13 Jenis Jenis Kucing Dari Keluarga Felidae Yang Perlu Cat Lovers Ketahui

Kucing dalam klasifikasi ilmiah animalia kingdom merupakan sebuah tingkatan famili (keluarga) yang nama ilmiahnya disebut Felidae. Dilihat dari ukurannya keluarga Felidae (kucing) terbagi menjadi dua, yaitu kucing besar dan kucing kecil.

Kebanyakan kucing besar merupakan kucing yang hidup dialam lliar, sedangkan kucing dengan ukuran kecil banyak dijadikan hewan peliharaan (pets). Meskipun ada beberapa jenis kucing besar yang juga dijadikan hewan peliharaan oleh beberapa orang.

Jenis Jenis Kucing

Secara keseluruhan terdapat 13 jenis kucing baik yang berukuran besar maupun kecil. Mereka ada yang hidup di alam liar adapula yang dikategorikan sebagai kucing peliharaan. 13 jenis kucing tersebut diantaranya:

1. Felis

zoochat.com

Mendengar kata Felis beberapa diantara kalian mungkin akan teringat dengan tokoh kartun Felix The Cat. Si meong hitam kecil yang mempunyai banyak teman termasuk tikus, tapi kucing jenis Felis tidak hanya kucing kecil hitam lho. Setidaknya ada 6 spesies  yang termasuk kedalam jenis ini, yakni kucing gunung Cina, kucing domestik, kucing hutan, kucing padang pasir, kucing kaki hitam, dan kucing liar.

2. Otocolobus

youtube.com

Jenis otocolobus hanya mempunyai satu macam spesies, yakni kucing palas. Kucing palas sering juga disebut dengan manul cat. Termasuk dalam anggota kucing liar yang hidup di alam bebas. Umumnya memiliki panjang kurang lebih 57 cm dan berat sekitar 3 kg saat dewasa. Kucing yang terancam punah ini tersebar di daerah Asia Tengah tepatnya di dataran tinggi Tibet, Mongolia, dan Cina.

3. Prionailurus

worldatlas.com

Ada 5 spesies kucing yang termasuk dalam jenis prionailurus, yakni leopard, iriomote, kucing kepala datar (hidungnya tidak mancung tidak juga pesek), kucing totol, kucing bakau atau kucing pelikan. Kucing-kucing prionailurus biasanya tinggal di hutan, mereka bisa berenang bahkan bisa memburu ikan di air.

4. Acinonyx

wildlifeact.com

Cheetah merupakan satu-satunya spesies yang termasuk dalam jenis kucing Acionyx. Cheetah merupakan satu-satunya spesies dalam jenis acionyx karena belum punah. Kucing cheetah merupakan spesies binatang darat yang tercepat. Mereka bisa berlari dengan kecepatan 110 km/jam hingga jarak 460 meter tanpa henti.

5. Puma

jenis jenis kucing
wildcatsanctuary.com

Dijadikan brand alas kaki nyatanya puma cat tidak hanya satu macam spesies, tapi 7 spesies. Ada kucing cougar, jaguarundi, lynx, lynx Kanada, lynx Eurasia, lynx Iberian, dan bobcat.

6. Leopardus

fineartamerica.com

Leopardus adalah jenis kucing yang berasal dari dataran Amerika Selatan dan tengah. Seperti yang banyak diketahui bahwa leopard memiliki ciri khas motif tutul kecil. Spesies yang termasuk jenis ini, diantaranya kucing pantanal, colocolo kucing geoffroy, kodkod, kucing gunung Andean, kucing pampas, ocelot, oncila, dan margay.

7. Leptailurus

fineartamerica.com

Hanya ada satu spesies yang termasuk dalam jenis ini, yakni kucing serval. Serval merupakan kucing berukuran sedang dengan berat sekitar 12 kg dan panjang kurang lebih 83 cm saat dewasa. mereka kebanyakan hidup di alam liar daerah Afrika.

8. Caracal

bigcatrescue.org

Carakal atau karakal merupakan medium cat atau  berukuran sedang yang penyebarannya di daerah Asia Barat, Asia Selatan, dan Afrika. Memiliki ciri khas telinga yang tinggi dengan warna hitam dibagian ujung bulunya.

9. Profelis

observationdeck.kinja.com

Kucing berbulu emas Afrika merupakan spesies yang tergabung dalam jenis kucing profelis. Populasinya sangat sedikit dan benar-benar hampir punah hingga sangat sulit dijumpai.

10. Catopuma

flickr.com

Genus catopuma memiliki dua spesies yang tergabung didalamnya, yaitu kucing teluk dan kucing emas Asia. Jenis ini termasuk medium cat atau ukuran sedang yang tersebar di Asia Tenggara dan dilindungi.

11. Pardofelis

pinterest.com

Siapa yang suka kucing bermotif marbel? Tahukah kalian bahwa kucing motif marbel sebenarnya adalah kucing yang hidup di alam liar. Penyebarannya di daerah Asia Selatan dan Tenggara. Genus ini sangat dekat genetiknya dengan kucing emas dan kucing merah.

12. Neofelis

pixels.com

Spesies macan tutul atau leopard juga merupakan jenis Neofelis. Ada dua spesies leopard yang termasuk dalam jenis ini, yakni clouded dan bornean clouded. Big cat ini memiliki tutul besar seperti awan. Banyak tersebar di daerah Kalimantan, Indonesia.

13. Panthera

pinterest.com

Genus Panthera atau kucing panter tidak hanya berwarna hitam lho. Genus ini memiliki setidaknya 6 spesies kucing besar, diantaranya singa, jaguar, leopard, macan, dan leopard salju.

Itulah 13 jenis kucing yang perlu kalian tahu. Apalagi bagi kalian cat lovers wajib banget tahu karakteristik jenis kucing. Agar bisa melestarikan kucing-kucing yang hampir punah diatas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.