5 Jenis Kerang yang Dapat Dikonsumsi Sebagai Lauk Maupun Kudapan

Posted on

Indonesia negeri kita tercinta ini bukan hanya kaya akan hasil hutan dan perkebunannya, tapi juga dari hasil perairannya. Ada banyak sekali aneka hasil perairan di negeri ini, ada ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, dan salah satu yang menjadi favorit masyarakat adalah berbagai jenis kerang.

Jenis-Jenis Kerang yang Lezat Dikonsumsi

Hewan betubuh lunak dan bercangkang ini ada banyak sekali macamnya dan tersebar di seluruh wilayah perairan dari Sabang sampai Merauke. Tapi, hati-hati tidak semua jenis kerang dapat dikonsumsi. Ini kami berikan rekomendasi lima jenis kerang yang lezat untuk di konsumsi:

1. Kerang Hijau (Perna viridis)

fimela.com

Seperti namannya, kerang hijau memiliki sepasang cangkang yang berwarna hijau kebiru-biruan. Kerang jenis ini memiliki kaki kapak (Pelecypoda) dan benang byssus yang digunakan sebagai alat geraknya, sehingga membuat kerang hijau dapat berpindah-pindah tempat.

Kerang hijau yang memiliki istilah “green mussels” ini dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Biasanya mereka hidup bergerombol dan menempel pada benda benda keras seperti batu karang, kayu, dan lain lain di daerah perairan pesisir, wilayah mangrove, dan di sekitar muara sungai.

2. Kerang Simping (Amusium pleuronectes)

food.detik.com

Kerang simping merupakan salah satu kerang yang sangat digemari oleh pecinta seafood. Selain dagingnya yang bertekstur kenyal dan rasanya yang gurih dan lezat, kerang simping juga bergizi tinggi. Kandungan asam lemak omega-3, vitamin B12, dan seng pada daging kerang simping bermanfaat sekali untuk kinerja otak.

Selain dimanfaatkan dagingnya, kerang simping juga dimanfaatkan cangkangnya. Bentuk cangkang yang hampir bulat dengan warnanya yang terang membuat cangkang ini menjadi komoditas yang menarik bagi masyarakat untuk dibuat kerajinan tangan yang indah.

3. Kerang Bambu (Solen lamarckii)

njajan.com

Kerang bamboo, sesuai namanya bentuk kerang ini seperti bambu, dengan bentuknya yang khas pipih memanjang. Biasanya senang bersembunyi di dalam pasir pantai, dan akan muncul kepermukaan saat air laut mulai surut.

Kerang bambu atau yang biasa disebut oleh masyarakat sebagai lorjuk ini hanya terdapat di beberapa daerah di Indonesia, diantaranya Jambi, Madura, Kalimantan Timur, Riau, dan Bengkulu. Jika kalian berkunjung ke daerah-daerah tersebut, kami sarankan untuk mencoba lorjuk, karena punya rasa gurih yang khas.

4. Kerang Darah (Anadara granosa)

travel.tribunnews.com

Anadara granosa memiliki nama umum kerang darah, disebut begitu karena kerang ini memiliki warna daging yang merah menyala seperti warna darah. Hal itu disebabkan oleh kandungan hemoglobin (protein sel darah merah) pada kerang darah.

Hal unik lainya dari kerang ini adalah bentuk cangkangnya yang pergelombang, sangat bagus digunakan sebagai hiasan dalam kerajinan.

5. Kerang Tiram (Oyster)

resepkoki.id

Orang-orang banyak yang bilang, kalau tiram merupakan kerang dengan level harga yang tinggi. Hal itu salah satunya karena agak sulit mendapatkanya.

Biasanya tiram disajikan dalam kondisi mentah bersama perasan jeruk lemon, atau dipanggang dan diolah bersama aneka bumbu. Tapi, saran dari kami sebaiknya konsumsi hasil olahan yang sudah dimasak saja dibandingkan konsumsi mentah. Untuk menghindari adanya kontaminasi bakteri pada tiram.

Bagaimana, menarik bukan? Ada banyak jenis kerang yang bisa kamu santap. Tentunya masih banyak lagi jenis kerang yang bisa dicoba dan diolah menjadi kudapan yang lezat.

Biasanya, beberapa restoran seafood punya menu kerang andalan untuk disajikan kepada pelanggannya. Ada menu olahan mulai dari kerang rebus, kerang saus asam manis, kerang saus tiram, kerang saus padang, hingga sate kerang, dan lain lain yang tentunya semua lezat sekali. Kamu siap mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.