5 Jenis Tanaman Hias Gantung yang Simple dan Cocok Untuk Pemula

Posted on

Seiring berkembangnya zaman, kini tanaman hias tidak hanya didesain untuk ditaruh di sudut rumah saja. Tanaman hias gantung kini digemari banyak orang karena memberikan nuansa keindahan dengan cara yang berbeda.

Awal mula munculnya ide menggantung tanaman hias adalah karena keterbatasan lahan untuk menaruh tanaman. Keterbatasan ini memunculkan ide para kreator ruangan demi menyiasati agar terciptanya rumah yang indah dan sejuk.

Selain itu, perawatan berbagai jenis tanaman hias gantung juga tidak sulit selama ketersediaan nutrisi (air dan sinar matahari) tercukupi.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Gantung bagi Pemula

Bagi para pemula yang ingin mencoba mempercantik rumahnya dengan tanaman ini, berikut rekomendasi beberapa jenis tanaman hias gantung yang kami rekomendasikan.

1. Silver Hair

gardener.id

Silver hair merupakan jenis tanaman hias yang dapat tumbuh memanjang hingga 1 meter. Bunga ini memanjang dengan daun-daun kecil berwarna hijau keperakan.

Bagi pemula, tanaman hias gantung ini cukup mudah perawatannya. Cukup dengan menyiramnya satu kali sehari dan letakkan di tempat dengan intensitas cahaya matahari cukup agar memudahkan terjadinya fotosintesis.

2. Sirih Gading

tokopedia.com

Sirih gading banyak digunakan untuk menghiasi ruangan-ruangan kafe menggunakan media pot gantung. Tanaman merambat ini memiliki daun berwarna hijau bercorak putih dengan ukuran lebar.

Perawatan sirh gading sangatlah mudah, cukup disiram dua hari sekali maka tanaman ini akan tumbuh dengan baik. Bahkan dalam suhu dingin seperti di ruangan ber-AC sekalipun sirih gading akan tetap tumbuh dengan indah.

Selain untuk menghiasi ruangan, sirih gading dipercaya mampu menyerap racun-racun yang ada di udara. Jadi keuntungan lain memelihara tanaman ini adalah baik untuk kesehatan paru-parumu.

3. Fuschia

dekoruma.com

Orang Indonesia lebih mengenal bunga ini dengan sebutan kembang anting-anting. Bunganya yang tergerai cantik memang mirip dengan anting-anting. Agar ruanganmu lebih cantik lagi, kamu dapat mengkombinasikan variasi bunga ini dari mulai warna merah, pink, putih, dan ungu.

Untuk perawatannya, selain rajin disiram gantungkan bunga ini di tempat yang sejuk tak terkena sinar matahari langsung agar terhindar dari kekeringan.

4. Sedum Morganianum

amazon.com

Kampung asli jenis tanaman hias gantung ini yaitu dari selatan Meksiko dan Honduras. Untuk menghasilkan warna daun yang bagus, kaktus ini sebaiknya ditanam di bawah sinar matahari yang cukup.

Sedum Morganianum termasuk ke dalam kelas magnoliopsida atau dengan nama lain tanaman dikotil. Terkadang orang menyebut kaktus ini dengan nama ekor keledai. Memiliki tampilan daun berwarna hijau dengan bentuk seperti tetesan air berukuran gemuk.

Perawatan kaktus ini sangatlah mudah, tidak membutuhkan banyak air dan cukup digantung di tempat dengan intesitas cahaya matahari tinggi. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman ini.

5. Portulaca

suttons.co.uk

Termasuk ke dalam jenis bunga, Portulaca memiliki banyak jenis dan warna bunga dalam satu tumbuhan. Sudah dapat dibayangkan dong ya bagaimana indahnya ruanganmu jika dihiasi bunga warna-warni ini.

Meski tahap pertumbuhannya agak lambat, namun bunga ini termasuk mudah dalam hal perawatan. Dapat dikembangbiakkan dengan cara disetek.

Kelima jenis tanaman hias gantung di atas wajib kamu cari di toko tanaman hias terdekat ya. Coba buktikan keindahan seperti apa yang kamu ciptakan di rumah jika memiliki kelima tanaman di atas.

Terutama bagi kamu yang mungkin baru saja pindah ke rumah baru, kegiatan mendekor rumah tentu menjadi hal yang sangat menarik bukan. Pasti sangat menyenangkan!

Dari kelima jenis tanaman hias gantung di atas, mana yang menjadi favorit kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.