5 Macam Jenis Ikan Predator Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Jenis ikan predator adalah jenis ikan yang suka memangsa ikan atau hewan lainnya. Jenis ini bahkan bisa mencelakai manusia dalam kondisi tertentu. Di perairan darat maupun laut pasti ditemukan jenis ikan predator yang memangsa ikan lainnya.

Keberadaan ikan predator yang tidak sesuai pada tempatnya bisa menjadi sebuah ancaman dan merusak ekosistem. Itu terjadi ketika dalam rantai makanan mereka menjadi yang teratas dan tidak ada yang memangsa mereka. Secara otomatis ikan predator yang menjadi raja pada rantai makanan akan menghabisi seluruh ikan buruan mereka sehingga tidak ada yang tersisa.

Jenis Ikan Predator

Semua jenis ikan yang ada di dunia mempunyai karakteristik masing-masing termasuk juga para ikan predator. Ikan-ikan yang sring kita temui ada yang memiliki racun dan tidak bisa dikonsumsi, ada yang menyerang manusia, dan bahkan dianggap menyeramkan karena penampilan mereka. Berikut ini beberapa jenis ikan predator paling berbahaya yang ada di perairan air tawar dan laut.

1. Kandiru

allthatsinteresting.com

Termasuk jenis ikan lele yang juga tak memiliki sisik. Dianggap sebagai lele parasit dari keluarga Trichomycteridae. Jenis ikan ini banyak ditemukan di perairan sungai Amazon. Penampilan mereka terlihat seperti tembus cahaya dan juga terlihat seperti belut.

Ikan ini terbilang sangat kecil untuk ukuran ikan predator karena memiliki tubuh sepenjang 2,5 cm saja. mereka dikenal cukup mematikan karena memakan darah dan biasa ditemukan pada insang ikan lainnya. Ikan ini bahkan juga menyerang manusia. Ketika manusia mandi di sungai dengan tubuh terbuka mereka bisa masuk melalui uretra dan menghisap darah kita.

Saat mereka menyerang mangsanya ikan ini akan menancapkan duri mereka. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan, pendarahan, bahkan hingga kematian pada korbannya.

2. Ikan hiu Putih

tracksmag.com.au

Hiu putih adalah jenis predator paling kuat dan paling berbahaya di dunia. Mereka bahkan sering dijadikan gambaran tokoh utama dalam beberapa film Hollywood, seperti Jaws.

Saat mereka sedang lapar hiu ini terkenal dengan penyerangan brutal. Hiu ini bahkan sering mencelakai para perenang, penyelam, maupun peselancar.

Mungkin mereka hanya menggigit satu kali kemudian melepaskannya, tapi satu gigitan yang mematikan bisa berakibat fatal. Saat organ penting diserang dan menyebabkan luka korban bisa saja meninggal. Mangsa utama dari ikan hiu ini adalah anjing laut dan singa laut.

3. Ikan Harimau

animalplanet.com

Ikan harimau banyak ditemukan di perairan air tawar. Penampilan mereka terdapat corak garis-garis seperti harimau. Tubuh mereka panjang dan mereka adalah perenang yang gesit. Bentuk mereka menyerupai salmon dengan gigi yang setajam belati.

Ada lima spesies ikan harimau besar yang ukurannya lebih dari 1,8 meter dengan berat lebih dari 57 kg. Di perairan Indo-Pasifik ikan harimau baik yang hidup di air tawar maupun di laut ukurannya lebih kecil. Ikan terapon jarbua atau ikan target termasuk dalam jenis ini. Mereka memiliki duri yang tajam pada penutup insangnya.

4. Piranha

bbc.com

Siapa sih yang tak kenal ikan piranha? Ikan predator air tawar ini banyak ditemukan di sungai Amazon, Amerika Selatan. Keganasan dari piranha bahka diangkat juga dalam sebuah film layar lebar Hollywood dengan judul yang sama.

Mereka adalah predator yang tidak memilih-milih dalam melukai mangsanya. Bahkan piranha juga dikenal sebagai pemakan daging yang bisa melukai manusia. Piranha bisa tumbuh hingga berukuran lebih dari 60 cm. warnanya silver kehitaman.

Rahan merekasangat kuat dengan deretan gigi setajam gergaji. Ada sekitar 20 spesies piranha yang ditemukan di perairan Argentina hingga Colombia.

5. Pari Manta

mongabay.co.id

Ikan pari manta sering disebut juga pari hantu. Sayap atau sirip mereka berdaging dan tidak setipis pari lainnya. Bentuknya meruncing seperti layaknya tanduk iblis. Ekornya pendek, tapi mematikan dan gaya renang mereka seperti sedang meluncur.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*