5 Jenis Tanaman Puring dengan Bentuk Daun Lebar Namun Mempesona

Tanaman puring adalah jenis tanaman semak perdu yang sering kita jumpai. Nama latin dari berbagai jenis tanaman puring adalah Codiaeum Variegatum Bi.

Saat ini tanaman puring menjadi salah satu tanaman hias yang banyak dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan rumah. Bahkan tanaman puring ini tidak kalah cantik jika diletakkan di dalam ruangan.

Keunikan dari tanaman ini terletak pada bagian daunnya. Daun tanaman puring berbentuk unik dengan warna daun yang sangat bervariatif. Perpaduan warna daun dari tanaman puring meliputi warna kuning, jingga, merah, hijau, dan orange. Semakin unik bentuk dan warna daunnya, maka harga tanaman puring tersebut akan semakin tinggi.

Kumpulan Jenis Tanaman Puring Berdaun Lebar

dekoruma.com

Tanaman puring diketahui mengandung senyawa polifenol, saponin dan flavonoid. Daun taman puring dipercaya dapat mengobati penyakit sembelit, cacingan dan sakit perut.

Daun pada tanaman puring memiliki kemampuan untuk menyerap unsur plumbum (timah) yang terkandung pada udara terbuka. Sehingga tanaman ini sangat berguna untuk mengurangi kadar logam berat di udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor.

Sangat disarankan untuk menanam tanaman puring ini di halaman rumah. Selain dapat mempercantik rumah, tanaman ini juga berguna untuk mengurangi polusi udara di sekitar lingkungan rumahmu.

1. Puring Kura-kura

grosirbibittanaman.co.id

Tanaman puring jenis ini memiliki daun dengan corak seperti cangkang kura-kura. Warna daun puring kura-kura perpaduan antara warna hijau, kuning merah. Tanaman puring ini termasuk ke dalam tanaman puring dengan harga yang cukup mahal. Kisaran harga tanaman puring kura-kura yaitu Rp 100.000.

2. Puring Emping

kebunpedia.com

Daun puring emping berbentuk bulat dengan bagian ujung daunnya yang lancip. Warna daun dari tanaman puring ini merupakan kombinasi dari warna hijau dan kuning yang akan memberikan kesan segar dan cerah.

Dibandingkan dengan jenis tanaman puring yang lain, tanaman puring emping dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu seharga Rp 20.000.

3. Puring Apel

gudangbibitku.com

Tanaman puring ini dinamakan puring apel karena memiliki warna daun yang mirip dengan warna apel. Daun dari tanaman puring apel memiliki warna dari perpaduan warna hijau, kuning, dan merah. Puring apel mempunyai bentuk daun yang lebar dan bulat.

Beberapa jenis tanaman puring apel antara lain puring apel biasa, puring apel merah thailand, puring apel warna-warni, puring apel washington, dan puring apel hijau.

Harga tanaman puring apel biasanya pada kisaran Rp 75.000. Sedangkan untuk jenis puring apel merah thailand seharga Rp 200.000. Yang paling mahal adalah jenis tanaman puring apel warna-warni yang mencapai Rp 350.000

4. Puring Anggur

news.odiesign.com

Salah satu tanaman puring yang jarang ditemukan adalah puring anggur. Yang menjadi keunikan tanaman puring ini adalah ada corak batik di bagian tengah daunnya.

Jenis tanaman puring ini memiliki daun berbentuk oval dan lebar. Perpaduan warna daun pada puring anggur ini sangat cantik yaitu warna merah, coklat, hijau dan kuning.

Tanaman puring anggur ini sangat cocok dijadikan tanaman hias untuk menghiasi pekarangan rumah atau mempercantik suatu sudut ruangan dalam rumah.

5. Puring Dasi

bukalapak.com

Puring dasi memiliki bentuk daun yang cantik mirip dengan bentuk dasi kupu-kupu. Memiliki daun yang panjang dan ada juga yang pendek. Pada umumnya, puring dasi memiliki warna daun perpaduan antara kuning, hijau, dan merah.

Salah satu jenis tanaman puring dasi yang paling populer yaitu puring dasi jojon merah. Puring dasi jojon merah memiliki daun yang lebar dengan warna daun merah cerah.

Leave a Reply