10 Konsep Geografi Beserta Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

KONSEP GEOGRAFI – Studi geografi merupakan sebuah pendidikan yang membahas suatu wilayah, objek serta setiap peristiwa alam yang telah berlangsung.

Semisal tanah longsor, gempa bumi, proses terbentuknya benua, letak geografis sebuah daerah dan beberapa fenomena alam juga di bahas dalam ilmu geografi.


Pengertian Konsep Geografi


Image Source: gurugeografi.id

Pengertian konsep geografi adalah sebuah rancangan atau gambaran tentang objek, proses serta setiap hal yang berkaitan dengan ilmu geografi.

Umumnya, konsep geografi merupakan unsur utama dalam mempelajari setiap fenomena alam dan peristiwa sosial. Konsep geografi selalu berkaitan dengan persebaran, bentuk, pola, fungsi serta proses kejadiannya.


Konsep Geografi


Image Source: bangkudepan.com

Berikut terdapat 10 konsep geografi, sebagaimana yang tertera pada definisi konsep geografi diatas, dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk mempelajari sekaligus menjadi bahan referensi tugas di waktu yang akan datang.

1. Konsep  Geografi pada Jarak

Konsep ini memiliki peran vital pada kehidupan sosial, politik bahkan ekonomi. Bagi manusia, jarak menjadi hal yang lumayan diperhitungkan dalam memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Konsep tersebut dikelompokkan dalam dua macam, yakni jarak relatif dan jarak mutlak. Jarak relatif berupa bentuk durasi waktu perjalanan yang ditempuh, sementara jarak mutlak berupa satuan ukuran, baik itu meter atau kilometer dan sebagainya.

2. Konsep Geografi pada Keterjangkauan

Keterjangkauan bukanlah berhubungan dengan jarak yang ditempuh. Akan tetapi, ketersediaan sarana prasarana yang mempermudah dalam mencapai jarak di wilayah tertentu.

Misal, Kota Lampung merupakan daerah penghasil kelapa sawit, sementara Jakarta sendiri merupakan kota besar yang diantaranya terdapat industri pengolah kelapa sawit untuk dijadikan sebagai minyak.

Sarana transportasi menghubungkan kedua industri tersebut meskipun jangkauan wilayahnya lumayan jauh. Hal inilah yang dimaksud konsep geografi pada keterjangkauan.

3. Konsep Geografi pada Aglomerasi

Pengertian dari konsep geografi pada aglomerasi yaitu terciptanya suatu penggolongan warga atau penduduk dengan segala kegiatannya pada sebuah wilayah.

Misal, warga yang biasa bercengkrama sesuai dengan umurnya atau jenis kelaminnya. Terciptanya sebuah daerah homogen seperti daerah perkampungan kumuh dengan kawasan perumahan elit. Daerah industri rumahan dengan daerah industri menengah keatas.

4. Konsep Geografi pada Interdepensi dan Interaksi

Maksud dari interaksi ialah yaitu suatu konsep yang berkaitan dengan kenyataan bahwa suatu wilayah pastinya memiliki pengaruh ke wilayah lainnya.

Sementara interdepensi adalah hakikat dari suatu daerah yang sulit untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri jika tidak diiringi interaksi antar daerah lain.

Hal inilah yang memicu adanya hubungan komunikasi berupa migrasi maupun perdagangan. Misal, umumnya pemasok tenaga kerja berasal dari daerah pedesaan. Sementara pemasok beberapa bahan baku industri berasal dari kota. Sehingga kedua daerah tersebut sama-sama saling membutuhkan.

5. Konsep Geografi pada Keterkaitan Ruangan

Merupakan sebuah konsep yang mengindikasikan tingkat hubungan atau keterkaitan interaksi suatu wilayah dengan adanya sebab-akibat.

Misal, di daerah A petani cabai sedang mengalami gagal panen. Hal tersebut kemudian berimbas ke wilayah lain yang juga membutuhkan cabai. Akhirnya harga cabai pun melambung tinggi di pasaran.

6. Konsep Geografi pada Lokasi

Yaitu sebuah konsep yang mengacu pada suatu letak wilayah atau tempat dimana terdapat hubungan antar beberapa objek.

Konsepnya terbentuk dalam dua macam, yakni absolut dan relatif. Letak wilayah atau tempat absolut bisa ditinjau dari garis bujur serta garis lintang. Letak absolut ini bersifat statis, karena hanya mengacu pada garis astronomi bumi dengan segala perbedaan iklim dan waktu yang ada.

7. Konsep Geografi pada Morfologi

Pengertian dari konsep morfologi ialah suatu konsep yang keterkaitan aktifitas manusia dengan hasil proses alam pada bentuk permukaan bumi.

Misal, rute dari Surabaya ke Malang melalui jalan menanjak. Contoh lain dari konsep geografi morfologi yaitu adanya erosi, abrasi dan sebagainya.

8. Konsep Geografi pada Pola

Konsep geografi berikutnya adalah pola. Pola adalah bentuk, struktur, dan persebaran fenomena atau kejadian di permukaan bumi baik gejala alam maupun gejala sosial.

Misal pembangunan pemukiman penduduk dibangun memanjang mengikuti jalan raya atau aliran sungai.

9. Konsep Geografi pada Nilai Kegunaan

Nilai kegunaan adalah manfaat yang diberikan oleh suatu wilayah di muka bumi pada makhluk hidup, tidak akan sama pada semua orang.

Tentu manfaat yang dihasilkan bersifat relatif, namun memiliki potensi untuk menunjang perkembangan suatu wilayah.

Misal, kawasan dataran tinggi bisa dimanfaatkan untuk perkebunan, sedangkan daerah pantai bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

10. Konsep Geografi pada Diferensiasi Areal

Diferensiasi areal merupakan fenomena yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lain. Diferensiasi areal ini membandingkan antara dua wilayah untuk menunjukkan adanya perbedaan antara satu wilayah dengan wilayah lain karena tiap wilayah memiliki karakteristik yang unik.

Misal, mata pencaharian penduduk daerah pantai kebanyakan adalah nelayan, tapi di dataran tinggi kebanyakan warganya menjadi petani.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.