60+ Contoh Kerajinan Tangan Sederhana Mudah Dibuat (Sampah, Barang Bekas)

Kerajinan Tangan – Melakukan apa saja dengan imajinasimu meski dengan barang sederhana dan tidak dianggap adalah imajinasi kreatif yang tak terbatas.

Dengan jiwa seni dan sedikit kreatifitas kamu bisa menciptakan kerajinan tangan yang unik dan menarik. Dengan bahan bahan yang tidak terpikirkan, bahkan terlupakanpun kamu bisa menciptakannya.


Contoh Kerajinan Tangan


Ada banyak kerajianan tangan yang bisa kamu ciptakan dari barang-barang di sekitarmu, tak terkecuali sampah ataupun barang bekas.

Ingin tahu apa saja contoh kerajinan tangan dari sampah atau barang bekas? Yuk simak ulasan dibawah ini.

1. Hasil Karya Seni Dari Sampah Serutan Pensil

Sampah serutan pensil, benda yang biasa kita temukan setiap harinya. Dengan ini kamu bisa menciptakan karya seni yang unik dan kreatif,hanya bermodalkan pensil pewarna untuk menggambar,buku gambar dan sampah serutan pensil kamu bisa menghasilkan karya seni yang menakjubkan.

Untuk melihat contoh hasil karya dari sampah serutan pensil ini, penulis telah merangkumnya. Berikut foto-fotonya yang bakal menginspirasi untuk kamu lebih kreatif!

Image Source: pinterest.com
Image Source: kaskus.id
Image Source: dagelan.co
Image Source: pinterest.com
Image Source: kaskus.id
Image Source: production.liputan6.static6.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: production.liputan6.static6.com
Image Source: production.liputan6.static6.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: production.liputan6.static6.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: boredpanda.com
Image Source: kaskus.id
Image Source: pulsk.com
Image Source: kaskus.id
Image Source: pinterest.com

2. Aneka Kreasi Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Sebagai masyarakat yang cinta lingkungan dan punya jiwa kreatifitas kamu harus melakukan program 3r yaitu reuse, reduce dan recycle adalah program untuk memakai atau mendaur ulang barang barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai pakai atau fungsi dan Tahukah kamu? Untuk meleburkan sampah plastik butuh waktu 400 tahun lho.

Untuk mengurangi banyaknya sampah dan barang barang yang tidak berharga kamu bisa mengolahnya melalu kerajinan tangan, dengan cara ini kamu bisa mengubah barang bekas menjadi lebih berharga dan juga berguna bagi kamu dan lingkungan sekitar lho!.

Banyak contoh barang – barang bekas yang bisa kamu olah menjadi kerajinan tangan yang unik,kreatif dan bermanfaat.

Banyak kita temui sehari-harinya seperti plastik,botol bekas dan masih banyak yang lainnya.

Yang akan penulis bagikan disini adalah contoh kerajinan tangan dari botol bekas,seperti yang kita ketahui botol bekas merupakan sampah yang cukup banyak mengganggu keindahan lingkungan.

Untuk itu yuk kita rubah, coba nih daur ulang botol bekas jadi buat hidup kamu lebih kreatif!

Image Source: infoana.com
Image Source: hidupsimpel.com
Image Source: tstatic.net
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: anekakerajinantangan.com
Image Source: ramesia.com
Image Source: netz.id
Image Source: mtw.or.id
Image Source: www.seruni.id
Image Source: warganet.net
Image Source: pinterest.com
Image Source: satujam.com
Image Source: idntimes.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: wirasejati.com
Image Source: carica.co.id
Image Source: ruangtanya.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: kamubanget.com
Image Source: duniaq.com
Image Source: sarungpreneur.com
Image Source: bappenas.go.id
Image Source: makeit-loveit.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: ramesia.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pgimgs.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: steemitimages.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: pinterest.com
Image Source: wirasejati.com

3. Kerajinan Tangan dari Limbah Kertas Koran Bekas

Tiap hari sampah kertas selalu menumpuk di sekitar kita. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika sampah tersebut diolah menjadi kerajinan. Salah satunya adalah kerajinan dari limbah kertas koran. Sebab kita tahu bahwa limbah kertas merupakan penyumbang sampah terbesar dalam kehidupan manusia.

Koran-koran bekas yang sudah melewati tanggal terbitnya dibiarkan begitu saja. Di sisi lain, juga ada yang menggunakannya sebagai bungkus makanan, bungkus paket dan lain-lain. Namun, kenyataannya mereka akan sama-sama berakhir dalam tempat yang sama. Yaitu sampah, tanpa adanya proses daur ulang sama sekali.

Bagi kamu yang pernah menyimpan banyak koran bekas atau sejenis limbah kertas lainnya di rumah, baiknya jangan dibuang atau dibakar. Karena siapa tahu koran-koran itu akan menjadi kerajinan limbah kertas yang bernilai tambah.

Tentu saja dengan tingkat kemahiran kerajinan tangan yang mumpuni agar bisa dijual ke khalayak luas. Dalam artikel berikut, kami akan mengulas beberapa kerajinan dari limbah kertas terbaik untuk kamu yang masih pemula.

Oh iya, sebelumnya siapkan dulu peralatan dan bahan di bawah ini:

  • Limbah kertas atau koran bekas
  • Gunting
  • Lem
  • Pensil warna atau manik-manik untuk perhiasan

Pertama-tama, pastikan kamu sudah membuat banyak gulungan kertas berukuran kecil, yakni seukuran sedotan. Kemudian buatlah kerajinan dari limbah kertas seperti contoh di bawah ini.

Frame Cermin

Image Source: kesekolah.com

Siapkan beberapa gulungan kertas ukuran kecil untuk membuat frame. Banyaknya gulungan kertas yang disiapkan tergantung dari seberapa ukuran frame cermin yang ada. Semakin besar ukuran frame cermin, maka semakin banyak pula gulungan kertas yang dibutuhkan.

Kerajinan dari Limbah Kertas Menjadi Pot Bunga

Image Source: kerajinantangann.blogspot.com

Pecinta bunga pasti bakal mengira kalo pot itu bisanya cuman dibuat dari tanah liat atau kalau engga, yaa plastik. Eits, hari ini kamu salah loh. Pot bunga kali ini dibuat menggunakan kerajinan dari limbah kertas!

Tidak seperti pot bunga kebanyakan yang dibuat dengan bentuk melingkar, akan tetapi pot bunga dari kerajinan limbah kertas ini bentuknya seperti bujur sangkar.

Mula-mula rekatkan siapkan gulungan tadi sejajar dengan ukuran tinggi pot yang ditentukan. Ketebalan kertas bisa beragam, tergantung dari berapa banyak yang dibutuhkan. Oh iya, perlu kamu tahu jika pot dari limbah kertas ini hanya untuk indoor saja hehehe.

Kerajinan Frame Foto dari Kertas

Image Source: kerajinan-keren.blogspot.com

Sebelum mencoba membuat frame foto, terlebih dahulu kamu harus menyiapkan selembar kertas lumayan tebal atau bisa juga dengan cara merangkap beberapa kertas agar nampak tebal.

Kemudian buatlah beberapa gulungan-gulungan kertas berukuran kecil. Sesuaikan ukuran penampang foto dan jumlah gulungan kertas berdasarkan pada ukuran frame foto yang ingin dibuat.

Lalu tempelkan beberapa gulungan tersebut dengan menggunakan lem putih ke bagian depan frame foto dari kertas. Hasilnya akan terlihat lebih menarik apabila gulungan-gulungan kertas dapat menempel secara rapi (persis seperti frame cermin)

Tas Kertas

Image Source: www.satujam.com

Tas berbahan kertas pastinya hanya memiliki tingkat keawetan yang lumayan rentan. Oleh karena itu, wajar jika tas ini hanya boleh membawa benda-benda ringan, semisal buku tulis atau majalah.

Tertarik untuk membuat tas kertas yang lebih kuat?
Silahkan baca tutorial berikut–>¬†Cara Membuat Paper Bag Sendiri dari Kertas Kado

Hiasan Dekorasi Pesta

Image Source: prelo.co.id

Buku pelajaran yang ngga kepake kadang bikin kita pusing ntar bakal ditaruh mana. Kalau kondisi ruangan bener-bener full, baru deh dijual ke pengepul biar jadi barang loak.

Namun hal itu berbeda kalau kamu punya bakat kreaitifitas tinggi, sebelum kamu memustuskan untuk dijual ke pengepul pastinya kamu bakal berpikir kira-kira kertas sebanyak itu bisa jadi kerajinan apa aja yaa.

Nah, seperti gambar di atas adalah sebuah dekorasi pesta yang menarik untuk kamu coba. Kerajinan dari limbah kertas buku tersebut bisa kamu sesuaikan ukurannya dari sedang hingga besar. Tergantung berapa kertas yang digunakan

Kertas-kertas dari buku yang tidak terpakai dibuat menjadi spiral, lalu disatukan. Perlu diketahui bahwa ukuran kertas yang digunakan dalam kerajinan limbah tersebut adalah sama. Di dalamnya pun juga harus dipastikan bahwa tiap-tiap lembaran hanya berisi tulisan saja, bukan gambar.

Hiasan dekorasi pesta berupa bunga cantik ini bisa kamu tempelkan di pintu-pintu atau dinding yang sekiranya masih polos. Dijamin, suasana pesta yang kamu adakan akan berjalan lebih menarik apabila dihiasi oleh ornamen-ornamen bunga dari kertas.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.