5 Macam Jenis Ikan Sungai Yang Hanya Ada Di Perairan Darat

Jenis ikan sungai sangat banyak varietasnya. Ikan yang hidup di sungai merupakan jenis ikan air tawar, kecuali mereka yang hidup di muara sungai atau pertemuan antara laut dengan sungai. Ikan yang berada di sungai tidak hanya ikan yang biasa kita pancing untuk dimakan, tapi juga termasuk jenis ikan hias.

Setiap ikan mempunyai habitatnya masing-masing, termasuk juga ikan sungai. Ikan yang diambila atau dipancing dari sungai tak bisa disatukan dengan ikan dari jenis ikan laut. Dua jenis ikan tersebut tidak bisa disatukan dalam satu kolam karena habitat asli mereka yang berbeda.

Jenis Ikan Sungai

Jenis ikan yang hidup di sungai tidak bisa hidup di air yang asin, begitu juga dengan ikan laut yang terbiasa hidup dengan salinitas tinggi. Menyatukan mereka dalam satu kolam hanya akan membunuh salah satu dari jenis ikan tersebut. Berikut ini beberapa jenis ikan sungai yang tersebar di beberapa sungai di dunia.

1. Ikan Sapu Sapu

bobo.grid.id

Ikan-kan dari genus Hypostomus adalah jenis ikan sapu-sapu. Mereka banyak ditemukan di perairan air tawar terutama di sungai dan anak sungai. Sapu-sapu yang banyak dijadikan ikan hias akuarium di Indonesia berasal dari Amerika.

Jenis sapu-sapu tersebut termasuk keluarga loricariidae. Mereka memiliki tipe mulut penyedot karena itu mereka sering disebut sucker fish dalam bahasa Inggris. Mulutnya tidak seperti ikan kebanyakan yang berada di depan moncongnya, tetapi letak mulutnya berada di bagian bawah. Mulut sapu-sapu bekerja seperti penyedot debu.

Jenis ini sebenarnya merupakan ikan omnivora, tetapi mereka terbiasa mencari cari sisa alga atau lumut di malam hari. Ikan ini memiliki ukuran tubuh mulai dari 3 cm dan bisa tumbuh hingga sepanjang 100 cm.

2. Ikan Loach Batu

canalrivertrust.org.uk

Loach batu banyak tersebar di daerah anak sungai berair jernih yang berpasir dan berkerikil. Bentuk ikan ini sangat unik karena sekilas mirip dengan belut. Kepala mereka sangat mirip dengan belut hanya saja lebih keras.

Ikan ini merupakan hewan nokturnal yang biasa mencari makn di malam hari. Mulutnya bekerja seperti mulut ikan sapu-sapu saat mereka mencari makan. Di bagian bawah mulut terdapat tiga pasang kumis pendek.

Memiliki nama latin Barbatula barbatula ikan ini memiliki panjang tubuh sektar 14 cm. dinamakan loach batu karena tampilan mereka yang mirip dengan batu. Ikan ini juga sering berkamuflase sebagai batu untuk mengelabui mangsa dan predatornya.

3. Ikan Obama

arah.com

Ikan ini merupakan jenis ikan darter yang menjadi hewan endemik di Utara Amerika Serikat tepatnya di Sungai Duck dan Sungai Buffalo, Tenesse. Jenis ini ditemukan saat Obama menjabat menjadi presiden. Peneliti menemukan ikan ini saat mereka mempelajari jenis ikan darter dan menamakannya atas nama Obama.

Selain ikan obama ada 4 jenis darter lain yang juga dinamakan atas nama presiden dan wakil presiden AS. Ikan ini memiliki panjang tubuh sekita 5 cm untuk pejantan dan 4,5 untuk betinanya.

4. Ikan Karper

groupon.com

Ikan mas karper atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dace merupakan ikan yang hidup di sungai-sungai di Asia dan Eropa. Populasi mereka sangat banyak bahkan sering ditangkap untuk dijadikan sebagai umpan untuk ikan besar.

Panjang maksimum dari ikan ini adalah 40 cm dengan berat sekitar 1 kg. usia hidup mereka hingga 16 tahun lamanya. Mereka senang hidup di air yang jernih dan tenang.

5. Ikan Minnow

petguide.com

Minnow sering disebut wader oleh orang Indonesia. Di beberapa supermarket mereka dijual matang dalam bentuk wader crispy. Rata-rata ikan minnow memiliki panjang tubuh 6 cm, tetapi ada yang tumbuh hingga 13 cm.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.