5 Jenis Kelapa Serta Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Kelapa merupakan tanaman pesisir yang memiliki nama latin Cocos nucifera. Tanaman kelapa terkenal sebagai tanaman yang serbaguna. Hampir semua bagian dari jenis kelapa dapat dimanfaatkan.

Karena tanaman ini sangat banyak manfaatnya, maka sudah banyak jenis dari tanaman kelapa yang sudah ditanam dan dikembangkan di Indonesia. Setiap jenis tanaman kelapa tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda-beda.

Jenis-Jenis Kelapa yang berkhasiat Untuk Kesehatan

healthline.com

Bagian dari tanaman kelapa yang dapat dimanfaatkan bagi kesehatan tubuh adalah bagian buah kelapa. Bagian buah kelapa yang biasa dimanfaatkan adalah daging buah kelapa dan air kelapa.

Daging buah kelapa yang masih muda biasa dijadikan sebagai minuman yang dikenal dengan sebutan es kelapa atau es degan. Sedangkan air kelapa yang mengandung banyak enzim diketahui memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

1. Kelapa Wulung

benuamesin.com

Jika diamati kelapa wulung memiliki buah kelapa berwarna hijau sama seperti buah kelapa pada umumnya. Yang membuat kelapa ini berbeda dan unik adalah setelah dikupas bagian dalam buah kelapa ini memiliki warna merah muda keunguan.

Kelapa wulung memiliki rasa air agak sedikit pahit, namun nutrisinya lebih baik dibandingkan air kelapa jenis lainnya. Air kelapa wulung mengandung fruktosa, sukrosa, mineral, sakarosa, glukosa, asam amino, tanin, riboflavin, sistin, arginin, alanin, biotin, alin dan pantotenat.

Dengan kandungan nutrisi yang seperti itu, air kelapa wulung diketahui mampu mengembalikan ion tubuh, mengobati masalah keracunan, mengatasi masalah kulit dan menyeimbangakn kadar pH.

2. Kelapa Hijau

alibaba.com

Kelapa hijau merupakan jenis yang paling dikenal dan banyak diperjualbelikan. Seperti namanya, kulit buah dari kelapa jenis ini berwarna hijau. Di kalangan masyarakat, kelapa hijau dikenal sebagai tanaman kelapa obat.

Kelapa hijau menjadi salah satu jenis kelapa yang paling digemari karena manfaatnya bagi kesehatan. Air kelapa hijau dapat berfungsi sebagai detoks (penawar racun) sehingga saat baik jika digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Kelapa Merah

indiamart.com

Kelapa yang satu ini memiliki kulit buah berwarna coklat kemerahan. Ukuran buah kelapa merah cukup besar dan berbentuk bulat serta mengandung minyak yang cukup tinggi.

Air kelapa merah ini banyak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Air kelapa merah diketahui mengandung klorida, potasium, dan kalsium. Sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil.

Selain untuk kehamilan, air kelapa merah juga dapat bermanfaat sebagai penawar racun dan kandungan vitamin. Mineral dan antioksidannya mampu membantu tubuh untuk melawan penyakit.

4. Kelapa Genjah Entok

benuamesin.com

Sekali berbuah tanaman kelapa gajah entok dan berbuah banyak sekali. Buah kelapa genjah entok memiliki daging buah yang tebal. Buah kelapa genjah entok ada yang berwarna kuning gading dan ada yang berwarna hijau.

Air kelapa genjah entok memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. Air kelapa genjah entok mampu mengobati penyakit pencernaan seperti diare, meredakan nyeri haid, menurunkan panas atau demam, serta dapat mengobati luka bakar.

Selain air kelapanya, minyak dari kelapa genjah entok juga memiliki macam khasiat bagi tubuh. Minyak kelapa dari kelapa genjah entok dipercaya dapat menghilangkan ketombe, menyamarkan kerutan di wajah, dan menghaluskan kulit.

5. Kelapa Kopyor

rancupidfarm.com

Kelapa kopyor terkenal karena memiliki daging buah yang lembut dan rasa yang manis. Jenis kelapa ini biasanya dijadikan bahan untuk pembuatan minuman.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa jenis kelapa kopyor merupakan kelapa biasa yang mengalami kelainan genetika. Sehingga daging buah yang dihasilkan lunak, lembut, dan tidak sekeras daging buah kelapa pada umumnya.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan dahaga, air kelapa kopyor juga dapat meredakan gatal-gatal, mengembalikan stamina, dan memulihkan penderita penyakit demam berdarah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.