5 Jenis Lengkeng yang Menjadi Buah Primadona di Indonesia

Jenis buah-buahan di Indonesia sangat beragam dengan ukuran, bentuk, dan rasa yang sangat bervariasi. Salah satu buah dengan ukuran yang kecil dan memiliki rasa manis yang banyak penikmatnya adalah berbagai jenis lengkeng.

Buah ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dengan ciri khasnya buah yang menggerombol dengan kulit buahnya berwarna cokelat kekuningan.

Bagian daging buahnya memiliki warna putih mengkilap dan agak bening. Tidak hanya di Indonesia, buah ini juga terkenal di beberapa negara seperti Thailand, Malaysia, Taiwan dan Tiongkok.

Buah lengkeng biasa dikonsumsi secara langsung, namun ada beberapa negara juga yang mengolahnya menjadi buah kaleng atau mengeringkannya untuk dijadikan bahan pembuat minuman penyegar.


Beberapa Jenis Lengkeng yang Ada di Indonesia


Ada beberapa jenis buah lengkeng yang menjadi favorit para pecinta buah di Indonesia dan selalu ditunggu saat musim lengkeng tiba yaitu:

1. Lengkeng Merah

kampustani.com

Lengkeng merah atau dikenal dengan Lengkeng Ruby Longan merupakan salah satu jenis lengkeng yang diunggulkan. Warna buahnya yang merah membuat jenis ini memiliki daya tarik tersendiri.

Keunikan buah ini adalah warna merah tidak hanya ada pada bagian kulit buahnya saja, tapi pada batang, tangkai daun, daun, bunga, dan juga biji buahnya memiliki warna merah yang eksotis.

Selain karena warnanya yang berbeda, buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan gulanya mencapai 21⁰Brix. Disamping itu juga ukuran buahnya besar dengan daging buahnya yang tebal.

2. Lengkeh Matalada

kartani.co.id

Termasuk salah satu jenis lengkeng dataran rendah, lengkeng jenis ini sedang banyak dicari para pecinta tanaman karena tanaman ini cocok dijadikan tanaman buah dalam pot dan cepat berbuah tanpa perlakuan khusus.

Disebut sebagai matalada karena buah lengkeng jenis ini memiliki biji buah dengan ukuran yang sangat kecil hanya sebesar biji lada.

Dengan biji yang sangat kecil membuat daging buah ini menjadi tebal. Selain itu ukuran buah lengkeng matalada tergolong besar dengan diamater 2,5-3cm. Buahnya memiliki rasa yang manis dengan kandunga air yang sedikit.

3. Lengkeng King Long

bukalapak.com

Beberapa tahun terakhir ini varietas terbaru dari buah lengkeng yaitu varietas King Long sedang terus dikembangkan di Indonesia.

Nama King Long memiliki arti Raja Lengkeng, mama tersebut digunakan untuk jenis ini karena banyak keunggulan yang terdapat pada jenis lengkeng yang satu ini.

Keunggulan si “Raja Lengkeng” ini terdapat pada ukuran buahnya yang besar dengan rata-rata diamater 3cm, memiliki daging buah yang tebal dengan 75% bagiannya bisa dikonsumsi, berasa manis dan teksturnya renyah.

Produksi buah dari tanaman ini juga sangat melimpah, satu malainya mampu berbuah banyak. Satu pohonnya diketahui mampu menghasilkan buah sekitar 30 kg setiap periode produksi.

4. Lengkeng Diamond River

kartani.co.id

Diamond River adalah jenis tanaman lengkeng yang berasal dari Negara China dan banyak dibudiayakan di Malaysia, namun sekarang kita dapat dengan mudah menemui tanaman jenis ini di Indonesia.

Lengkeng jenis ini memiliki buah yang berukuran besar dengan warna kullit buahnya coklat kekuningan. Daging buahnya tidak tipis, serta memiliki rasa manis dengan kandungan airnya yang tinggi.

Buah lengkeng ini bisa langsung dikonsumsi sebagai buah segar dan sangat enak dinikmati pada saat udara panas karena rasanya yang menyegarkan.

5. Lengkeng New Kristal

mitrabibit.com

Jenis tanaman Lengkeng New Kristal diketahui dapat berbuah setiap tahunnya tanpa mengenal musim dengan cara pemboosteran yang dapat dilakukan oleh petani. Selain itu tanaman ini juga super produktif dan cepat sekali berbuah.

Tingkat produktivitasnya diukur dari dompolan buah yang sangat banyak pada setiap pohon. Satu dompolan buah dapat menghasilkan 3-4 kg buah lengkeng. Pada saat pohonnya mencapai usia 5-7 tahun produksi buahnya berkisar antara 100-150 kg buah per pohon.

Disamping produkitivitasnya yang tinggi, kualitas buah yang dihasilkan juga baik. Buahnya memiliki ukuran cukup besar dengan diamater 2 cm.

Daging buahnya tebal dan teksturnya renyah walaupun kandungan airnya sedikit. Rasa buahnya yang sangat manis mirip dengan rasa buah leci, sehingga lengkeng ini sering disebut juga sebagai lengkeng leci.

Dari kelima jenis lengkeng di atas, sudah pernah kamu cicipi semua belum?

Keyword: jenis lengkeng

Leave a Reply