Jenis Strawberry Kebun yang Bisa Dibudidayakan Sendiri

Jenis Strawberry – Strawberry merupakan buah yang paling dikenal luas dan menjadi favorit banyak orang. Buah ini kebanyakan dibudidayakan di daerah yang memiliki hawa dingin atau di dataran tinggi. Buah strawberry berasal dari negara Amerika , tapi kini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.

Jenis Strawberry

Kini budidaya strawberry juga sudah masuk kedalam ranah argowisata. Banyak tempat pertanian strawberry yang menjajakan pengalaman cara bertanam serta memanen strawberry.

Keunikan dari buah strawberry adalah bijinya yang terdapat dibagian luar buah. Hal menarik lainnya dari buah strawberry adalah kita tidak perlu susah-susah mengupas atau membuang biji saat memakannya. Selain itu warnanya yang cantik memikat mata banyak orang.

Tempat Asal Strawberry

Kebun strawberry pertama diketahui berada di Inggris dan Perancis pada akhir abad ke 18. Kebun tersebut mengambil strawberry liar yang kemudian dibudidayakan seperti strawberry kebanyakan saat ini.

Ada catatan sejarah bahwa Strawberry pertama kali ditemukan di Romawi dan digunakan sebagai pengobatan. Sedangkan Perancis baru mengambil straberry liar dan dibudidayakan di kebun-kebun pada abad ke 14. Salah satu peminat strawberry adalah Raja Charles V yang menanamnya di kebun istana.

Di abad ke 16 pembudidayaan buah strawberry lebih meluas lagi karena semakin banyak peminatnya. Penyilangan antar spesies strawberry juga mulai dilakukan dibeberapa negara di Amerika dan Eropa. Sejauh ini strawberry Amerika adalah jenis strawberry yang banyak dibudidayakan.

Pengolahan Strawberry

Sebagian besar strawberry biasanya dimakan secara langsung adapula yang mengolahnya dengan mendinginkan atau bahkan mengeringkannya. Rasa buah strawberry ada yang asam hingga manis. Mereka kerap diolah menjadi selai, jus, pie, ice cream, milkshake, permen, hingga dodol. Bahkan aroma artifisial strawberry kerap dijadikan aroma produk kosmetika. Sebut saja sabun, lip gloss, parfum, dan lain sebagainya.

Di Inggris ada desert yang populer berbahan dasar strawberry, namanya adalah strawberry and cream. Makanan ini sering dikonsumsi saat turnamen tennis Wimbledon. Tidak hanya di Inggris makanan sejenis juga disajikan di Mexico. Sementrara di Swedia strawberry sering diolah menjadi bahan pie dan strawberry shortcake. Sedangkan di Italy mereka diolah menjadi bahan gelato.

Pembudidayaan Jenis Strawberry

Belakangan ini strawberry cukup populer dibudidayakan di beberapa daerah di Indonesia. Terutama daerah-daerah dimana terdapat cukup lahan. Rata-rata mereka membuat semacam agrowisata dengan buah strawberry sebagai obyeknya.

Stroberi bisa dibilang cukup mudah dalam pembudidayaannya. Waktu yang paling pas untuk menanam mereka adalah di bulan Maret hingga Agustus. Tanam atau tempatkan mereka di daerah yang terkena banyak sinar matahari atau tidak terhalang bayangan.

Medianya berupa tanah yang berpasir ditambah dengan pupuk dan vitamin akan mempercepat pertumbuhan. Bisa ditanam di dalam pot atau polybag dengan campuran kompos. Jangan sampai akar menyentuh tanah alami secara langsung. Tambahkan sabut atau semacamnya dibagian bawah pot atau polybag.

Tanaman ini sebenarnya cukup tangguh dari berbagai kondisi dan penyakit, tapi perlu amat diperhatikan saat musim berbuah. Kelembaban adalah hal yang paling penting dimasa-masa ini terutama jika ditanam di dalam pot. Jaga juga strawberri dari hama seperti siput dan sejenisnya.

Jika dirawat dengan benar tidak cukup waktu lama untuk buahnya bisa kalian panen. Saat sudah matang harus segera dipetik sebelum membusuk dipohon. Tanda stroberi sudah matang adalah warnanya yang merah sempurna dengan buah yang berukuran besar. Perlu diperhatikan bahwa tanah yang sudah pernah digunakan untuk menanam strawberry yang telah panen tidak boleh kembali digunakan untuk stroberi baru.

Leave a Reply