3 Jenis Sirsak Unik dan Terenak yang Ada Di Dunia

Jenis Sirsak – Sirsak merupakan jenis buah yang diperkaya mengandung banyak manfaat. Dalam bahasa inggris sirsak disebut juga soursop. Nama tersebut diberikan sesuai dengan rasa dari buah sirsak itu sendiri. Rasa buah sirsak memang asam manis, tapi menyegarkan.

Jenis Sirsak

Buah ini bisa diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Hampir semua makanan dan minuman dari sirsak disukai mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sebut saja jus sirsak hingga dodol sirsak. Buah sirsak juga dipercaya sebagai obat pencegah kanker dan beberapa penyakit lainnya.

Nama latinnya adalah Annona muricata L dan berasal dari Karibia, Amerika bagian tengah dan selatan. Kata sirsak sensiri diambil dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung asam karena memang bentuknya seperti kantong dan rasanya asam. Tumbuhan buah ini biasanya ditanam secara komersil untuk dipanen buahnya. Jenis sirsak dan keluarganya memang mengandung banyak manfaat hingga banyak dikomersilkan.

1. Jenis Sirsak Annona muricata

fimela.com

Sirsak yang satu ini adalah yang paling sering kita temui dan kita konsumsi. Bisa dibilang kalau sirsak jenis ini yang ada atau dibudidayakan di Indonesia. Sedangkan keluarga sirsak lainnya tidak masuk ke Indonesia. Cocok dibudidayakan di Indonesia karena buah ini merupakan buah tropis. Asalnya dari Amerika juga Karibia yang negaranya beriklim tropis.

Iklim yang terlalu dingin bisa menghambat pertumbuhan tanaman ini terutama saat masa berbuah. Dipercaya sebagai obat terapi atau pencegah kanker. Sirsat didatangkan dan diperkenalkan ke Indonesia oleh para kolonial Belanda di abad 19 meskipun asalnya bukan dari Eropa.

Pohonnya bisa mencapai tinggi 9 meter dan di Indonesia mereka dapat tumbuh dengan baik bila ditanam di Ketinggian 1000 mdpl. Besarnya sirsak jenis ini bisa mencapai 20 – 30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. isi dari sirsak merupakan kumpulan (agregat) dengan biji tunggal dan saling berkumpul.

Daging buahnya berwarna putih dengan biji berwarna hitam legam. Teksturnya lembut, tapi berserat dengan rasa asam dan ada sedikit manisnya. Masyarakat kita sering mengolahnya menjadi bahan baku jus buah, es krim, dodol, selai, dan masih banyak lagi.

Kandungan gizi dari buah sirsak sangat banyak, terutama fruktosa, adapula karbohidrat, vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2. Perlu kalian tahu biji sirsak beracun dan tidak bisa kita konsumsi. Sebaliknya bisa kita gunakan sebagai bahan insektisida alami.

2. Annona reticulata

tropicalfruitforum.com

Pohon sirsak yang tergolong kecil dalam keluarga Annonaceae. Buah ini sering disebut custard apple dalam bahasa Inggris atau terkadang wild sweetsop. Rasa buah ini memang lebih manis dibanding sirsak karena itu dinamakan sweetsop.

Tinggi pohonnya sekitar 8 – 10 meter dengan daun yang ramping. Bunganya kuning sebelum mereka menjadi buah. Ukuran buahnya berkisar antara 7 hingga 12 cm dengan warna coklat atau kekuningan ada sedikit kemerahan.
Banyak ditemukan di Karibia dan Amerika Tengah, tapi saat ini banyak dibudidayakan di Asia. Taiwan, India, Bangladesh, Pakistan, Australia, Afrika, dan Asia Tenggara.

3. Annona crassiflora

flickr.com

Mereka menyebutnya bruto atau marolo juga banyak ditemukan di Brazil dan Paraguay sebagai daerah asalnya. Meskipun banyak dikonsumsi oleh orang brazil nyatanya buah ini tak banyak dibudidayakan.
Pohonnya memiliki tinggi 6 – 8 meter dengan buah yang bisa mencapai 4,5 kg. warna kulitnya hijau kecoklatan saat matang. Bijinya dipercaya dapat mengobati diare. Besar ukuran buahnya sekitar 15 cm dengan berat rata-rata 2 kg.

Leave a Reply