8 Jenis Kurma dengan Latar Belakang “Sejarah” yang Berbeda

idntimes.com

Kurma identik dengan bulan Ramadhan, karena disunnahkan menjadi menu berbuka bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Buah yang berasal dari Arab ini kini sudah banyak dikembangkan dan dibudidayakan di Indonesia, salah satunya di daerah Riau. Namun tahukah kamu ada berapa jenis kurma di dunia?

Di Arab Saudi sendiri terdapat kurang lebih ada 400 jenis kurma. Berbeda jenis kurma tentu saja beda sejarah dan kisahnya, beda khasiatnya, begitu pula berbeda perihal harganya.

Beberapa Jenis Kurma yang Populer

Agar lebih memahami mengenai tanaman kurma, mari kita bahas beberapa jenis kurma yang populer di dunia berikut ini:

1. Kurma Ajwa

bobo.grid.id

Bisa juga disebut dengan kurma nabi, karena memang menjadi kurma favorit Nabi Muhammad SAW semasa beliau hidup. Sebuah riwayat menyebutkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwa di pagi hari, maka ia akan terhindar dari racun maupun sihir selama seharian penuh.

Kurma yang dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ini berwarna hitam gelap, teksturnya lembut, dengan rasa manis dan kadar air yang pas. Diberitakan bahwa kurma ajwa ini menjadi jenis kurma termahal dibanding kurma lainnya.

2. Kurma Amer Hajj

mncupdate.com

Varietas kurma ini banyak tumbuh dan terkenal di Irak. Berwarna coklat tua dengan tesktur sangat lembut dan daging yang tebal. Biasanya kurma ini dijadikan sebagai hidangan untuk menyambut tamu, hingga dikenal dengan sebutan ”the visitor’s date”.

3. Kurma Sukkari

saudinesia.com

Di Indonesia sukkari adalah jenis kurma yang paling banyak dikonsumsi, karena dipercaya dapat menurunkan kolesterol, menecegah kerusakan gigi, dan membantu menghilangkan rasa penat. Jika kurma ajwa dikenal sebagai kurma nabi, maka sukkari dikenal sebagai kurma raja.

Sejarah mencatat bahwa para raja Arab dahulu kala lebih senang menyantap kurma basah ketimbang kurma kering seperti ajwa. Selera masing-masing kalau gitu, kamu suka kurma basah atau kering nih?

4. Kurma Halawy

idntimes.com

Kurma berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya lembut. Sesuai dengan namanya “halawy” yang berarti manis, dapat dimakan langsung setelah dipetik dari pohonnya. Para jamaah haji banyak yang membawa kurma ini pulang dalam keadaan segar, bukan olahan.

Saat muda kurma ini diyakini berkhasiat dalam meningkatkan produksi ASI, melancarkan proses melahirkan, mencegah pendarahan rahim, serta dapat meningkatkan kesuburan bagi wanita.

5. Kurma Medjool

republika.co.id

Medjool adalah jenis kurma yang populer di Amerika, karena memiliki rasa manis yang kuat dan sering dijadikan campuran dalam pembuatan minuman. Dikenal sebagai “Ratu Kurma” karena bentuknya yang besar dan teksturnya mirip bantal.

Beberapa sumber menyebutkan jika kurma ini kaya akan nutrisi. Diantaranya karbohidrat, kalsium, fosfor, kalium, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh.

6. Kurma Anbara

libgar.com

Satu lagi jenis kurma yang berukuran besar yaitu kurma anbara. Menjadi kurma favorit dengan harga yang cukup tinggi. Selain karena rasanya yang manis, kurma ini juga mengandung protein yang tinggi.

7. Kurma Zaghloul

indozone.id

Banyak dibudidayakan di Mesir, kurma ini memiliki warna merah tua dan bentuk panjang lonjong seperti melinjo. Karena kadar gulanya yang cukup tinggi, biasanya kurma zaghloul disajikan dalam bentuk kering, agar tidak lengket saat dimakan.

8. Kurma Ruthob

tokopedia.com

Disebut-sebut sebagai kurma istimewa pemberian Allah SWT kepada kaum hawa di dunia. Karena keistimewaannya inilah, kurma ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi di pasaran.

Berbeda dengan jenis kurma lainnya, kurma ruthob memiliki tekstur yang renyah saat digigit dan rasanya tidak terlalu manis. Bagi yang tidak suka kurma, kurma ruthob dapat menjadi alternatif permulaanmu untuk mencicipi kurma, buah yang penuh khasiat ini.

Dari 8 jenis kurma di atas, kurma apa saja yang sudah pernah kamu coba guys?

nisalutfi
About nisalutfi 308 Articles
masih pemula dalam menulis, mohon bimbingannya!! :)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.