8 Jenis Tomat yang Sering Digunakan Sebagai Bahan Pelengkap Masakan

Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum syn. Tomat merupakan tumbuhan asli yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Seperti yang kamu tahu, sayuran jenis tomat sekaligus merupakan buah-buahan yang biasa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa dari suatu makanan.

Tomat sangat mudah ditemui di pasar tradisional maupun di pasar swalayan. Selain menambahkan rasa pada makanan, tomat yang berwarna cerah juga dapat membuat makanan terlihat lebih segar dan berwarna.

Jenis Tomat sebagai Pelengkap Masakan

halodoc.com

Sebagai pelengkap masakan, tomat juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh kamu. Tomat mengandung vitamin A, C, K, kalium dan asam folat. Selain itu tomat juga memiliki kandungan mineral yang baik seperti vitamin B6, fosfor, magnesium dan thiamin.

Kandungan karotenoid pada tomat berupa lycopene yang jumlahnya sangat banyak dapat berfungsi sebagai antioksidan. Berikut beberapa jenis tomat yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan.

1. Tomat Hijau

cakapcakap.com

Tomat hijau adalah tomat yang dipanen sebelum matang dan masih berwarna hijau. Jenis tomat hijau memiliki kandungan air yang relafit sedikit sehingga teksturnya masih agak keras.

Tomat hijau biasanya dipergunakan sebagai campuran untuk pembuatan sambal kecap, sambal hijau, dan bahan tambahan menumis sayuran yang memberi rasa segar pada masakan.

2. Tomat Cherry

faunadanflora.com

Cherry memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan tomat jenis lainnya. Tomat cherry memiliki warna buah orange sampai merah terang saat matang.

Dengan bentuk yang kecil dan menggemaskan, biasanya tomat cherry digunakan untuk garnish pada masakan. Bisa juga dijadikan bahan campuran salad dan sangat segar bila dimakan secara langsung.

3. Tomat Anggur

pixabay.com

Tomat anggur merupakan jenis tomat yang memiliki buah berbentuk bulat dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan tomat cherry.

Salah satu tomat dengan daging buah yang tidak terlalu tebal dengan rasa buah yang manis. Tomat anggur lebih sering dikonsumsi secara langsung atau dicampur pada salad buah. Namun sayangnya tomat yang satu ini akan sangat jarang kamu temui di Indonesia.

4. Tomat Plum

tokopedia.com

Seperti dengan namanya, tomat yang satu ini memiliki bentuk buah yang mirip dengan buah plum. Tomat plum memiliki daging buah yang tebal dengan kulit buah yang tipis. Kandungan air pada tomat plum sangat tinggi.

Tomat plum sering dimanfaatkan pada pembuatan saos tomat ataupun ditambahkan pada masakan yang relatif membutuhkan waktu memasak yang lama. Tidak jarang juga yang menggunakan tomat plum untuk membuat jus.

5. Tomat Pear

burpee.com

Tomat pear memiliki bentuk buah menyerupai buah pear namun dengan ukuran yang lebih kecil. Memiliki rasa yang cukup manis, berwarna kuning, orange, serta merah. Dengan bentuknya yang unik dan cantik, tomat pear biasa digunakan untuk menghias makanan. Selain itu juga dapat dijadikan bahan pelengkap salad.

6. Tomat Beef

pertanianku.com

Ukuran buah tomat beef lebih besar dibandingkan dengan tomat jenis lainnya. Tomat beef memiliki permukaan kulit yang tidak beraturan dan berdaging buat tebal. Berat buat tomat beef bisa mencapai 500 gram per buahnya.

Dengan ukuran yang besar dan rasa yang sedikit asam, jenis tomat ini biasa dijadikan isian dari sandwich atau burger. Terkadang tomat beef juga dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk pembuatan sup.

7. Tomat Globe

amazon.com

Tomat ini biasa dikenal sebagai slicing tomato. Memiliki ukuran buah yang tidak terlalu besar dengan bentuknya yang bulat. Tomat globe memiliki rasa buah yang tidak terlalu asam. Biasanya tomat globe dijadikan pelengkap makanan seperti sandwich, burger, maupun salad.

8. Tomat Campari

specialtyproduce.com

Tomat campari memiliki bentuk buah yang mirip dengan tomat globe. Buah tomat campari juga dikenal dengan sebutan cocktail tomato. Sama seperti tomat lainnya, jenis tomat campari juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan campuran pada pembuatan salad.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.