6 Jenis Jambu Biji dengan Rasa Manis dan Menyegarkan

Di Indonesia, buah jambu merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemui di pasaran. Tanaman buah jambu juga banyak ditanam di halaman rumah. Buah jenis jambu menjadi pilihan buah yang dapat dimakan langsung dan dapat diolah juga menjadi rujak.

Buah jambu terbagi menjadi dua macam yaitu jambu air dan jambu biji. Jambu biji merupakan jambu dengan kandungan biji banyak di dalam daging buahnya.

Yang perlu kalian tahu, ternyata jambu biji merupakan buah dengan kandungan antioksidan tertinggi diantara buah lainnya. Dalam satu buah jambu biji dapat mengandung 377 mg vitamin C.

Jenis Jambu Biji dengan Rasa Manis

Jambu biji merupakan jenis jambu yang memiliki daging buah yang renyah dan menyegarkan. Ternyata jambu biji terbagi lagi menjadi beberapa macam macam. Setiap macamnya memiliki karakteristik dan rasa buah yang berbeda.

1. Jambu Biji Bangkok

bukalapak.com

Kalau kamu pernah melihat jambu biji dengan ukuran yang jumbo itu adalah buah jambu biji Bangkok. Berat buahnya bisa mencapai 500-1200 gram per buah.

Keunggulan dari jambu biji ini adalah memiliki rasa buah yang paling manis dibandingkan jambu biji lainnya. Hanya saja daging buahnya memiliki tekstur yang agak keras karena kandungan airnya yang relatif sedikit.

2. Jambu Biji Australia

bukalapak.com

Sama seperti namanya, jambu ini berasal dari Australia. Berbeda dengan jenis jambu biji yang lain, jambu biji Australia memiliki kulit buah berwarna merah keunguan. Sebelum matang jambu biji ini akan terasa tawar. Tapi jika sudah matang rasa yang semula tawar berubah menjadi sangat legit tak kalah dibandingkan dengan manisnya jambu biji bangkok.

3. Jambu Biji Pasar Minggu

joshdsigns.me

Bentuk buah menyerupai alpukat dengan kulit buah yang tipis dan berwarna hijau merupakan ciri dari buah jambu biji pasar minggu. Jambu biji pasar minggu terbagi menajdi dua jenis, yaitu jambu biji pasar minggu berwarna merah dan jambu biji pasar minggu berwarna putih.

Dari kedua jenis tersebut, jambu biji berwarna putih lebih unggul. Jenis yang berdaging buah putih memiliki rasa buah yang manis dengan daging buah agak tebal. Sedangkan yang berdaging merah memiliki rasa buah yang kurang manis dan daging buahnya tipis.

4. Jambu Biji Getas Merah

eporifrutas.pt

Bagi kamu yang menyukai jus jambu. Jambu biji getas merah adalah jenis jambu yang biasa dipakai untuk pembuatan jus. Daging buah jambu ini berwarna merah muda sangat terlihat sangat menyegarkan.

Jambu biji ini merupakan hasil persilangan antara jambu biji Bangkok dan jambu biji pasar minggu berwarna merah. Jambu biji getas merah memiliki rasa buah yang manis dan beraroma harum yang khas.

5. Jambu Biji Sukun

faunadanflora.com

Satu-satunya jambu biji yang hampir tidak memiliki biji sama sekali. Bentuk buah jambu biji sukun mirip dengan jambu biji kristal. Jambu sukun yang dibudidayakan di Indonesia rata-rata memiliki berat 300 gram per buah.

Sama seperti jambu biji pasar minggu. Jambu biji sukun juga terbagi menjadi dua jenis yaitu yang berdaging buah berwarna putih dan berdaging buah berwarna merah.

Jambu biji sukun yang berdaging buah berwarna putih memiliki rasa yang manis agak asam dengan tekstur buah yang renyah. Sedangkan jambu biji sukun yang berdaging buah berwarna merah memiliki rasa manis, enak, dan segar dengan tekstur daging buah yang lebih empuk.

6. Jambu Biji Kristal

8villages.com

Jambu biji kristal menjadi salah satu jenis jambu biji yang paling digemari di masyarakat. Memiliki bentuk buah yang bulat dengan daging buah berwarna putih. Jambu biji kristal merupakan jambu yang memiliki jumlah biji sedikit.

Sering juga disebut sebagai jambu apel. Dikarenakan tekstur daging buahnya yang renyah mirip seperti tekstur buah apel. Jambu biji kristal memiliki rasa buah yang manis.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.