5 Jenis Ikan Teri Berbagai Ukuran yang Ada Di Dunia

Ikan teri yang biasa kita makan termasuk jenis ikan laut berukuran kecil. Meskipun sering dijadikan masakan berupa teri kering atau sejenisnya nyatanya ikan ini termasuk jenis ikan berminyak. Ikan teri banyak ditemukan di perairan laut dangkal atau di dekat pantai.

Mereka termasuk ikan dari keluarga Engraulidae dengan ukuran mulai dari 2 cm sampai 40 cm sesuai spesiesnya. Meskipun berukuran kecil ikan teri mengandung gizi yang baik bagi tubuh kareanya banyak yang mengolah ikan ini sebagai bahan makanan.

Jenis Ikan Teri

Jenis ikan teri mengandung natrium, kalium, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin B12, Vitamin B6 zat Besi, Magnesium, dan Kalsium. Benar-benar ikan bergizi yang menyehatkan. Sebagai ikan berminya teri juga mengandung lemak jenuh. Berikut ini beberapa jenis ikan teri yang banyak diperdagangkan dan dikonsumsi di dunia.

1. Teri Argentina

frigosursrl.com.ar

Engraulis anchoita atau teri Argentina banyak ditemukan di perairan Brazil, Uruguay, dan tentunya Argentina. Mereka bisa tumbuh hingga berukuran 17 sampai 22 cm. Makanan utamanya adalah zooplanktivor bahkan terkadang telur mereka sendiri.

Masa kawin mereka terjadi di bulan Oktober atau November di dekat pantai. Sedangkan masa kawin saat berada di jauh dari lepas pantai terjadi pada bulan May atau Juni.

2. Teri Australia

fishesofaustralia.net.au

Engraulis australis atau teri Australia banyak ditemukan di perairan Australian bagian tenggara dan sekitaran Selandia Baru.

3. Teri Afrika Selatan

thesardinerun.info

Engraulis capensis seperti namanya mereka banyak tersebar di daerah Tenggara Samudra Atlantik dekat dengan Namibia dan Afrika Selatan.

4. Teri Eropa

en.wikipedia.org

Spesies Engraulis encrasicolus adalah nama ilmiah dari teri Eropa. Mereka merupakan kerabat ikan herring dan juga banyak dijadikan bahan makanan hewan ternak. Banyak di temukan di perairan Eropa dan Afrika, termasuk Laut Mediteranian, Laut Hitam, dan Azov.

Sering ditangkap oleh manusia berhubung jumlahnya yang melimpah di lautan. Jenis ini mudah dikenali dari fisiknya. Bagian muncongnya runcing dengan ekor bercabang seperti garpu dan sirip punggung tunggal.

Tubuhnya silinder sekaligus ramping dengan berat rata-rata 49 gram. Bagian perutnya berwarna perak dan punggungnya berwarna biru, hijau, atau keabuan. Terdapat dua garis memanjang di sisi tubuh mereka yang akan memudar sesuai bertambahnya usia.

5. Teri Jepang

en.wikipedia.org

Jenis Engraulis japonicus merupakan nama ilmiah dari teri Jepang. Teri ini memiliki ukuran yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan teri yang sering diperdagangkan atau dikonsumsi di Indonesia.

Tersebar di perairan Samudra Pasifik bagian selatan, mulai dari Okhotsk hingga ke laut Jepang, laut kuning, dan Laut Cina bagian timur. Usia hidup mereka sekitar 2 – 3 tahun. Saat musim kawin mereka akan bertelur di daerah Taiwan hingga Sakhalin bagian selatan.

6. Teri California

nas.er.usgs.gov

Spesies teri california atau yang nama ilmiahnya Engraulis mordax banyak ditemukan di samudra pasifik terutama sekitaran Mexico hingga Inggris. Bisa ditemukan di lepas pantai sekitar 30 km dari bibir pantai.

7. Teri Peru

reeflex.net

Engraulis ringens atau ikan teri Peru yang banyak ditemukan di Samudra Pasifik bagian tenggara. Teri jenis ini merupakan spesies ikan paling melimpah di dunia. Tiap tahunnya teri ini bisa dipanen mulai dari 4,2 hingga 8,3 juta ton. Hasil tangkapannya banyak digunakan sebagi bahan dasar tepung ikan.

Di lautan Peru dan Chili ikan ini dapat ditemukan dalam jarak 50 mil dari bibir pantai. Usia hidup mereka sekitar 3 tahun dengan tubuh berukuran maksimal 20 cm. Makanan utama mereka adalah makro zooplankton.

Itulah beberapa jenis teri yang ada di dunia. Beberapa spesies teri mungkin berukuran lebih besar daripada teri yang biasa kita makan, tapi mereka masih termasuk keluarga teri loh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.