7 Jenis Nangka Varietas Unggulan dengan Karakteristik yang Berbeda

Tahukah kamu jika nangka begitu banyak jenisnya, tidak hanya satu. Rasanya nangka yang sering kita jumpai ya hanya begitu-begitu saja.

Secara keseluruhan bentuknya terlihat sama, namun kini telah banyak dikembangkan berbagai varietas tanaman buah nangka unggulan yang dibudidayakan di Indonesia.

Berbeda jenis varietas berbeda masing-masing keunggulannya. Ada yang unggul di bentuk perawakan pohonnya, kemampuan tumbuh, maupun unggul dari segi rasanya.

Berbagai Jenis Buah Nangka dan Karakternya

Buah nangka memiliki banyak manfaat, selain dikonsumsi langsung buah nangka juga dimanfaatkan sebagai olahan aneka jenis makanan seperti keripik nangka, dodol nangka, dan selai nangka.

Selain itu nangka juga banyak dijadikan sebagi campuran dan pengharum es krim dan minuman segar. Dapat juga diolah menjadi camilan berupa nangka goreng, kolak nangka, maupun molen nangka. Wah cukup ya membahas makanan turunan dari nangka. Yuk ketahui ada jenis nangka apa saja sih di Indonesia?

1. Nangka Cempedak

pertanianku.com

Perbedaan jenis nangka pertama ini dengan nangka pada umumnya terletak pada bentuk buahnya. Bentuk buah nangka pada umumnya bulat lonjong memanjang, sedangkan cempedak berbentuk bulat dan tidak terlalu lonjong.

Teksturnya lebih lunak hampir mendekati tekstur durian. Begitu pula dari segi aroma, nangka cempedak ini juga memiliki bau yang menusuk dan rasa khas yang menyergak.

2. Nangka Madu

tipspetani.blogspot.com

Nangka ini merupakan hasil pengembangan rekayasa genetik berbagai varietas unggulan dari negeri Jiran. Karakternya hampir sama dengan nangka biasa pada umumnya, yakni tekstur daging buahnya renyah.

Namun dari segi rasa, nangka madu terkenal dengan flavor manis dan sangat legit. Buahnya berukuran besar dengan daging buah yang cukup tebal dan biji buahnya tergolong kecil.

3. Nangka Nangkadak

bibitbunga.com

Dari segi rasa, nangka ini memiliki flavor yang stabil. Artinya tidak memiliki aroma yang begitu tajam dan rasa yang tidak terlalu menusuk seperti cempedak.

Nangka nangkadak merupakan hasil kultivar hibrida dari buah nangka biasa dan buah nangka cempedak. Sekilas bentuk buahnya lebih mirip dengan cempedak namun memiliki tekstur lebih stabil.

4. Nangka Kunir

food.detik.com

Disebut sebagai nangka kunir karena warna buahnya kuning cerah seperti kunyit. Aroma dari nangka ini sangat kuat dengan kandungan air yang sedikit dan rasanya juga manis.

Keunggulan jenis nangka ini adalah bentuk buahnya yang bulat dengan duri yang tumpul dan jarang. Daging buahnya besar dengan panjang pada kisaran 6-7 cm dan ketebalan daging 1,0-1,5 cm. Ukuran biji dari nangka kunir relatif kecil dan warna kulit buah kuning kemerahan.

5. Nangka Mini

jualbenihmurah.com

Sesuai dengan namanya nangka mini ini juga disebut sebagai nangka cebol dengan kemampuan tumbuh hanya mencapai 3-5 meter. Meski begitu nangka ini berbuah sangat cepat hanya dalam 9-12 bulan mampu memproduksi buah yang sangat lebat, bisa mencapai 40 buah per pohon.

6. Nangka Dulang

jia-xiang.biz

Dari segi rasa nangka dulang merupakan jenis nangka terbaik. Daging buahnya berwarna kuning cerah, besar, tebal, kandungan air yang sedikit, sehingga memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis yang pas.

7. Nangka Kandel

wulantani.com

Kandel adalah bahasa Jawa yang berarti tebal. Ketebalan daging buah nangka ini bisa mencapai 0,60-0,75 cm melebihi jenis nangka lainnya.

Nangka kandel merupakan nangka yang bentuk dan rasanya sama persis dengan karakter nangka pada umumnya.
Dari ketujuh nangka di atas, nangka jenis apa nih yang sudah pernah kamu coba? Atau ketujuh nangka tersebut sudah pernah kamu cicipi semua?

Jika belum pernah mencicipi buah nangka sama sekali, ada baiknya kamu mulai dengan mencoba nangka kandel terlebih dahulu, karena memiliki rasa dan aroma yang paling stabil di antara enam nangka lainnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.