7 Jenis Rambutan Unggulan yang Berasal dari Luar Pulau Jawa

Buah rambutan merupakan salah satu jenis buah eksotis yang ada di Indonesia. Penggemar dari buah rambutan di Indonesia sangat banyak. Buah rambutan merupakan salah satu jenis buah musiman.

Buah rambutan banyak disukai karena bentuk buahnya yang unik dengan bagian kulit buahnya dikelilingi dengan bulu-bulu yang menyerupai rambut dan berwarna merah jika sudah matang.

Rambutan memiliki daging buah yang tebal dan berwarna putih serta memiliki tekstur yang lembut. Daging buah rambutan memiliki rasa manis dengan kandungan air yang tinggi sehingga terasa menyegarkan.

Beberapa Jenis Rambutan dari Luar Pulau Jawa

Di Indonesia, sudah banyak jenis-jenis rambutan yang dibudidayakan. Tidak hanya di Pulau Jawa, rambutan juga banyak berasal dari Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, dan Pulau Lombok.

1. Rambutan Antalagi

banjarmasin.tribunnews.com

Rambutan antalagi berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Antalagi merupakan salah satu jenis rambutan terbaik yang ada di Indonesia.

Buah rambutan antalagi memiliki rambut yang berwarna hijau kekuningan. Aroma buah rambutan antalagi sangat harum dan memiliki daging buah yang berasa sangat manis. Antalagi juga sering diolah menjadi manisan, campuran jelly, dan rujak buah.

2. Rambutan Brahrang

gosumut.com

Rambutan brahrang memiliki rambut yang berukuran lebih panjang dibanding jenis rambutan yang lain. Brahrang berasa dari Langkat, Sumatera Utara. Pada saat matang kulit buah rambutan bahrang akan berwarna jingga kemerahan. Daging buah rambutan brahrang memiliki warna putih kekuningan dengan rasa buah yang sangat manis.

3. Rambutan Binjai

kartani.co.id

Salah satu rambutan unggulan di Indonesia adalah rambutan binjai. Buah rambutan binjai memiliki keunggulan pada rasa buahnya yang manis, daging buah yang tebal. Rambutan binjai memiliki bentuk buah yang lonjong dan memiliki warna buah merah tua.

Sesuai dengan namanya, rambutan ini berasal dari daerah Binjai, Sumatera Utara. Rambutan binjai termasuk ke dalam jenis rambutan yang memiliki produktifitas yang tinggi. Dalam satu tahun pohon rambutan binjai dapat menghasilkan 1200-2000 buah rambutan per pohon.

4. Rambutan Garuda

cekmanfaat.com

Selain rambutan antalagi, rambutan garuda juga berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Yang membedakan buah rambutan garuda dengan rambutan lainnya adalah ukurannya. Dimana buah rambutan garuda memiliki ukuran yang lebih besar.

Ciri khas dari buah rambutan garuda adalah memiliki rasa yang agak gurih. Namun, buah garuda rambutan tetap memiliki rasa manis yang tidak kalah dibandingkan dengan buah rambutan lainnya.

5. Rambutan Narmada

samudrabibit.com

Narmada salah satu rambutan terbaik yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memiliki rasa buah sangat manis dan khas. Daging buahnya tidak lembek dan cenderung kenyal. Buah rambutan narmada memiliki warna buah perpaduan antara kuning dan merah yang membuat rambutan ini terlihat berbeda dibandingkan dengan jenis lainnya.

6. Rambutan Si Bongkok

necturajuice.com

Rambutan si bongkok merupakan jenis rambutan yang populer di kalangan warga Kalimantan Selatan. Saat matang buah rambutan jenis ini berwarna merah tua kecokelatan dengan rambut agak halus.

Rambutan si bongkok memiliki daging buah berwarna putih bening dengan tekstur yang agak kering serta kulit biji yang sedikit melekat. Buah rambutan si bongkok memiliki aroma yang khas dengan rasa yang manis.

Satu pohon rambutan si bongkok mampu menghasilkan buah rambutan sekitar 175-225 kg per tahun atau sebanyak 3500-4500 buah.

7. Rambutan Si Batuk Ganal

jitunews.com

Satu lagi jenis rambutan unggulan yang berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan yaitu rambutan si batuk ganal. Buah rambutan ini memiliki warna merah kekuningan.

Daging buah rambutan si batuk ganal memiliki citarasa yang manis dan daging buahnya mudah terlepas dari bijinya. Kelebihan dari buah si batuk ganal adalah buahnya memiliki kandungan air yang tinggi.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.