7 Jenis Jeruk yang Ketersediaannya Banyak dan Melimpah di Indonesia

Jeruk termasuk ke dalam jenis buah yang keberadaanya mudah dicari. Kita akan menjumpainya dengan mudah saat berkunjung ke toko buah ataupun di pasar-pasar tradisional.

Jika berbicara tentang jeruk jangan hanya membayangkan jeruk berwarna kuning-orange dengan rasa manis yang sering kamu jadikan kudapan. Jenis jeruk lainnya masih bervariasi dan tidak semua jeruk dapat dijadikan sebagai kudapan.

Jenis Jeruk yang Banyak di Indonesia

Jeruk memang diidentikkan dengan sesuatu berwarna orange dengan rasa manis. Namun tahukah kamu jeruk terdiri dari berbagai jenis rasa, bentuk, ukuran, dan warna yang berbeda-beda. Sudah sebanyak apa jenis jeruk yang kamu ketahui? Yuk kenali lebih dalam lagi.

1. Jeruk Nipis

klikdokter.com

Jeruk dengan bentuk bulat lonjong agak runcing di bagian pucuk ini berwarna hijau atau hijau kekuningan. Dalam penggunaannya, jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang tak bisa dikonsusmsi secara langung karena rasanya asam.

Biasanya jeruk ini digunakan sebagai minuman maupun sebagai obat untuk diet. Sebagian orang percaya khasiat dari jeruk nipis peras dapat memperkecil lingkaran perut. Beberapa orang ada juga yang menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam masakannya.

2. Jeruk Bali

mommyasia.id

Belakangan ini banyak peneliti yang melakukan riset tentang khasiat kulit jeruk bali sebagai anti diabetes. Jeruk bali merupakan jenis jeruk yang bisa dikonsumsi secara langsung.

Kombinasi rasa manis dan sedikit pahit memberikan sensasi kesegaran tersendiri di mulut. Jeruk ini juga sering dijadikan campuran dalam beberapa minuman ataupun makanan.

3. Jeruk Purut

gaya.tempo.co

Bentuknya yang unik membuat kita mudah mengenali jenis jeruk yang satu ini. Hampir sama dengan jeruk nipis, namun jeruk purut memiliki kulit yang keriput.

Keunggulan utama dari jeruk ini adalah aroma wanginya yang khas dan menyegarkan. Masakan yang ditambahkan tetesan perasan jeruk ini akan lebih terasa umami dan yummy. Selain itu, daun dari jeruk ini juga sering digunakan sebagai penyedap dan penguat aroma masakan.

4. Jeruk Pontianak

pegipegi.com

Banyak dibudidayakan di Pontianak karenanya jeruk ini dinamai jeruk Pontianak. Jeruk dengan kulit tipis berwarna hijau ini merupakan salah satu jenis jeruk yang dapat langsung dimakan, karena rasanya yang manis.

Permukaan kulitnya yang tipis membuat jeruk ini mudah dikupas dan dimakan secara langsung. Kandungan airnya yang tinggi disukai banyak orang untuk pelepas dahaga.

5. Jeruk Lemon

klikdokter.com

Sudah pada tahu dong ya seperti apa bentuk dari jeruk lemon ini. Berbetuk oval dan berwarna kuning, jeruk ini memiliki daging buah yang sedikit namun kandungan airnya tinggi.

Air perasan jeruk lemon sering digunakan sebagai campuran minuman segar dan potongan tipisnya dijadikan sebagai jelly dan berbagai jenis minuman. Kulit dari jeruk lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat selai.

6. Jeruk Mandarin

food.detik.com

Nah ini dia jeruk yang sering kamu jumpai dan kamu konsumsi sehari-hari. Bentuknya yang kecil-kecil dan mungil menjadikan jeruk ini favorit banyak orang.

Selain mudah dikupas, keunggulan lain dari jeruk ini tidak ada bijinya. Saking kecilnya, biasanya orang dewasa dapat memakan jeruk ini hanya satu kali sup per satu buah.

7. Jeruk Limau

stoqo.com

Satu lagi jenis jeruk dengan aroma khas sebagai penyedap masakan yaitu jeruk limau. Ukuran jeruk ini lebih kecil dibandingkan jeruk purut. Meskipun ukurannya kecil namun kandungan airnya sangat banyak.

Jeruk ini biasa kita jumpai di beberapa sambal tradisional seperti sambal terasi dan sambal bawang. Dengan menambahkan perasan jeruk limau akan membuat sambal lebih terasa segar.

Dari ketujuh jeruk di atas kamu paling sering mengkonsumsi jeruk yang mana nih? Bagi yang hobi memasak tentu paling sering memakai jeruk purut atau jeruk limau dong yaa..!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*