5 Jenis Mangga yang Ketersediaannya Melimpah Ruah di Indonesia

Seperti pisang, mangga juga menjadi favorit berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa hampir semua menyukainya, karena varian jenis mangga yang juga bermacam-macam.

Dari sekian banyaknya jenis mangga, mangga apa yang paling sering kamu makan?

Mangga merupakan buah yang bersifat musiman dan masih sedikit yang membudidayakan. Biasanya mangga dibiarkan tumbuh begitu saja di pekarangan rumah untuk sekaligus dimanfaatkan sebagai tanaman perindang.

Bila musim mangga tiba, maka buah yang harganya cukup mahal ini akan diskon besar-besaran karena memang ketersediaannya yang sedang melimpah. Diskon besar-besaran ini dapat kamu jumpai baik itu di pasar tradisional maupun di pasar modern.

Berbagai Jenis Mangga yang Populer di Indonesia

So, sebelum berburu diskonan mangga nih, yuk kita kepo dulu kira-kira ada jenis mangga apa saja sih yang ketersediaannya melimpah di Indonesia.

1. Mangga Harum Manis

agrowindo.com

Harum manis merupakan jenis mangga berbentuk lonjong dan ujungnya berbentuk runcing. Disebut harum manis karena memang rasanya yang manis dan beraroma harum. Namun ketika masih muda mangga ini berasa asam.

Buah yang juga dikenal dengan nama mangga gadung ini banyak kita jumpai di Probolinggo, Jawa Timur. Ketika musim mangga tiba kamu dapat berkunjung ke Probolinggo untuk memborong mangga yang satu ini dengan harga murah meriah.

2. Mangga Indramayu

merdeka.com

Sesuai dengan namanya mangga ini berasal dari Indramayu, Jawa Barat. Tak hanya di Indramayu, di seluruh pelososk Indonesia mangga Indramayu merupakan jenis mangga yang paling banyak dicari.

Mangga Indramayu sendiri terdiri dari berbagai jenis, ada mangga cengkir, mangga gedong kincu dan beberapa jenis lainnya. Kabarnya mangga cengkir merupakan mangga termanis yang ada di Indramayau. Boleh dicoba lah!

3. Mangga Manalagi

jualo.com

Manalagi adalah mangga unggulan dari Situbondo, Jawa Timur. Mangga ini tersohor ke seluruh penjuru Indonesia karena rasanya yang sangat lezat dan jawara. Konon katanya jika sudah mencicipi mangga ini sekali, maka kamu akan minta lagi dan lagi hingga dinamakan ‘manalagi’.

Buah mangga ini memilki ukuran agak kecil dibandingkan mangga harum manis. Namun kabarnya rasa dari mangga ini adalah perpaduan rasa antara mangga harum manis dan mangga golek. Wah, sepertinya lezat sekali ya!

4. Mangga Golek

bukalapak.com

Mangga golek memiliki pohon yang tidak begitu besar hanya berukuran sekitar 9 meter. Buahnya berbentuk runcing memanjang kurang lebih 17 cm. Kampong asal mangga ini adalah dari India.

Namun jangan khawatir, kamu dapat menemukan mangga golek dengan mudah di Indonesia khususnya di daerah Probolinggo, Indramayu, dan Pasuruan. Bentuk mangga ini hampir-hampir serupa dengan harum manis namun tak sama.

Salah satu jenis mangga golek yang sering dijumpai di pasar adalah mangga golek India. Terkenal dengan rasanya yang manis dengan tekstur berserat. Satu buah mangga golek dapat mencapai bobot 1,5 kg saking besarnya.

5. Mangga Madu

tokopedia.com

Terakhir, mangga yang juga paling banyak dicari yaitu mangga madu. Mangga yang memiliki kulit berwarna kuning atau hijau ini memang terkenal sangat manis seperti madu, bahkan ketika buahnya masih muda dan masih berwarna putih, mangga ini sudah terasa manis.

Beberapa orang juga menyebut mangga ini dengan nama mangga madu anggur. Rasanya sangat lezat, segar, dan bikin nagih.

Mangga madu muda cocok untuk dijadikan menu rujakan, karena kombinasi rasa manis, asam, dan pedas dari sambal rujak tentu akan memberikan sensasi kenikmatan luar biasa di lidah. Pasti sudah ngiler ya membayangkannya?

Oke, itu dia lima jenis mangga yang melimpah dan mudah kamu temukan di Indonesia. Selain kelima mangga di atas masih ada beberapa jenis lainnya seperti mangga falan, mangga apel, mangga alpukat, mangga kweni, mangga pakel, dan berbagai jenis lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*