5 Jenis Jambu Air yang Berukuran Lebih Besar Dibanding yang Lainnya

Berbagai jenis jambu air menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi sehingga memberikan kesegaran saat memakannya.

Jambu air termasuk ke dalam buah tropis dan banyak tumbuh di daerah Asia tenggara, khusunya di Indonesia dan Malaysia. Di setiap negara jambu air memiliki nama yang berbeda. Di Malaysia disebut ayer mawar sedangkan di Thailand disebut chompu pa.

Tanaman jambu air memiliki warna buah yang beragam antara lain berwarna merah terang, merah gelap, merah muda, hijau, hijau kekuningan sampai berwarna putih.

Beberapa Jenis Jambu Air dengan Ukuran Buah yang Besar

fimela.com

Di Indonesia terdapat beberapa jenis jambu air yang populer. Setiap jenisnya memiliki perbedaan dari segi rasa, bentuk dan ukuran. Jenis buah jambu air yang paling digemari adalah jambu air yang memiliki rasa manis dengan daging buah tebal dan ukuran yang besar.

Dengan memakan buah jambu air secara langsung maka kamu bisa benar-benar merasakan kesegaran buah tersebut. Tapi kamu juga bisa memakan buah jambu air bersama bumbu rujak yang akan menambah kenikmatan rasa dari jambu air.

1. Jambu Air King Rose

steemit.com

King rose adalah salah satu jambu air unggulan Indonesia. Jambu air ini termasuk jenis jambu air unggulan dikarenakan memiliki ukuran buah yang besar, daging buah yang tebal, rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi.

Ukuran buah jambu air king rose dapat dikatakan jumbo dibandingkan dengan ukuran buah jambu air lainnya. Berat buah jambu air king rose dapat mencapai 200-350 gram per buahnya. Warna dari buah jambu air ini adalah merah legam menyerupai warna bunga mawar. Terkadang buah jambu ini tidak mempunyai biji.

2. Jambu Air Bajang Leang

8villages.com

Jambu air bajang leang berasal dari Taiwan. Buah jambu air ini berukuran super besar bahkan lebih besar dibanding buah jambu air king rose.

Ciri khas dari buah jambu air ini adalah memiliki warna merah pada bagian bawah buah dan warna hijau pada bagian atas buah. Selain itu ambu air bajang leang juga memiliki kandungan air yang tinggi.

3. Jambu Air Citra

kebunbibitbuah.com

Citra menjadi salah satu jambu air yang banyak digemari para penikmat buah ini. Memiliki rasa buah yang sangat manis. Ukuran buah dari jambu air citra hampir sama dengan ukuran buah jambu air king rose. Buah jambu air citra memiliki bentuk menyerupai lonceng dan tidak berlekuk. Terdapat 1-12 buah jambu air citra pada setiap tandannya.

4. Jambu Air Madu

higaragro.com

Jambu air madu merupakan jenis jambu asli dari Indonesia yang memiliki rasa manis seperti madu. Terbagi menjadi tiga jenis yaitu jambu air madu super green, jambu air madu kesuma merah, dan jambu air madu deli hijau.

Jambu air madu yang memiliki ukuran buah yang besar adalah buah jambu super green. Berat buah jambu air madu super green sekitar 250 gram per buahnya. Saat sudah matang warna buah jambu madu super green adalah hijau kekuningan.

5. Jambu Bol Jamaika

higaragro.com

Jambu bol jamaika memiliki ukuran buah sebesar genggaman tangan orang dewasa. Jambu air ini juga menjadi salah satu jenis jambu air unggulan.

Buah jambu bol jamaika memiliki daging buah yang tebal dengan rasa yang manis. Kandungan air dari buah jambu air jenis bol jamaika ini juga tinggi, sehingga bisa menghilangkan rasa haus yang kamu rasakan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.