5 Jenis Tanaman Hias Daun ini Sangat Cantik Untuk Menghiasi Ruangan

Tanaman hias terdiri dari lima golongan, yaitu tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias buah, tanaman hias akar, dan tanaman hias batang. Untuk kali ini kita akan fokus pada ulasan mengenai jenis-jenis tanaman hias daun.

Tanaman hias daun berarti tanaman hias dengan seni keindahan terletak pada bagian daunnya. Meski jarang menghasilkan bunga yang cantik dan warna-warni, tanaman hias daun juga tak kalah eksotis jika digunkanan untuk memperindah ruangan.

Jenis Tanaman Hias Daun

Biasanya tanaman hias daun diletakkan di sudut-sudut tertentu untuk mempermanis ruangan. Ada yang diletakkan di lantai menggunakan pot berukuran tinggi, ditaruh di meja ruang tamu, atau ada juga yang menaruhnya dengan cara digantung, biasanya di kafe-kafe.

Perawatan tanaman hias daun terhitung paling mudah dibandingkan jenis tanaman hias lainnya. Berikut beberapa jenis tanaman hias daun yang pasberita.com rekomendasikan:

1. Kaktus

123rf.com

Kaktus menjadi tanaman yang sedang trend dan populer di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman khas gurun pasir dengan bentuk besar berduri di seluruh permukaannya ini disulap dalam bentuk mini dan unik di dalam sebuah pot kecil.

Bentuk kaktus yang mini namun berduri ini menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor.

Kaktus tergolong ke dalam jenis tanaman hias daun, meski ada beberapa kaktus yang menghasilkan bunga yang cantik. Namun pada dasarnya keunikan kaktus sendiri terletak pada daun dan durinya.

2. Sri Rejeki

dekoruma.com

Jenis tanaman hias sri rejeki ini memiliki habitat asli di dalam hutan tropis dengan tingkat kelembaban tinggi. Sri rejeki merupakan tanaman hias yang cocok diletakkan di dalam ruangan (indoor) karena hanya membutuhkan cahaya yang sedikit.

Pada umunya sri rejeki memiliki bentuk daun yang lebar, oval dengan corak beragam. Seiring perkembangan zaman, sri rejeki kini terdiri dari beragam bentuk, warna, dan ukuran sehingga menjadi salah satu tanaman hias yang cukup dicari di pasaran.

3. Bonsai Beringin

ibnudin.net

Beringin yang identik dengan batang tinggi dan besar dapat kamu sulap menjadi ukuran mini dalam bentuk bonsai. Beringin bonsai ini dapat diletakkan di setiap sudut rumah untuk mempermanis suasana.

Keberadaan beringin di dalam ruangan akan menambah nuansa asri dan sejuk serasa di pegunungan di dalam rumahmu.

4. Sirih Gading

idea.grid.id

Sirih gading banyak digunakan untuk menghiasi ruangan-ruangan kafe menggunakan media pot gantung. Tanaman merambat ini memiliki daun berwarna hijau corak putih dengan ukuran lebar.

Perawatan sirh gading sangatlah mudah, hanya cukup disiram dua hari sekali maka tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Bahkan dalam suhu dingin seperti di ruangan ber-AC sekalipun sirih gading akan tetap tumbuh dengan indah.

Selain untuk menghiasi ruangan, sirih gading dipercaya mampu menyerap racun-racun yang ada di udara. Jadi keuntungan lain memelihara tanaman ini adalah baik untuk kesehatan paru-paru.

5. Lidah Mertua

liputan6.com

Jangan membayangkan lidah mertua yang sadis dan menyakitkan ya. Lidah mertua disini adalah nama jenis tanaman hias daun dengan rupa yang sangat indah dan menyenangkan.

Dinamakan lidah mertua karena bentuk daunnya yang tegak lurus memanjang ke atas dengan ujung runcing menyerupai lidah. Tanaman yang banyak penggemarnya ini terbagi dalam dua jenis yaitu lidah mertua mini dan lidah mertua panjang.

Sangat manis jika ditaruh di dalam vas dan diletakkan di meja tamu, ruang belajar, maupun ruang keluarga. Tanaman yang mampu tumbuh di kondisi ekstrim ini juga memiiki kemampuan menyerap racun di udara. Selain itu lidah mertua dipercaya dapat digunakan sebagai obat penyubur rambut.

Kelima jenis tanaman hias daun di atas dapat kamu peroleh dengan mudah di toko-toko tanaman hias terdekat. Karena ketersediaannya di Indonesia yang melimpah. Selamat berkreasi mempercantik ruanganmu yaa..!

Leave a Reply