3 Jenis Kucing Persia Sesuai Bentuk Hidung Dan Macam Warnanya

Kucing persia merupakan salah satu ras kucing yang menjadi favorit para cat lovers Indonesia. Sama seperti namanya, kucing lucu in berasal dari Persia atau Iran. Mereka memiliki ciri fisik, seperti kepala bulat, muka lucu, pipi gembul, dan badan yang pendek.
Di Indonesia sendiri kucing persia sering disamakan bahkan disalah artikan sebagai jenis kucing Anggora. Padahal kedua jenis kucing tersebut berbeda satu sama lainnya. Kesamaan antara dua jenis kucing tersebut hanya ada pada bulu mereka yang panjang. Secara keseluruhan kedua kucing tersebut bisa dibedakan.

Jenis Kucing Persia

Jenis Persia memiliki karakter yang manis, lembut, dan manja. Mereka termasuk jenis kucing ras yang sudah lama dibudidayakan di banyak negara termasuk Indonesia. Kucing ini bisa hidup hingga 10 bahkan 15 tahun.
Ada 3 kucing jenis Persia dilihat dari bentuk hidung yang banyak dijadikan hewan peliharaan (pet) di Indonesia, diantaranya:

1. Persia Medium

jualo.com

Kucing Persia Medium memiliki ciri fisik hidung yang mancung. Untuk ciri fisik lainnya, seperti panjang bulu, bentuk kepala, serta ukuran badan tetap sama dengan jenis Persia pada umumnya.

2. Persia Flatnose

blograhman.com

Ciri fisik dari Persia flatnose adalah hidungnya yang pesek. Sedikit lebih pesek dari persia medium, tapi lebih mancung dari Persia peaknose. Dengan bentuk hidung mereka yang flat membuat kucing persia jenis ini jadi memiliki wajah yang terkesan pemalas.

3. Persia Peaknose

visitpariaman.com

Diantara jenis Persia kucing Persia peaknose adalah kucing dengan harga yang paling mahal. Hal itu dikarenakan hidungnya yang mancung kedalam alias over pesek. Jenis ini kebanyakan memiliki mata yang bulat.

Meskipun harganya tinggi tetap saja kucing ini banyak diminati karena wajah mereka yang lucu. Kepala dan mata yang bulat serta hidung yang masuk kedalam membuat kucing ini terlihat sangat menggemaskan.

Selain dibagi berdasarkan bentuk hidungnya kucing persia juga dibagi menurut warna bulunya. Ada 7 macam warna bulu kucing persia yang sering dijumpai.

1. Solid

Warna pertama adalah solid dalam artian satu warna tanpa adanya corak dari warna lain. Warna solid biasanya kucing akan memiliki warna bulu, seperti putih, biru, hitam, merah, krem, coklat atau lilac. Mata mereka biasanya berwarna tembaga cerah, tapi ada pula yang memiliki mata biru bahkan berbeda warna antara kedua mata.

2. Silver Dan Emas

Warna ini biasanya dimiliki kucing Persia dengan tubuh yang kecil. Matanya biasanya berwarna hijau atau hijau kebiruan dengan lingkar hitam.

3. Gelap Atau Warna Mendung

Persia dengan bulu warna gelap memiliki warna mata tembaga. Mereka biasanya memiliki perpaduan warna gelap yang cantik.

4. Tabby

Tabby merupakan istilah yang banyak digunakan oleh para pecinta kucing untuk menggambarkan corak. Coraknya bisa belang atau loreng, totol, maupun tak beraturan. Mata mereka biasanya berwarna merah kecoklatan atau hijau.

5. Campuran Warna

Nah, kalau warna yang satu ini biasanya hasil perkawinan dari kucing berbeda warna. Banyaknya warna dalam corak atau bulu si kucing tergantung pada induk mereka. Biasanya mereka akan memiliki warna mata tembaga.

6. Dua Warna

Kucing dengan dua warna sama halnya kucing dengan banyak warna. Kucing yang dikategorikan dua warna juga termasuk warna calico. Mata biasanya berwarna hijau atau merah kecoklatan.

7. Himalayan

Sesuai namanya warna kucing persia himalaya sama seperti kucing siam. Bulu putih dengan corak hitam atau coklat pada bagian muka dan ekor. Mata mereka seringnya berwarna biru.

Merawat kucing ras tidaklah mudah apalagi Persia Long Hair yang harus sering di grooming agar bulunya tetap bagus. Tidak hanya longhair, Persia Short hair juga memiliki perlakuan yang sama.

Leave a Reply