5 Macam Jenis Ikan Tetra Hias Akuarium Paling Dicari

Ikan tetra atau tetra neon merupakan jenis ikan air tawar berukuran kecil. Panjangnya hanya sekitar 3 cm saja. Ikan ini mempunyai warna-warna yang terang atau warna-warna neon. Itulah mengapa mereka sering disebut tetra neon.

Warna tetra neon akan tetap terlihat meskipun keadaan air sedang keruh. Tubuh mereka seperti menyala dalam gelap dan sangat cantik. Itulah mengapa ikan tetra banyak dijadikan sebagai ikan hias akuarium.

Jenis Ikan Tetra

Jenis Ikan tetra  berasal dari perairan tropis di Amerika Selatan, tepatnya di Sungai Amazon dan Sungai Orinoco. Mereka hidup didalam air bersuhu kira-kira antara 20 sampai 28 ˚C dengan pH 4 – 7,5. Tetra bisa hidup di air yang bersih hingga keruh, tapi bukan air kotor. Berikut ini beberapa ikan tetra menakjubkan yang paling populer.

1. Neon Tetra

tropco.co.uk

Tetra jenis neon berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan bernama ilmiah Paracheirodon innesi. Mereka adalah jenis ikan omnivora yang bisa hidup rukun dengan ikan hias lainnya. Warna-warna tetra ini sangat cantik, seperti merah, putih, biru, perak, hingga hitam.

Semua warna terlihat menyala bahkan disaaat gelap. Ukuran tubuhnya sekitar 1,5 inci. Masa hidup tetra neon adalah 5 sampai 10 tahun. Sangat senang hidup di daerah bervegetasi.
Jika ingin memelihara pastikan untuk menaruh tanaman pada akuarium kalian. 5 ekor ikan bisa disatukan dalam satu akuarium ukuran 10 galon. Jangan memasukkan terlalu banyak ikan karena akan membuat stress dan sakit.

2. Cardinal Tetra

aquaheaven.co.uk

Paracheirodon axelrodi atau tetra cardinal adalah jenis tetra yang paling sensitif meskipun warnanya sangat cantik. Mereka tidak cocok dipelihara oleh para pemula karena perawatannya sangat sulit. Sangat peka dengan perubahan kimia air sehingga untuk memasukkan ke akuarium baru butuh waktu.

Paling banyak dijual di pasaran dan mudah ditemukan dan ditangkap di habitat aslinya. Jika ingin memelihara dalam akuarium 1 sampai 3 ekor ikan pas untuk akuarium ukuran 10 galon. pH air sekitar 4 – 7 dengan suhu 21 – 27 ˚C.

3. Tetra Darah

angelfishaquatics.co.uk

Ikan tetra darah atau tetra kecil merah atau serpa merupaka ikan tetra yang dominan berwarna merah. Ukurannya cukup besar dibanding spesies lainnya, yaitu sekitar 2 inci bahkan lebih. Sangat mudah dipelihara dan cocok bagi para pemula.

Jika ingin memelihara mereka, 5 sampai 6 ekor bisa digabungkan dalam akuarium berukuran 10 galon. Mereka senang menjepitdan menggigit sirip ikan lain. Pastikan tidak mencampur mereka dengan jenis ikan bersirip lebar.

4. Tetra Berlian

indofishexporter.com

Moemkhausia pitteri atau tetra berlian adalah jenis yang sangat aktif, tapi mereka tidak suka menggigit atau mengejar ikan lain. Sisik mereka berkilau seperti berlian. Biasanya spesies ini hadir dalam warna hijau, emas, oranye, perak, dan ungu.

Saat masih muda warna-warna mereka belum nampak seutuhnya. Warna-warna cantik mereka akan mulai terlihat utuh saat ikan dewasa. Sifat mereka tenang dan bersahabat sehingga cocok bagi para pemula.

Bisa digabungkan dengan 5 ekor lainnya dalam satu akuarium ukuran 15 galon. Tetra ini memiliki masa hidup 3 sampai 6 tahun tergantung perawatan.

5. Ikan Tetra Glowing

tropicalfishofasia.com

Ikan cantik ini memiliki warna merah terang dan oranye yang memanjang sejajar dengan mata hingga ke pangkal ekor. Tubunhya semi transparan karena diluar garis berwarna tubuh mereka tembus pandang.

Usia hidup mereka lebih pendek dari ikan tetra neon dan kardinal, yaitu sekitar 3 – 5 tahun saja. Seperti tetra pada umumnya mereka juga senang hidup di daerah yang bervegetasi. Pastikan untuk mengisi akuarium kalian dengan tanaman jika ingin memeliharanya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.