10 Jenis Burung Lovebird Keturunan (Peranakan) yang Populer di Indonesia

Lovebird bagi sebagian kalangan bukanlah sesuatu yang popular. Mungkin ada yang mengira bahwa istilah ini bukanlah nama salah satu jenis burung.

Misalnya ada yang beranggapan nama jenis kue, nama boneka ataupun yang tidak ada hubungannya dengan burung. Berbeda kalau istilah ini didengar bagi pecinta burung.

Maka akan serta merta sudah menjadi kosa kata yang berulang kali didengarkan. Jadi, apakah sebenarnya yang disebut dengan lovebird itu?

Di Indonesia lovebird sendiri merupakan salah satu jenis burung yang cukup populer dengan nama Burung Cinta dan disebut labet dalam bahasa Jawa.

Burung Cinta adalah salah satu burung dari Sembilan jenis spesies genus Agapornis.

Genus Agapornis berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “agape” yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia dengan kata “cinta” dan “ornis” yang bermakna “burung”.

Burung ini berukuran kecil, kira-kira berkisar tiga belas (13) hingga tujuh belas (17) cm. beratnya sekitar empat puluh (40) sampai enam puluh (60) gram. Burung ini bersifat sosial.

Adapun delapan dari Sembilan jenis spesies ini berasal dari Afrika. Sedangkan spesies “burung cinta kepala abu-abu” berasal dari Madagaskar.

Mungkin timbul beberapa pertanyaan, kenapa burung jenis ini dinamai dengan lovebird (Burung Cinta)?

Penamaan ini bermula dari kelakuan umum yang bisa diamati bahwa sepasang burung jenis ini akan duduk berdekatan untuk saling menyayangi satu sama lainnya.

Selain itu, mereka satu dari sekian banyak burung yang setia denga pasangannya. Sifat pasangan burung cinta adalah monogami di alam bebas.

Burung jenis ini hidup dengan umur rata-rata sepuluh (10) sampai lima belas (15) tahun. Beberapa pecinta burung jenis lovebird ini akan mulai mengawinkan dengan pasangannya pada umur sepuluh (10) bulan.

Salah satu hal unik ketika sudah mendapatkan pasangan adalah burung jenis ini akan setia sampai mati sama pasangannya. Sebagaimana yang disinggung di atas burung jenis ini bersifat sosial.

Jika belum menemukan pasangannya. Maka ia akan hidup berkelompok dan melakukan kegiatan secara bersama-sama.

Jadi, jika ada yang berkeinginan untuk memelihara burung jenis ini, sangat disarankan agar memelihara lebih dari satu. Karena lovebird tidak bisa hidup sendiri.


Mengenal Jenis Lovebird


Jenis lovebird populer sebenarnya sangat banyak di dunia. Namun, kebanyakan merupakan keturunan dari jenis klasifikasi lebih rendah.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis lovebird yang sangat popluer. Berikut ini kami akan kenalkan sepuluh (10) jenis lovebird keturunan yang populer di Indonesia.

1. Lutino

Image Source: homeoftalkingbirds.com

Lutino merupakan keturunan keturunan dari peach-faced yang biasanya identik dengan dominasi warna kuning. Sedangkan kepalanya berwarna orange dengan paruh berwarna merah.

Untuk matanya, ada yang berwarna hitam atau merah. Bagi pecinta burung, memilih memelihara jenis lutino karena kicauan yang merdu dan lembbut.

2. Violet

Image Source: wikicau.com

Burung lovebird jenis violet ini termasuk salah satu jenis burung yang populer di Indonesia. Cirinya adalah berwarna biru gela keungu-unguan pada badannya.

Sedangkan untuk kepala dan leher biasanya berwarna putih atau abu-abu. Ciri lainnya adalah memiliki paruh berwarna merah muda atau putih tulang.

3. Blorok

Image Source: bp.blogspot.com

Jenis lovebird ini sangat diminati oleh para pecinta dan peminat burung. Hal ini dikarenakan, blorok memiliki warna yang elok dan indah.

Kalau jenis lain memiliki warna dominan, Blorok memiliki berbagai macam warna bulu atau bercak warna pada bagian tubuh dan sayapnya.

Kepalanya berwarna orange dan putih, sayapnya berwarna biru gelap. Pada perutnya perpaduan biru muda dan hijau.

Dengan keunikan atau keanekaragaman warnanya ini, Blorok sangat mudah dikenali dibandingkan dengan jenis lainnya.

4. Biru Pastel

Image Source: luthfan.com

Jenis yang satu ini memiliki pembawaan yang sejuk dan menenangkan. Hal itu disebabkan Biru Pastel ini atau disebut juga dengan blue-ice ini memiliki warna yang kalem.

Pada bagian tubuh hinga ekor warna dominannya adalah warna biru muda. Lehernya biasanya putih salju dan kepalanya berwarna gelap seperti abu-abu atau hitam.

5. Parblue

Image Source: bp.blogspot.com

Burung jenis ini adalah keturunan dari yellow-collared sehingga memiliki warna kuning pada wajahnya. Parblue atau Partial-Blue sangat langka dan sulit ditemukan.

Bahkan, pernah menjadi jenis lovebird paling mahal karena keunikannya.

Ciri khasnya adalah memiliki biru yang tidak merata pada bagian sayap dan badannya. Badannya berwarna campuran antara biru tua, muda dan abu-abu.

6. Albino

Image Source: kaskus.id

Albino memiliki warna dominan putih. Dari ujung kepala hingga ekornya. Selain warna putih, ada juga jenis ini yang memiliki warna putih kebiruan. Warnanya tampak bersih dan unik.

Para peminat dan pecinta burung tertarik kepada jenis burung ini karena suaranya. Ia memiliki kicauan yang terdengar merdu dan menggoda.

Yang tak kalah hebatnya dari burung jenis ini adalah dia kadang mampu menirukan kicauan dari burung lain.

7. Dakocan

Image Source: www.jalaksuren.net

Dakocan merupakan nama boneka populer yang diproduksi oleh negara Jepang. Dakocan merupakan boneka warna hitam. Nah, jenis burung lovebird ini di sebut Dakocan karena wajahnya berwaarna hitam pekat.

Selain itu, ia juga memiliki ciri-ciri lain yang memiliki tubuh berwarna hijau dengan leher warna kuning. Pada paruhnya berwarna merah cerah.

8. Cobalt

Image Source: pinterest.com

Jenis burung lovebird ini sangat mudah ditemukan di pasaran karena banyak sekali peminatnya. Ciri khas dari burung jenis ini adalah berwarna dominan warna biru dengan leher putih dan wajah hitam seperti memakai topeng.

Selain itu, ciri-ciri jenis Cobalt ini adalah ujung ekor yang berwarna hitam.

9. Biola

Image Source: www.jalaksuren.net

Lovebird biola pada awal mulanya banyak dijumpai di Amerika dan Belanda. Seiring berjalannya waktu, Lovebird Biola ini kemudian di impor ke Indonesia dan mampu menarik perhatian para peminat dan pecinta burung.

Ciri khasnya dari jenis lovebird impor ini adalah memiliki warna bulu yang indah. Kepalanya orange muda, sedangkan warna tubuhnya adalah berwarna hijau.

Selain warnanya yang elok rupawan, jenis burung lovebird biola ini juga memiliki suara yang merdu.

Burung ini bisa berkicau sangat panjang jika dipelihara dan dirawat dengan baik dan benar. Oleh karenanya banyak sekali yang mengidolakan jenis burung lovebird Biola ini.

10. Batman

Image Source: winudf.com

Mengenal kata “Batman” mungkin tidak ada yang tidak kenal. Karena istilah ini sangat populer dan tidak asing. Batman adalah tokoh dalam sebuah film kepahlalwanan.

Pada film ini, si superhero menggunakan kostum dan juba berwarna hitam. Hal tersebutlah yang membuat burung lovebird jenis ini dinamai dengan lovebird batman.

Ciri khas dari burung lovebird jenis ini adalah mempunyai warna hitam pada bagian sayap dan kepalanya.

Sedangkan untuk leher dan dadanya berwarna lebih cerah seperti putih abu-abu. Sangat mirip dengan tokoh pahlawan super bernama Batman.

Demikianlah sepuluh (10) jenis burung lovebird keturunan (peranakan) yang populer di Indonesia.

Meski hanya keturunan dan peranakan, sepuluh (10) jenis burung lovebird tersebut tetap sangat cantik dan elok rupawan.

Dan yang lebih penting lagi mereka tetap penuh cinta dan setia sama pasangannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.