5 Jenis Ular Baik Yang Berbisa Maupun Tidak Berbisa

Ular merupakan salah satu spesies hewan melata. Ular diklasifikasikan dalam anggota hewan reptil yang tidak memiliki tangan dan kaki, tapi berbadan panjang. Reptil sendiri adalah kelompok hewan vetebrata berdarah dingin yangmemiliki sisik di tubuh mereka.

Ular tidak memiliki indera pendengaran. Mereka mendeteksi keadaan sekitar lewat penglihatan dan getaran atau gerakan. Mereka juga tidak memiliki kelopak mata yang artinya matanya selalu terbuka seumur hidup.

Ciri khas lainnya dari ular adalah lidah mereka yang bercabang dua yang digunakan untuk mendeteksi bau. Ular ada yang memiliki racun adapula yang tidak beracun. Racun yang ada pada ular digunakan untuk melindungi diri mereka.

Jenis Ular

Sebagian besar orang memiliki stereotipe mengerikan terhadap ular. Mereka menganggap ular sebagai malapetaka, tanda kesialan, dan hal buruk lainnya. Meskipun begitu ular menyimpan keunikan tersendiri, seperti warna yang cantik justru ular yang beracun. Berikut ini akan kita bahas macam-macam jenis ular yang ada.

1. Elapidae

animal.memozee.com

Keluarga Elapidae merupakan macam-macam spesies ular paling berbisa di dunia. Jenis ini sebagian besar ditemukan di daerah beriklim tropis dan subtropis. Ciri khas mereka, yaitu memiliki taring dengan rongga yang digunakan untuk menyuntikkan racun.

Racun dari ular ini sangat mematikan karena menyebabkan kerusakan saraf. Beberapa ular dari keluarga elapidae, diantaranya ada keluarga kobra:kobra mozambik, king kobra, kobra india, cape kobra, kobra mesir, dan kobra merah. Adalagi ular lainnya, seprti mamba hitam, mamba hijau,dan inland taipan.

2. Viperidae

learnaboutnature.com

Vipers adalah keluarga ular-ular berbisa. Taring mereka panjang dan memiliki engsel. Berbeda dengan jenis sebelumnya taring jenis ini bisa memanjang dan memendek dengan sendirinya. Ketika mulut ular tertutup maka taring akan terlipat di rongga atas mulut ular.

Sedangkan saat ular membuka mulut secara otomatis taring akan keluar dan memanjang dengan posisi siap menggigit. Beberapa ular yang termasuk jenis ini, diantaranya copperhead, rattlesnake, mokasin air, ular semak, russel berbisa, ular gergaji, ular kuil, bagoon berbisa dan ular badak.

3. Colubridae

naturenorth.com

Keluarga ular kolubrid sebagian besar tidak memiliki bisa atau tidak beracun. Meskipun begitu ada beberapa jenis dari colubridae yang berbisa mematikan. Taring jenis ini berbeda dengan kebanyakan taring ular pada umumnya. Taring mereka miring dibelakang tidak di depan mulut.

Berbeda dengan dua jenis sebelumnya ular-ular colubridae memiliki taring yang tidak berongga dan hanya melekuk. Ular ranting dan boomslang merupakan dua jenis ular berbisa mematikan di keluarga ini.

4. Boidae

youtube.com

Terdiri dari beberapa spesies ular yang tidak berbisa, tapi memiliki tubuhu yang besar dan kuat. Mereka bisa menelan mangsanya bulat-bulat. Kekuatan tubuh mereka digunakan untuk mencekik lawan.

Ular jenis ini akan melilit lawan mereka hingga lemas dan tidak berdaya kemudian menelannya bulat-bulat. Beberapa spesies dari keluarga ini, diantaranya ular anakonda, ular boa pohon, dan ular kuning.

5. Pythonidae

liputan6.com

Hampir sama dengan jenis boidae, keluarga ular pyton juga tidak bebisa dan memiliki tubuh yang besar. Sebagian orang terkadang tidak bisa membedakan antara ulat boa dengan ular piton.

Selain kelima jenis ular diatas masih ada jenis lain yang sebenarnya masih satu keluarga dengan ular-ular elipidae. Kebanyakan mereka berupa ular laut dari keluarga hydrophiidae. Beberapa contoh ular laut beracun, diantaranya ular laut kepala penyu, ular lau belcher, dan ular laut olive.

Meskipun ular yang tidak berbisa tidak begitu berbahaya, tapi mereka juga bisa menyerang manusia. Tidak hanya menyerang mereka bahkan bisa membunuh jika kelaparan atau merasa terganggu.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.