Jenis Tanaman Bonsai Apa Saja yang Sudah Ada di Taman Rumahmu?

Bonsai merupakan sebuah tanaman yang berasal dari periode Dinasti Tang. Jenis tanaman bonsai merupakan hasil miniaturisasi tumbuhan yang dikerdilkan di dalam sebuah pot.

Sejauh ini kamu mungkin mengenal bonsai adalah tanaman berdaun kecil dengan buah berwarna kuning menyerupai tomat namun berbentuk kecil dan keras. Sejatinya bonsai adalah tanaman hias yang mengalami seni pemangkasan sehingga berukuran mini.

Jenis Tanaman Bonsai

Di Indonesia sendiri jenis tanaman bonsai sudah banyak sekali. Berbagai jenis tanaman hias asal Indonesia yang dikembangkan menjadi bonsai kabarnya mempunyai nilai estetika yang tinggi. Hal ini dikarenakan iklim tropis yang dimiliki Indonesia, sehingga tanaman bonsai dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Harga bonsai sangat tinggi bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah, karean dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa membuat pohon bonsai dengan bentuk yang menarik dan unik. Wah, elit sekali ya tanaman bonsai ini. Yuk kita ulik sama-sama ada apa saja sih jenis-jenis tanaman bonsai.

1. Bonsai Cemara Udang

majalahpeluang.com

Bentuk daunnya yang lancip pada bagian ujungnya membuat tanaman ini juga disebut sebagai Cemara Jarum. Keunikan dari jenis bonsai ini adalah perpaduan daun yang lancip serta bentuk batangnya yang besar dan keras.

Bentuk bonggolnya yang besar dan berlekuk-lekuk membuat tanaman ini sering diikutkan dalam pameran dan menjadi juara dalam lomba pameran bonsai.

2. Bonsai Adenium

centralbonsai.com

Adenium disebut juga dengan nama Kamboja Jepang. Warna bunganya yang berwarna-warni serta bentuk akar dan bonggolnya yang besar membuat bonsai adenium memiliki keunikan tersendiri ketika dikerdilkan.

Adenium terdiri dari berbagai jenis, ada jenis bunga berwarna merah, kuning, pink, dan aneka warna lainnya. Warna-warni bunga adenium ini tentu memancarkan keindahannya tersendiri.

Bentuk batangnya yang bulat, tebal, dan berkelok-kelok akan memudahkan kamu untuk membuatnya menjadi tanaman bonsai. Di Indonesia, jenis tanaman bonsai ini sudah banyak sekali divariasikan dalam berbagai bentuk.

3. Bonsai Delima

flowerian.com

Salah satu jenis delima yang populer dijadikan jenis tanaman bonsai adalah Delima Batu. Delima ini mempunyai pesona dengan duri yang tajam, daun kecil-kecil seperi pohon serut, serta bentuk batang dan pohon yang unik.

Selain itu delima juga memiliki kulit yang sedap dipandangdan bunga-bunga yang mengesankan hingga terlihat megah. Pohon ini wajib terkena sinar matahari secara langsung agar tumbuh dengan baik.

4. Bonsai Bougainville

harga-jual.web.id

Nama lokal dari bonsai yang satu ini yaitu bunga kertas. Seperti yang kita ketahui bersama, bunga kertas biasa ditanam di tanah hingga tumbuh tinggi dan membesar.

Dijadikan sebagai jenis tanaman bonsai ternyata menambah kecantikan dari bunga bougainville. Disulap dalam bentuk mini membuat tanaman ini didominasi oleh bunga daripada daunnya. Bunganya yang berwarna-warni akan mempercantik rumah kamu jika dikombinasikan dengan apik.

5. Bonsai Pinus

atarecai.com

Orang Indonesia sering menyebut tanaman ini dengan nama damar bunga. Pohon dengan ukuran mencapai 20-40 meter ini bisa berukuran hanya 1 meter saja ketika dirubah dalam bentuk bonsai.

Pinus berukuran besar saja berhasil membuat banyak mata jatuh hati, apalagi jika disulap dalam bentuk mini. Pinus kerdil ini menjadi lebih cantik dengan bentuk jarum berwarna hijau cerah yang diselimuti sisik tipis serta bentuk batang yang berkelok-kelok dan unik.

Dari kelima jenis tanaman bonsai di atas, tumbuhan mana yang membuat kamu merasa tertantang untuk disulap menjadi bonsai? Masih ada banyak tanaman hias jenis lainnya yang bisa kamu rubah menjadi tanaman bonsai.

Jika masih bingung dalam memilih jenis tanamannya, ada baiknya sambil belajar juga untuk membuat bonsainya ya. Karena untuk membuat bonsai yang baik dan unik juga dibutuhkan keahlian khusus dan terlatih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.