5 Jenis Tanaman Buah yang Dapat Disulap Jadi Tanaman Hias dalam Pot

Berbicara tentang tanaman hias, ada baiknya jika kamu menanam tanaman hias yang bisa memberikan manfaat sekaligus. Sebagai contoh bercocok tanam berbagai jenis tanaman buah misalnya.

Hal ini dapat dijadikan alternatif untuk mengisi waktu senggangmu di rumah. Di pekarangan rumah selain ditanami bunga-bunga nan cantik, dapat juga kamu isi dengan tanaman-tanaman yang dapat dinikmati hasil buahnya.

Jenis Tanaman Buah

Tanaman buah tidak melulu harus ditanam di kebun yang luasnya berhektar-hektar. Dengan teknologi bercocok tanam yang semakin maju, kini kamu bisa memanfaatkan pekarangan rumahmu untuk menanam berbagai jenis tanaman buah yang bermanfaat.

Salah satu caranya yaitu menggunakan pot atau dengan cara bercocok tanam lainnya. Kamu dapat memaksimalkan area pekarangan rumah dengan membudidayakan beberapa jenis tanaman buah berikut ini secara mudah:

1. Strawberry

pricearea.com

Nah buah mungil yang terkenal dengan rasa kecut tapi manisnya ini banyak digemari oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Tanaman buah ini cukup ditanam dalam wadah pot kecil saja dengan berbagai ukuran. Tak perlu khawatir strawberrymu tetap akan tumbuh asalkan terkena sinar matahari sedikitnya 6-8 jam per hari.

Salah satu varietas yang paling mudah penanganannya adalah Strawberry Earlybrite. Strawberry asal Swedia ini lebi tahan terhadap serangan hama penyakit dan selalu berbuah tiap minggunya. Jadi kamu akan sering-sering panen strawberry deh.

2. Buah Naga Mini

samudrabibit.com

Siapa bilang buah naga harus ditanam di kebun yang luas. Buah naga mini ini bisa kamu tanam cukup menggunakan pot saja. Perbedaan dengan buah naga biasa hanyalah dari segi ukuran saja.

Ukurannya yang mungil membuat buah naga mini dapat juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias di rumah. Perpaduan daun hijau berduri dan buah berwarna pink keunguan membuat tampilannya semakin unik dan menarik.

3. Pisang

home.co.id

Sudah pernah mencoba menanam pisang di dalam pot? Kalau belum yuk dicoba supaya pekarangan rumahmu bisa termanfaatkan dengan maksimal.

Menanam pisang di dalam wadah pot telah populer di beberapa kalangan pecinta tanaman perkebunan tropis. Pisang yang ditanam dalam pot akan tumbuh dengan baik setinggi 2-4 meter. Perawatannya tidak rumit, asalkan tersedia air dan cahaya yang cukup. Dijamin pisang kerdil kamu dapat berbuah dengan baik.

4. Melon

kampustani.com

Tumbuhan merambat ini juga bisa ditanam di dalam pot loh gengs. Tapi jangan lupa untuk menyediakan sokongan tempat merambat agar si melon dapat berbuah dengan baik.

Tanaman melon terdiri dari berbagai varietas mulai dari buah berukuran mini hingga berukuran raksasa. Untuk menanamnya di dalam pot, sesuaikan ukuran wadah dan buahnya agar tanaman tersebut berbuah dengan maksimal.

5. Jeruk

tanikebun.com

Berbagai jenis jeruk juga bisa kamu tanam di pekarangan rumah. Warna orange yang mentereng dari jeruk akan menambah nuansa keceriaan di taman mungilmu, apalagi jika dikombinasikan dengan keberadaan buah naga mini.

Jeruk yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah adalah diantaranya jeruk nagami, jeruk kalamansi, dan jeruk lemon. Perawatan jeruk di dalam pot sangatlah mudah, hanya perlu pemupukan sebulan sekali.

Nah, bayangkan jika di pekarangan rumah kamu ada buah jeruk, buah naga, pisang, melon, dan strawberry. Tiap bulannya kamu tinggal panen menikmati buah-buahan tersebut tanpa perlu membelinya ke supermarket.

Kocek akan tetap aman, perut pun tetap kenyang. Yuk mulai berkebun kecil-kecillan gengs! Siapa tahu lama-lama punya kebun yang luasnya berhektar-hektar dan bisa dijadikan sumber penghasilan baru buat kamu. Selamat mencoba!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.