Jenis Kucing Maine Coon Kepribadian, Karakteristik, Dan Perawatan

Kucing maine coon merupakan kucing raksasa diantara para spesies kucing rumahan atau peliharaan. Asal kucing ini adalah dari Inggris dan terkenal sebagai pemburu tikus yang handal serta kucing peternakan mereka sangat akrab dengan para domba.

Maine coon adalah ras alami bukan hasil rekayasa manusia. Tubuh dan warna bulunya membuat para pengamat kucing mengira spesies ini hasil rekayasa antara kucing liar dengan rakun.

Para tokoh terkenal dari abad ke 19 membawa ras ini ke daratan Amerika, yaitu negara bagian Maine. Mereka bisa hidup hingga 9 sampai 15 tahun lamanya. Spesies ini adalah yang terbesar diantara kucing domestik.

Berat untuk kucing dewasa berkisar antara 5 kg hingga 9 kg untuk kucing betina dan bisa lebih besar lagi untuk pejantan. Tingginya bisa mencapai 40 cm dengan panjang hingga 1,2 meter bahkan lebih. Kucing maine coon adalah kucing polidaktil atau kelebihan jari. Jari mereka bisa mencapai 6 buah dalam satu kaki.

Jenis Kucing Maine Coon

youtube.com

Agar lebih jelas lagi berikut ini beberapa fakta mengenai kucing ras maine coon:

Kepribadian

Mainecoon yang diunggulkan adalah mereka yang bisa beradaptasi dengan baik dengan berbagai gaya hidup serta kepribadian manusia. Rata-rata kucing ras ini senang bermain dengan manusia dan mengikuti kemanapun tuannya pergi. Sangat suka mencari perhatian dan menyela aktivitas tuan mereka.

Mereka sangat aktif dan suka bermain. Bila tidak ada sesuatu yang dikerjakan atau tuannya tidak mengajak bermain biasanya mereka akan berburu. Tikus rumah adalah buruan utama mereka karena nenek moyang kucing ini terkenal sebagai pemburu tikus.

Tidak seperti kucing pada umumnya sebagian besar maine coon tidak takut air dan bahkan pandai berenang. Itu dikarenakan bulu mereka yang tebal dan lebih tahan air dari kucing biasanya. Meskipun begitu mereka juga takut ketinggian seperti kucing ras lain.

Perawatan

Meskipun bulu kucing maine coon tergolong panjang, tapi teksturnya lembut dan tidak gampang menggimbal asalkan sering-sering disisir atau disikat. Usahakan menyikat minimal dua kali seminggu untuk menghilangkan rambut yang rusak.

Jangan lupa memakai sisir dan sikat khusus untuk binatang peliharaan berbulu. Gunanya agar rambut-rambut rontok yang tersangkut pada bulu bagian bawah bisa terangkat. Rambut rontok yang tidak terangkat bisa mengakibatkan bulu maine coon gimbal.

Perhatikan bulu pada bagian perut dan ekor karena kemungkinan bulu menggimbal ada pada bagian tersebut. Cek juga bagian pantatnya kalau-kalau masih ada sisa kotoran yang tersangkut. Mandikan kucing kalian paling tidak sebulan sekali.

Bersihkan pula bagian gigi dengan menggosok gigi mereka sehari sekali atau paling tidak seminggu sekali. Bersihkan juga telinga maine coon menggunakan kapas yang dibasahi cuka cidar dicampur air hangat.

Info Lain

Ras maine coon kebanyakan berwarna coklat tabby meskipun adapula yang berwarna solid, seperti hitam, merah, atau putih. Bahkan ada juga warna calico pada kucing maine coon yang tidak ada hanyalah corak seperti siam atau himalaya.

Warna mata mereka hijau, emas, tembaga, bahkan dua warna berbeda. Merupakan kucing yang sangat ramah dan bahkan bisa berdekatan dengan bayi. Kucing maine coon akan senang menemani bayi di ayunan mereka dan bahkan tidur bersama.

Sangat cocok menjadi teman anak perempuan karena mereka bahkan bisa diajak bermain rumah-rumahan dan tidak melawan. Selain ramah terhadap manusia mereka juga bersahabat dengan hewan peliharaan lainnya, seperti anjing. Meskipun bisa ramah dengan anjing akan lebih baik bila diperkenalkan sejak masih kitten.

Leave a Reply