. Paus Biru

antartica.gov.au

Paus biru adalah raksasa di dunia hewan. Ukuran tubuh mereka sangat besar dan berat, mirip seperti pesawat Boeing 737 dengan berat 6 kali lipatnya. Jantungnya memiliki ukuran sebesar mobil paling kecil dengan lidah sebesar gajah Afrika.

Dibandingkan paus biru ukuran manusia diibaratkan seperti ikan teri yang kita makan. Tidak hanya besar dan berat, suara yang dihasilkan paus ini juga sangat keras.

Sekali makan paus biru bisa melahap lebih dari 1000 kg udang. Mereka bisa hidup di samudra luas kecuali di perairan arktik. Bayi paus biru memiliki panjang 8 m dengan berat total mencapai 4000kg.

3. Paus Orka

newshub.co.nz

Bagi kalian yang pernah menonton film Free Willy pasti sudah tak asing dengan jenis paus yang satu ini. Orka adalah jenis paus yang sama dengan karakter Willy si ikan paus di film Free Willy. Mereka berenang sangat cepat dengan kecepatan hingga 55 km/ jam.

Sirip dipunggung pejantan orka lebih besar daripada betinanya. Mereka sukan memakan ikan kecil, udang laut dalam, dan cumi-cumi.

4. Paus Moncong

Kebanyakan spesies dari paus moncong hidup di perairan Selandia Baru. Itulah mengapa kebanyakan mayat dari paus ini ditemukan disekitar pantai Selandia Baru. Paus moncong suka sekali memakan gurita atau cumi-cumi. Paus moncong suka berenang dikedalaman 300 m.

Ukuran tubuh paus ini beraneka ragam, mulai dari panjang 3 meter hingga 13 meter. Kepala mereka kecil dengan dahi yang jenong dan mereka memiliki moncong seperti lumba-lumba.

5. Paus Kerdil

Jenis paus paling kecil dalam keluarga paus ini banyak ditemukan di perairan tropis. Warna mereka abu-abu, dengan kepala agak kotak, rahang yang kecil, dengan badan yang tegap. Jenis ini sering menjadi incara ikan lain, seperti ikan hiu dan paus pembunuh termasuk orka.

Makanan utama mereka adalah cumi-cumi. Sama seperti makanannya ikan paus ini juga mengeluarkan cairan berwarna coklat kemerahan saat terkejut.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.