Jenis Kucing Anggora, Kepribadian, Fisik, Dan Cara Perawatan

Kucing Anggora merupakan ras kucing yang berasal dari Ankara, Turki. Termasuk ras kucing domestik alami tertua. Kucing jenis ini lebih dikenal luas dengan nama Anggora Turki atau Turkish Angora karena memang berasal dari Turki.

Anggora termasuk ras yang populer dikalangan pecinta kucing Indonesia. Mereka juga termasuk ras favorit yang paling pertama masuk dan dibudidayakan di Indonesia. Kucing angora sama populernya dengan kucing persia sebagai hewan peliharaan.

Masuk ke Indonesia dengan waktu yang mungkin hampir bersamaan dan minimnya informasi mengenai kucing ras kala itu menjadikan kesalahpahaman antara kucing anggora dengan persia. Padahal ciri fisik mereka cukup berbeda lho.

Jenis Kucing Anggora

kucingpedia.com

Supaya tidak keliru lagi ada baiknya bagi kalian yang ingin memelihara jenis kucing Anggora untuk membaca informasi berikut ini:

Karakteristik Fisik

Ciri khas yang dimiliki oleh kucing Anggora adalah bulu mereka yang panjang. Ukuran tubuh mereka sedang dan berotot namun tetap elegan. Kepelanya berbentuk segitiga dengan hidung yang mancung serta telinganya yang cukup tinggi. Penampakan mereka mengingatkan kita pada hieroglif versi berbulu. Berat Anggora ukuran dewasa normalnya sekitar 3-5 kilogram.

Kepribadian

Meskipun terlihat elegan dan cantik nyatanya kucing anggora bukanlah kucing manja dan pemalas. Mereka memiliki kecerdasan yang tinggi diantara ras kucing domestik lainnya. Suka sekali diajak bermain dan mempunyai banyak akan untuk meloloskan diri bahkan mengambil makanan mereka. Gampang akrab dengan manusia. Mereka bisa mengenali satu keluarga tuannya dan bermain tanpa canggung.

Kemampuan beradaptasi mereka sangat baik. Mereka bahkan bisa hidup rukun dengan peliharan lainnya, seperti anjing. Tidak agresif terhadap orang asing bahkan bisa langsung akrab. Ini menjadi sebuah kelebihan sekaligus kekurangan.

Kelebihannya jika ada teman yang main kerumah kucing anggora tidak akan menyerang mereka, tapi kekurangannya bila mereka main di luar rumah bisa saja dicuri orang. Seperti halnya anjing, kucing anggora juga mempunyai alpha.

Mereka senang diajak bermain dan akan terus mengikuti kalian sambil mengeong ketika bosan. Sangat aktif sehingga mungkin bisa “bermain” dengan barang kesayangan kalian.

Standar Ras Anggora

Standar rambut atau bulu anggora untuk dilombakan adalah yang berwarna solid. Panjang bulu mereka beragam. Dikategorikan sebagai jenis longhair bila terdapat surai di bagian leher mereka. Badan jantan harus lebih besar dai betinanya. Tubuh bagian depan sedikit lebih pendek dari bagian belakang. Bulunya harus halus dengan ekor yang panjang.

Matanya berbentuk almond dengan warna hijau, biru, emas, atau bahkan berbeda antara kedua bola mata. Kakinya harus kecil dan bulat dengan telinga yang lebar dan tinggi ke atas. Kepalanya harus berbentuk segitiga dengan dahi lebar dan dagu lancip.

Perawatan

Jika kalian ingin memelihara kucing anggora ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya kebersihan dan kesehatan. Anggora harus dimandikan secara rutin paling tidak seminggu sekali. Kandang mereka juga harus bersih dan pasirnya rutin diganti. Harus rajin disisir karena bulu mereka yang panjang dan halus.

Mereka pandai berenang dan tidak gampang terkena penyakit, meskipun begitu mereka tetap perlu di vaksin dan diberi vitamin. Anggora Turki bisa hidup hingga 15 sampai 20 tahun.

Sejarah Anggora Turki

Termasuk kucing ras domestik tertua. Dibudidayakan dan diperkenalkan di Eropa di abad 17 dan pada abad 18 mereka menjadi binatang peliharaan favorit kerajaan Perancis. Sempat hampir punah diawal abad ke 20, tapi diselamatkan oleh kebun binatang Ankara.

Itulah sedikit informasi mengenai kucing ras Anggora Turki. Semoga informasi diatas berguna bagi kalian yang ingin atau sudah memelihara kucing angora.

One Response

  1. Avatar Tarniwijaya

Leave a Reply