5 Macam Jenis Ikan Tenggiri Di Seluruh Dunia yang Banyak Dikomsumsi

Ikan tenggiri biasa digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat berbagai jenis makanan yang memiliki rasa ikan. Contohnya saja siomay, kerupuk, pempek, dan beberapa makanan lainnya. Tenggiri masih kerabat dekat dari ikan makarel yang juga biasa digunakan sebagia bahan sarden kalengan.

Tenggiri juga kerabat dari ikan tuna dan ikan bonito. Mereka semua adalah jenis ikan yang dihup di lautan atau ikan air asin. Ikan tenggiri memiliki nama ilmiah Scomberomorini. Berat ikan tenggiri beragam tergantung dari jenisnya. Ada yang memiliki berat 3 kilogram bahkan ada yang mencapai 38 kilogram.

Jenis Ikan Tenggiri

Jenis ikan tenggiri yang masih kerabat dekat dengan ikan makarel ini ditemukan di berbagai perairan laut dunia. Tenggiri mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, kalsium, lemak, zat besi, protein, dan energi. Berikut ini beberapa jenis tenggiri yang tersebar di seluruh samudra.

1. Tenggiri Cina

laperceneige.ch

Bernama ilmiah Scomberomorus sinesis, tenggiri Cina juga bisa dikatakan sebagai makarel Cina. Mereka adalah ikan yang memiliki banyak duri, sirip mereka juga terlihat bercahaya. Para ahli mengelompokkan spesies ini dalam keluarga scombridae atau keluarga makarel. Lebih tepatnya genus makarel spanyol yang tersebar di daerah barat perairan Samudra Pasifik hingga ke sungai Mekong.

2. Tenggiri Jepang

newsunriseexports.com

Di Jepang ikan tenggiri juga sering dihidangkan dalam makanan sushi dengan nama sawara. Sama seperti ikan tenggiri Cina jenis ini juga termasuk keluarga scombridae dengan nama ilmiah Scomberomorus niphonius.

Ukuran maksimum tenggiri ini pernah tercatat sepanjang 100 cm dengan berat 10,57 kg. termasuk ikan yang populer dalam industri perikanan di Asia Timur. Jepang adalah negara kedua diurutan pemanen terbesar ikan jenis tenggiri. Negara tersebut bisa memanen sekitar 56.000 ton per tahunnya.

3. Tenggiri Korea

alchetron.com

 

Sama seperti dua tenggiri sebelumnya mereka juga termasuk dalam keluarga makarel. Ikan tenggiri ini banyak tersebar di perairan Indo-Pasifik yang membentang dari pantai tumir India dan Sri Lanka. Penyebarannya meluas ke landas benua Asia hingga ke Sumatra juga Korea, dan Teluk Wakasa di laut Jepang.

Biasanya jenis ini dipanen untuk kepentingan komersial kecil, contohnya saja kebutuhan makan rumah tangga. Spesies ini di Korea di jual dalam bentuk ikan kering dan juga segar. Di India mereka termasuk jenis ikan yang paling diminati.

4. Tenggiri Papua

fishbase.se

Scomberomorus multiradiatus adalah nama ilmiah dari tenggiri papua yang juga sering disebut sebagai tenggiri Spanyol Papua. Mereka adalah hewan endemik teluk Papua tepatnya di muara sungai Fly.

Mereka adalah spesies terkecil dalam genus scomberomorus. Tenggiri papua dewasa bahkan hanya berukuran maksimal 30 cm.

5. Tenggiri Cero

whatsthatfish.com

Cero atau yang nama ilmiahnya Scomberomorus regalis sering juga disebut sebagai ikan pintado atau raja ikan. Mereka memiliki sirip bersinar dan tubuh berduri. Secara fisik mereka memiliki penampilan dan warna yang mirip dengan tenggiri Atlantik. Hanya saja cero memiliki garis memanjang disepanjang badannya hingga pangkal ekor.

Ukuran mereka lebih besar dari tenggiri Atlantik dengan berat sekitar 4,5 hingga 14 kg lebih. Sirip punggung mereka berwarna hitam dibagian luarnya. Jenis ini banyak ditemukan di Samudra Atlantik bagian barat mulai dari Cape Cod, Laut Karibia, Teluk Meksiko, HIngga ke Brazil.

Itulah beberapa jenis ikan tenggiri yang ada di dunia. Tenggiri merupakan ikan yang biasa dijadikan bahan dasar pembuat tepung ikan. Itulah mengapa ikan ini banyak diambil dalam jumlah besar. Selain rasanya yang enak mereka juga mengandung banyak gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.