7 Jenis Kuda Baik Liar Mapun Domestik Yang Ada Di Dunia

Jenis kuda dalam kingdom animalia disebut juga Equus dan termasuk dalam keluarga Equidae. Equus adalah golongan hewan mamalia yang terdiri dari berbagai spesies kuda, keledai, dan zebra. Ada 7 macam spesies yang masuk dalam genus Equus.

Kuda dan keledai domestik tersebar diseluruh belahan dunia sedangkan yang liar kebanyakan hidup di Africa dan Asia. Kuda besar jantan disebut dengan stallion, kuda betina dewasa disebut dengan mares, dan anak kuda disebut dengan istilah foals.

Jenis Kuda

Agar lebih jelaas lagi ada baiknya kita bahas macam-macam jenis kuda yang termasuk dalam genus Equus. Berikut ini beberapa fakta mengenai 7 spesies kuda:

1. African Wild Ass

alive.com

Equus africanus adalah nama ilmiah dari spesies keledai liar Afrika. Mereka banyak tersebar di daerah Horn Afrika, Eritrea, Ethiopia, dan Somalia. Keledai ini dipercaya sebagai nenek moyang dari keledai domestik.

Habitat mereka kebanyakan di daerah padang pasir atau tempat kering lainnya. Ada sekitar 570 ekor yang hidup di alam liar termasuk juga di Sudan, Mesir, dan Libya.

Secara fisik mereka memiliki panjang sekitar 2 meter dengan tinggi sekitar 1,25 meter sampai 1,45 meter. Panjang ekor keledai ini mencapaai 30 sampai 50 cm dengan berat keseluruhan mencapai 230 sampai 275 kg.

Warna rambut mereka abu terang keputih-putihan. Bagian kaki hingga ke pangkalnya terdapat belang-belang mirip seperti zebra. Mereka mempunyai rambut cepak dibelakang kepala hingga ke punggung yang mirip dengan sikat.

2. Kuda Liar

animals.mom.me

Kuda liar atau yang dikenal dengan nama ilmiah Equus ferus tersebar di Eurasia. Kuda domestik modern termasuk dalam subspesies kuda ini. Begitupula dengan kuda tarpan dan Przewalski. Nama kuda liar sering diidentikkan dengan mustang dari USdan brumby dari Australia.

Spesies ini merupakan pemakan rumput dan mereka senang hidup di area terbuka, seperti stepa dan padang rumput. Mereka yang hidup di alam terbuka harus berhadapan dengan predator mereka, seperti hyena, serigala, dan cougar.

3. Zebra Grevy

edmonton.ca

Zebra termasuk dalam jenis kuda dengan nama ilmiah Equus grevyi untuk subspesies zebra Grevi. Mereka lebih dikenal dengan sebutan zebra imperial dan banyak tersebar di daerah Kenya dan Ethiopia. Populasi mereka semakin berkurang, ada sekitar 3000 ekor yang hidup di alam liar.

Dibandingkan dengan zebra lainnya zebra Grevi lebih tinggi dan mempunyai telinga yang tinggi dengan belang yang lebih sempit (padat). Habitatnya di daerah padang rumput semi-arid dan bisa bertahan beberapa hari tanpa minum.

Zebra ini termasuk jenis kuda yang paling besar dengan tinggi 1, 45 hingga 1,6 meter. Panjang mereka mencapai 2,5 hingga 2,75 belum termasuk panjang ekor mereka, yaitu sekitar 55 – 75 cm. beratnya bisa mencapai 350 sampai 450 kg.

4. Onager (Wild Ass Asia)

youtube.com

Onager sering disebut dengan hermione yang hidup di Asia. Mereka lebih besar dibanding dengan keledai liar Afrika. Secara perawakannya berat mereka mencapai 290 kg dengan panjang badan mencapai 2,1 meter belum termasuk ekor.

Warna rambut mereka merah kecoklatan atau kuning kecoklatan. Mereka termasuk jenis mamalia tercepat karena bisa berlari hingga 64 km/jam bahkan 70 km/jam.

5. Kiang

gettyimages.com

Equus kiang adalah nama ilmiah dari Kiang yang tersebar di dataran tinggi Tibet. Perlu kalian ketahui, kiang merupakan inspirasi dari legenda unicorn.

6. Zebra Daratan

animal4u.wordpress.com

Equus quagga atau lebih dikenal dengan zebra daratan merupakan zebra yang paling sering kita lihat. Zebra ini sudah menjadi kuda domestik dan banyak dikembang biakkan di beberapa kebun biatang.

7. Zebra Pegunungan

wildcard.co.za

Satu lagi spesies zebra yang termasuk ke dalam jenis kuda, yaitu zebra pegunungan. Mereka banyak tersebar di daerah barat daya Angola, Namibia, dan Afsel. Seperti namanya zebra ini habitatnya di daerah pegunungan.

Itulah tadi beberapa fakta mengenai 7 spesie kuda yang ada di dunia. Keberadaan mereka perlu dilestarikan dan jangan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.