Kamus Translate Bahasa Jawa yang Mudah Dipahami + Contoh Kosakata

Indonesia adalah negara yang memiliki keragaman budaya sangat besar di dunia. Bahasa menjadi salah satu aspek yang diperhitungkan karena beberapa kawasan di tanah air bukan hanya menjunjung tinggi bahasa nasional berupa bahasa Indonesia saja, namun juga bahasa daerah sebagai identitas bangsa yang sangat dinamis.

Selain itu, etnis Jawa adalah salah satu suku di tanah air yang memiliki struktur sekaligus bahasa sederhana yang mudah diingat dan dipahami beberapa orang dan tidak sedikit dari masyarakat luas mulai tertarik untuk mempelajari sekaligus mendalami bahasa Jawa lantaran keinginan secara pribadi maupun faktor tertentu seperti lingkungan sosial atau pasangan berasal dari wilayah tersebut.

Bahkan, kosakatanya sangat mudah diketahui dengan tingkatan yang berbeda seperti krama halus, krama inggil hingga ngoko yang masing-masing selalu digunakan masyarakat Jawa untuk memudahkan komunikasi dengan siapa saja.

Kendati demikian, setiap daerah tentu saja akan memiliki gaya bahasa yang berbeda maupun kosa katanya dimana ada kata-kata tertentu yang selalu digunakan sebagai bahasa sehari-hari.

Jika anda bukan orang Jawa maka bisa dipastikan mampu memahami dan mengerti dengan cepat. Terjemahan atas beberapa kata maupun kalimat menggunakan kamus translate bahasa Jawa selalu dianjurkan jika anda belum mengenalinya secara menyeluruh, tetapi juga dilarang atau tidak dianjurkan sama sekali lantaran ada kata tertentu yang artinya tidak sesuai dengan makna dari ungkapan seseorang yang mengucapkannya.

Anda bisa mendalami bahasa Jawa lebih mudah apabila selalu berinteraksi dengan anggota keluarga, tetangga maupun kerabat dengan bahasa Jawa lantaran kosakata umum yang biasa digunakan setiap hari bisa dicermati dan dipahami bagi anda atau siapa saja sebagai etnis non Jawa atau baru saja belajar bahasa tersebut.

Jika anda kesulitan untuk menjawab iya atau tidak dalam sebuah percakapan, maka bisa menggunakan kata iya sebagai ya. Meski begitu, anda seharusnya menjawabnya dengan kata enggeh dan kata tidak yaitu mboten.

Apabila anda tidak terbiasa tentu saja dua kata tersebut akan sulit diingat dan dipahami, namun memahaminya secara perlahan jika sudah menetap cukup lama di wilayah Jawa karena kata mboten maupun enggeh adalah ucapan yang selalu diucapkan dalam percakapan setiap hari.

Bahasa Jawa tergolong unik karena anda akan tertantang untuk mendalami kosakata lainnya secara menyeluruh, termasuk anggota tubuh karena dalam kamus bahasa Jawa biasanya tangan selalu disebut asto, gigi adalah waja dan hidung adalah grana.

Pemakaian struktur kata yang lebih halus kepada seseorang lebih tua harus diutamakan, tetap bagi rekan sebaya bisa menggunaan bahasa Jawa ngoko karena telah mengenal satu sama lain.

Pada umumnya, siapa saja yang ingin mempelajari bahasa Jawa perlu mengetahui tentang ketiga jenis bahasa yang berlaku yaitu bahasa ngoko, krama madya dan krama inggil karena masing-masing memiliki penggunaan berbeda dan harus diperhatikan sesuai lawan bicara dan waktunya.

Bahasa ngoko selalu digunakan seseorang yang usianya sebaya atau lebih muda, contohnya adalah kamu maka anda bisa menyebutnya dengan kata kowe.

Bahasa krama madya sering digunakan seseorang usianya sama dan lebih sopan daripada ngoko, contohnya yaitu kamu maka anda harus mengucapkan sampeyan.

Selain itu, bahasa krama inggil adalah kosakata yang selalu digunakan kepada seseorang yang lebih tua atau dewasa. Bahasa ini paling sopan dan halus dan sering diterapkan saat berinteraksi dengan orang tua, contohnya yakni kamu dan artinya adalah panjenengan.

Tak dapat dipungkiri bahwa ketiganya bisa anda ketahui melalui kamus translate bahasa Jawa untuk menguasainya dan diterapkan setiap hari.


Kamus Translate Bahasa Jawa


Berikut adalah kosakata bahasa Jawa yang selalu digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dipahami bagi siapa saja yang ingin mendalaminya lebih lanjut, antara lain :

Kata Ganti dalam Bahasa Jawa

Bahasa Indonesia Bahasa Jawa Ngoko Bahasa Jawa Kromo Inggil

Bahasa Indonesia                      Bahasa Jawa Ngoko                  Bahasa Jawa Kromo Inggil

Saya                                         Aku                                          Kulo, dalem

Kamu                                        Kowe                                        Sampean, pajenengan

Kita                                         Awakdewe                                Kito

Mereka                                     Deweke kabeh                          Sedoyo, piyambakipun

Dia                                          Deweke, ndekne                        Piyambakipun

Itu                                          Iku, kuwi                                   Niku

Ini                                          Iki                                             Niki

Kata Kerja dalam Bahasa Jawa

Bahasa Indonesia                      Bahasa Jawa Ngoko                  Bahasa Jawa Kromo Inggil

Datang                                     Teko                                         Rawuh

Makan                                      Mangan                        Madang, medo, dahar

Pulang                                      Muleh                                       Mantuk

Pergi                                        Lungo                                       Tindak

Berbicara                                  Ngomong                                 Ngendiko, dawuh

Melihat                                      Ndelok                                      Mirsane

Minum                                      Ngumbe, ngombe                     Ngunjuk

Memberi                                   Menehi                                      Maringi

Mengerti                                   Ngerti, reti                                 Mangertos, ngertos

Mendengar                                Krungu                                      Mireng, midanget

Memotong                                Nugel                                        Motong

Duduk                                      Lungguh, linggeh                       Lenggah, pinarak

Membuat                                  Nggawe                                    Ndamel

Memaafkan                               Ngapuro                                   Ngapunten

Berdiri                                       Ngadeg                                    Jumeneng

Menggunakan                           Nganggo                                  Ngagem

Menyuapi                                  Ndulang                                    Ndahari

Memegang                                Nyekel                                      Ngasto

Memiliki                                    Nduwe                                      Gadhah, kagungan

Ikut                                           Melu                                         Tumut, nderek

Mengingat                                 Eling                                         Emut, enget

Membawa                                 Gawa, nggowo                          Bekto, ngasto

Bergantian                                Gentenan                                  Gantosan, gentosan

Mendapat                                 Entuk                                        Angsal, pikantuk


Bahasa Jawa ternyata sangat mudah dijumpai di beberapa wilayah di tanah air maupun luar negeri. Pasalnya, beberapa orang Jawa mulai menetap di Negeri Jiran atau Malaysia dan tentu saja membawa bahasa mereka ke negeri tersebut.

Anda tidak hanya menggunakannya di pulau Jawa semata lantaran wilayah diluar Jawa juga mulai didominasi beberapa etnis Jawa yang terdiri dari Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Utara sampai Aceh sebagai wilayah yang mayoritas dipadati suku Jawa.

Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan kamus translate bahasa Jawa seperti pelafalan kosakata seperti di atas sangat diperhitungkan jika anda berada di salah satu kawasan tersebut.

Bahkan, etnis Jawa bisa ditemukan di negara-negara tertentu, terutama Suriname karena populasinya tergolong besar karena mencapai 20% dari penduduknya secara keseluruhan.

Selain itu, suku Jawa yang menyebarkan bahasanya bisa dijumpai di wilayah Aruba, Kaledonia Baru, Curacao sampai Belanda dimana Negeri Kincir Angin merupakan negara yang menjajah bumi pertiwi sehingga keberadaan orang Jawa yang menggunakan bahasa Jawa bukanlah rahasia umum di sana.

Sementara itu, pemakaian kamus translate berbahasa Jawa yang begitu sederhana seperti di atas tentu saja mengikuti dialek dari Yogyakarta maupun Jawa Tengah.

Sedangkan etnis Jawa mempunyai hurufnya masing-masing lantaran jumlah populasinya yang sangat banyak bahwa bahasa tersebut memiliki penutur lebih luas di tanah air dan jika anda berada dalam lingkungan sosial yang mayoritas berasal dari suku Jawa, maka kebutuhan berupa kamus translate bahasa Jawa ini amat penting dan perlu dipahami serta dipelajari dengan seksama.

Kemudian, anda tidak perlu khawatir apalagi takut saat berinteraksi dengan orang Jawa karena belum mengeri setiap ucapan yang dikatakan karena kamus bahasa Jawa di atas bisa menjadi solusi terbaik bagi siapa saja selaku etnis non Jawa dan sama sekali tidak mengerti penggunaan bahasa ini.

Anda sendiri perlu berlatih secara rutin dengan berinteraksi dengan rekan atau orang lain yang fasih berbahasa Jawa agar mengetahui makna sesungguhnya di balik kosakata yang selalu diucapkan setiap hari, serta tidak lupa menggunakan kamus translate bahasa Jawa untuk mencari makna dari kalimay maupun kata yang belum dipahami saat ini.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.