7 Jenis Ikan Tuna Konsumsi yang Ada Di Perairan Dunia

Ikan Tuna yang biasa dikonsumsi manusia adalah jenis ikan laut pelagik. Spesies-spesies tuna termasuk dalam keluarga skombridae dari genus Thunnus. Daging mereka tidak berwarna putih seperti kebanyakan ikan pada umumnya, tetapi berwarna merah muda hingga merah tua.

Tuna adalah ikan perenang handal bahkan ada spesies yang kecepatannya bisa mencapai 77 km/jam. Tuna dikenal dengan harganya yang mahal karena kandungan gizinya. Semakin besar ukuran tuna maka akan semakin mahal harganya.

Jenis Ikan Tuna

Diketahui bahwa jenis ikan tuna memiliki kandungan gizi berupa tinggi akan protein, kaya akan omega-3, mengandung Vitamin B3, serta kaya akan mineral. Kandungan gizi pada jenis ikan tuna sangat baik bagi perkembangan otak, kesehatan syaraf, dan jantung. Berikut ini beberapa jenis tuna yang tersebar di perairan dunia.

1. Ikan Skipjack

fishingstatus.com

Skipjack di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan ikan cakalang. Mereka termasuk jenis tuna terkecil dan paling banyak populasinya. Tubuh mereka ramping tanpa sisik. Bagian punggungnya berwarna biru-violet sedangkan bagian bawah atau perutnya berwarna silver dengan 4 – 6 pita atau garis gelap.

Cakalang bisa hidup selama 8 – 10 tahun di alam bebas. Tuna ini banyak ditemukan di daerah perairan tropis samudra Altlantik, Samudra Hindia dan Pasifik. Jenis ini suka berenang di permukaan saat malam hari dan menyelam hingga kedalaman 850 kaki di siang hari. Cakalang juga merupakan jenis tuna yang sering dijadikan bahan tuna kaleng.

2. Tuna Sirip Kuning

fisheries.noaa.gov

Sirip kuning sering disebut juga ikan madidihang dengan nama ilmiah Thunnus albacares. Spesies ini perairan pelagik Samudra pasifik, Hindia, dan Atlantik daerah tropis hingga subtropis. Seperti namanya tuna ini memiliki sirip berwarna kuning.

Sirip bagian punggung dan duburnya panjang dengan warna kuning yang cerah. Warna pada bagian punggung adalah biru metalik sedangkan bagian perutnya berwarna perak. Bentuk ikan ini seperti torpedo mencapai panjang sekitar 7 kaki dengan berat hingga 230 kg.

3. Ikan Tuna Albakora

eastcoastexportgroup.com

Salah satu jenis tuna berukuran kecil, yaitu sekitar 4 kaki dengan berat hanya 36 kg. ukuran mereka berada di tengah-tengah antara spesies cakalang dan sirip kuning. Memiliki nama ilmiah Thunnus alalunga.

Tersebar di perairan Laut Mediterania terutama daerah Galapagos, pantai Afrika Timur, dan segitiga karang yang meliputi perairan Indonesia, Filipina, Hingga kepulauan Solomon. Tubuh mereka seperti peluru dengan punggung berwarna biru gelap. Sirip bagian dada sangat panjang dan umur mereka bisa samoai 12 tahun.

4. Tuna Mata Besar

bdoutdoors.com

Spesies ini umumnya memiliki tubuh yang lebih kecil dari sirip biru, tapi lebih besar dari jenis sirip kuning. Tubuhnya panjang sekaligus ramping dengan punggung berwarna biru tua metalik dan putih pada bagian bawahnya.

Bisa hidup hingga 10 sampai 12 tahun lamanya di alam bebas. Si mata besar bisa ditemukan di daerah tropis hingga subtroppis perairan Atlantik, samudra Hindia, dan Pasifik.
Thunnus abesus adalah nama ilmiah dari tuna mata besar. Panjang mereka sekitar 6 kaki dengan berat hingga 200 kg.

5. Ikan Bonito

onthewater.com

Bonito atau yang nama ilmiahnya Sarda sarda adalah salah satu jenis ikan tuna kecil dalam keluarga tuna. Mereka mirip dengan ikan cakalang dengan daging berwarna gelap pada bonito dewasa dan ternag pada bonito muda. Kandungan lemaknya sedang dan sering digunakan dalam menu katsuobushi.

6. Tuna Sirip Biru

alamikan.com

Termasuk tuna yang berukuran sangat besar dengan berat bisa mencapai 750 kg dan panjang 6 – 10 kaki. Mereka dapat hidup hingga 40 tahun lamanya di alam bebas. Tuna sirip biru mampu menyelam hingga kedalaman 4000 kaki dan berenang dengan cepat.

Jenis ini termasuk ikan predator yang memangsa ikan lainnya, seperti ikan herring, makarel, hingga belut. Penglihatan mereka sangat tajam menjadikan mereka pemburu yang handal.

7. Ikan Tuna Tongol

fishesofaustralia.net.au

Dalam keluarga tuna mereka termasuk spesies yang berukuran kecil. Sering juga dijadikan bahan tuna kaleng karena kandungan merkurinya yang rendah.
Itulah beberapa spesies dari jenis keluarga tuna yang ada di seluruh samudra. Ikan tuna mana yang pernah kalian makan?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.