5 Jenis Tanaman Hias Batang ini Cocok Diletakkan di Dalam Ruangan

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai jenis tanaman hias, bahwa tanaman hias terdiri dari tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, dan tanaman hias batang. Artikel kali ini akan fokus membahas tentang jenis tanaman hias batang saja.

Tanaman hias batang merupakan jenis tanaman hias dengan keunikan terletak pada bagian batangnya. Batang merupakan bagian yang ditonjolkan dari tumbuhan ini yang berguna untuk mempercantik dan memperindah lingkungan sekitar.

Sesuai dengan fungsinya, tanaman hias batang dapat diletakkan di luar ruangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor). Sebagai contoh tanaman bonsai merupakan jenis tanaman hias batang yang sering diletakkan untuk menghiasi meja di ruang tamu.

Jenis Tanaman Hias Batang Indoor

Selain dari bonsai, apa saja sih tanaman hias batang yang cocok dijadikan penghias ruangan? Yuk simak beberapa pilihan di bawah ini.

1. Haworthia Attenuata

altmanplants.com

Salah satu tanaman golongan kaktus mini ini agak mirip dengan tanaman lidah buaya, perbedaannya kaktus haworthia memiliki batang dengan corak garis-garis putih. Tanaman ini juga kadang disebut sebagai tanaman zebra karena corak yang dimilikinya.

2. Bambu Kuning

klorofa.com

Sebagai tanaman hias, bambu kuning kini sudah dimodifikasi hingga berukuran mini dan ramping tumbuhnya pun tidak besar.

Untuk menghiasi ruangan, kamu bisa meletakkan tanaman bambu kuning mini di dekat jendela agar terkena cahaya matahari secara langsung. Selain itu bambu kuning ini juga dapat dijadikan sebagai tanaman pembatas, ornamen tanaman, dan sebagai background dengan cara ditanam berkelompok.

3. Palem Bambu

klorofa.com

Masih satu keluarga dengan tanaman palem, namun tanaman palem bambu merupakan tanaman hias batang yang biasanya ditanam di dalam pot dan biasanya digunakan untuk mempercantik ruangan dalam rumah.

Kelebihan memiliki palem bambu di dalam rumah kamu yaitu tanaman ini mampu membersihkan udara kotor di sekitarnya, sehingga meletakkan tanaman ini di ruang keluarga tentu baik bagi kesehatan paru-parumu.

4. Kamboja (Adenium)

kumparan.com

Kamboja identik dijadikan sebagai tanaman hias outdoor, namun jangan khawatir kini kamu dapat menyulam tanaman kamboja menjadi tanaman bonsai sehingga dapat kamu gunakan untuk mempercantik ruangan di dalam rumah.

Adenium disebut juga dengan nama Kamboja Jepang. Warna bunganya yang berwarna-warni serta bentuk akar dan bonggolnya yang besar membuat bonsai adenium memiliki keunikan tersendiri ketika.

Adenium terdiri dari berbagai jenis, ada jenis bunga berwarna merah, kuning, pink, dan aneka warna lainnya. Warna-warni bunga adenium ini tentu memancarkan keindahannya tersendiri.

Bentuk batangnya yang bulat, tebal, dan berkelok-kelok akan memudahkan kamu untuk membuatnya menjadi tanaman bonsai. Di Indonesia, jenis tanaman bonsai ini sudah banyak sekali divariasikan dalam berbagai bentuk.

5. Mammillaria Elongata

foliera.com

Jenis tanaman hias batang kelima ini juga tergolong dalam family kaktus mini. Mammillaria Elongata memiliki batang yang cukup banyak dan bergerombol. Di permukaan batangnya ditumbuhi duri-duri halus yang sangat lebat.

Jika kamu ingin mempercantik ruangan menggunakan kaktus ini, maka letakkan di tempat yang sulit dijangkau oleh anak-anak agar tak terkena tusukan duri. Misalnya dengan cara digantung.

Itulah tadi lima tanaman hias batang yang cocok digunakan sebagai penghias ruangan (indoor). Beberapa rekomendasi lainnya dapat kamu baca di artikel sebelumnya mengenai jenis tanaman bonsai. Seperti yang kita ketahui bersama bonsai merupakan tanaman yang cocok sebagai penghias ruangan.

Sekian dulu tulisan mengenai tanaman hias batang, next part kami rekomendasikan jenis tanaman hias batang lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply