7 Jenis Tanaman Hidroponik ini Sudah Banyak Dibudidayakan di Indonesia

Hidroponik adalah teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah melainkan menggunakan air sebagai media. Dengan bantuan beberapa nutrisi, air yang digunakan sebagai media tanam memiliki fungsi yang sama dengan tanah. Tahukah kamu tentang berbagai jenis tanaman hidroponik?

Di Indonesia sendiri teknik hidroponik telah banyak digunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran. Selain karena cara tanamnya yang unik, teknik ini dapat diterapkan di berbagai tempat bahkan di dalam ruangan.

Namun tidak semua tanaman bisa dibudidayakan dengan teknik ini. Hanya beberapa tanaman dengan karakteristik tertentu saja yang bisa ditanam secara hidroponik

Jenis Tanaman Hidroponik

Secara umum jenis tanaman hidroponik terbagi menjadi jenis tanaman hias, sayur, dan buah. Berikut ini merupakan beberapa contoh tanaman yang telah banyak dibudidayakan secara hidroponik:

1. Selada

pertanianku.com

Selada merupakan jenis tanaman hidroponik yang sudah populer di berbagai kalangan. Keberadaan selada dapat kamu jumpai baik di pasar tradisional hingga di swalayan-swalayan modern.

Permintaan pasar akan tanaman ini cukup tinggi, karena selada dapat dijadikan sebagai hidangan pelengkap salad atau di berbagai jenis hidangan sayur segar lainnya. Di Sunda lembaran mungil berwarna hijau ini sering dijadikan sebagai lalap.

2. Strawberry

kampoengilmu.com

Buah mungil yang sejatinya tumbuh subur di lingkungan dataran tinggi ini kini juga bisa dibudidayakan di lingkungan pekarangan menggunakan teknik hidroponik.

Kabarnya strawberry yang ditanam dengan teknik hidroponik akan menghasilkan buah lebih banyak dibandingkan biasanya. Strawberry lebih tumbuh optimal karena menyerap nutrisi lebih banyak dibandingkan jika ditanam di tanah.

3. Anggrek

pertanianku.com

Tak hanya sayur dan buah yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik, beberapa jenis bunga juga bisa kamu budidayakan secara hidroponik salah satunya bunga anggrek.

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki banyak peminat. Demi memenuhi permintaan pasar, para pembudidaya tanaman hias memilih hidroponik sebagai alternatif untuk budidaya anggrek.

Kamu juga bisa mencoba menanam anggrek sendiri di rumah menggunakan teknik ini, barangkali anggrek yang kamu tanam menghasilkan bunga yang lebih cantik dan menawan.

4. Suplir

pertanianku.com

Satu lagi jenis tanaman hias yang telah banyak dikembangkan menggunakan teknik hidroponik yaitu suplir. Suplir merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur di lahan yang basah. Sehingga jika kamu menanam tanaman ini, dipastikan volume air yang kamu gunakan cukup agar suplirmu tumbuh dengan baik.

5. Semangka

sistemhidroponik.com

Nah, tumbuhan dengan ukuran buah yang besar ini ternyata juga bisa ditanam menggunakan media air loh. Banyak dari petani semangka di Indonesia yang telah menggunakan teknik ini untuk budidaya.

Selain karena tidak membutuhkan lahan yang luas, semangka yang ditanam secara hidroponik ternyata menghasilkan buah yang lebih berkualitas jika dibandingkan dengan yang ditanam di media lainnya.

6. Kangkung

lombokita.com

Tanaman yang sejatinya biasa tumbuh liar ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kangkung air dan kangkung darat. Nah, yang cocok ditanam secara hidroponik yaitu jenis kangkung air.

Habitat asli kangkung air biasanya di daerah rawa, dimana ketersediaan air sangat tinggi. Jika kamu menanamnya secara hidroponik pastikan ketersediaan airnya mirip seperti kondisi di rawa-rawa ya.

7. Seledri

empritkaji.com

Seledri sering dijadikan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan berkuah seperti sayur sop, sayur lodeh, soto, hingga bakso.

Kehadiran seledri di dalam masakan tersebut meskipun sedikit namun memberikan kelezatan tersendiri. Selain itu nilai nilai ekonomisnya yang tinggi membuat seledri kini banyak dibudidayakan secara hidroponik.

Itulah 7 jenis tanaman hidroponik rekomendasi pasberita.com yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Mencoba membudidayakan tanaman hidroponik tentu tidak akan ada ruginya, karena memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan kita sehari-hari.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.