8 Jenis Tanaman Hias Merambat ini Cocok Untuk Dekorasi Vertical Garden

Salah satu jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai tambahan dekorasi dari rumah adalah tanaman hias merambat. Tanaman hias merambat terdiri dari dua jenis yaitu tanaman hias merambat berbunga dan tidak berbunga.

Jenis tanaman hias merambat hias berbunga cocok sekali untuk mempermanis rumahmu sedangkan tanaman hias merambat tidak berbunga akan membuat rumahmu terlihat semakin teduh.

Tanaman hias ini merupakan tanaman yang paling cocok diaplikasikan pada pembuatan vertical garden. Vertical garden tidak membutuhkan tempat yang luas jadi sangat menguntungkan buat kamu yang tidak memiliki pekarangan rumah yang luas namun tetap ingin rumahnya terlihat hijau dan asri.

Beberapa Rekomendasi Jenis Tanaman Hias Merambat

Membuat vertical garden dengan tanaman hias merambat yang rimbun akan membuat rumahmu terlihat lebih hijau, lebih segar dan lebih sejuk.

1. Morning Glory

bundafinaufara.com

Morning glory merupakan salah satu tanaman hias merambat berbunga yang paling populer. Tanaman ini memiliki batang yang ramping dengan daun berbentuk segitiga. Morning glory memiliki bunga yang cantik dengan warna yang cerah.

Warna bunga dari morning glory antara lain putih, ungu, biru, merah muda dan magenta. Perawatan untuk tanaman ini juga relatif mudah. Di Indonesia tanaman ini sering ditemukan karena tanaman ini mampu hidup di daerah tropis.

2. English Ivy

arsitektur.me

Salah satu tanaman hias merambat yang tidak berbunga adalah English Ivy. Nama latin dari tanaman ini adalah Hedera helix. Tanaman ini bisa tumbuh baik di sisi dinding ataupun di tanah sebagai groundcover.

Tanaman ini juga termasuk kedalam jenis tanaman evergreen dan memiliki kemampuan hidup yang cukup panjang.

3. Bunga Alamanda

gardener.id

Bunga alamanda juga sering disebut bunga lonceng kuning atau bunga terompet emas. Alamanda mempunyai bentuk yang indah dan berwarna kuning dan merah muda. Pada iklim tropis, bunga alamanda dapat tumbuh dengan cepat. Tanaman ini juga akan berbunga dengan baik jika mendapat sinar matahari yang cukup.

4. Sirih Gading

ekor9.com

Tanaman hias merambat ini memiliki bentuk daun berbentuk jantung hati seperti tanaman sirih pada umumnya. Sirih gading memiliki warna daun hijau dengan belang kuning pucat atau kuning cerah. Sirih Gading dapat tumbuh pada media apapun dan perawatannya sangat mudah.

5. Dipladenia

ideedecorare.com

Tanaman Dipladenia merupakan tanaman semak yang biasa tumbuh menggantung. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan yang biasa tumbuh di hutan tropis. Dipladenia memiliki bunga yang berwarna cerah dan daun yang runcing serta halus. Tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman hias merambat untuk menghiasi kanopi rumah.

6. Dolar

gitacinta.com

Ficus pumila merupakan nama latin dari tanaman dolar. Tanaman ini memiliki ukuran daun yang lebar dengan warna daun hijau mengkilap. Dolar biasanya menjadi penghias untuk tembok atau pagar rumah. Tanaman hias merambat ini memiliki akar yang kuat dan dapat tumbuh baik pada permukaan yang kasar.

7. Clematis

hipwee.com

Clematis merupakan tanaman hias merambat yang memiliki bunga yang cantik. Bunga dari tanaman ini memiliki pilihan warna yang cukup banyak yaitu kuning, putih, ungu, biru, merah dan merah muda.

Untuk pertumbuhan yang baik tanaman ini memerlukan sinar matahari yang cukup. Tanaman ini dapat mempercantik dinding dan pagar. Tinggi tanaman ini bisa mencapi 12 meter.

8. Jalaran Api

pinterest.com

Jenis tanaman hias merambat terakhir yang bisa mempercantik rumahmu adalah tanaman jalaran api. Tanaman ini bernama jalaran api karena memiliki bunga berwarna orange kemerahan yang menyerupai warna api.

Jalaran api akan membuat rumah kamu menjadi terang dan berwarna dengan warna bunganya yang sangat cerah. Tanaman ini juga dapat dijadikan penghias pilar-pilar rumahmu di luar ruangan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.